Bahasa Indonesia Kelas 9 | Mengenal Unsur Ekstrinsik Cerita Pendek

unsur ekstrinsik cerpen - header

Artikel kelas IX kali ini akan membahas tentang pengertian unsur ekstrinsik dalam cerita pendek. Penasaran apa saja unsur-unsur ekstrinsik tersebut? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

---

Squad, sebelumnya kita sudah belajar mengenai unsur intrinsik cerpen, yaitu unsur yang terbentuk dari dalam cerita pendek itu sendiri. Nah, sekarang kita akan belajar unsur dari luar cerpen. Unsur-unsur yang terbentuk dari luar cerpen disebut unsur ekstrinsik. Unsur-unsur ekstrinsik meliputi nilai-nilai yang berlaku di dalam masyarakat. Sering kali cerpen merupakan cerminan kehidupan masyarakat. Nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen

Cerita yang ditulis dalam cerpen merupakan cerminan dari kehidupan nyata. Namun, dari tokoh-tokoh fiktif dalam cerpen, kita dapat menemukan nilai-nilai kehidupan. Ada perbuatan baik yang dapat kita tiru dan ada pula perbuatan buruk yang sepatutnya kita jauhi. Adapun nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen, yaitu:

1. Nilai agama

Nilai agama adalah hal-hal yang berkaitan dengan ajaran agama. Nilai yang terkandung di dalam cerpen ini bisa dijadikan pelajaran dalam kehidupan nyata.

2. Nilai sosial

Nilai sosial adalah nilai yang bisa dipetik dari interaksi-interaksi tokoh-tokoh yang ada di dalam cerpen. Misalnya interaksi dengan tokoh lain, lingkungan, dan masyarakat sekitar.

Baca Juga: Belajar Menyunting Karangan

3. Nilai moral

Nilai moral adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita yang berkaitan dengan akhlak atau etika yang berlaku di dalam masyarakat. Di dalam suatu cerpen, nilai moral bisa menjadi suatu nilai yang baik maupun nilai yang buruk.

4. Nilai budaya

Nilai budaya adalah nilai-nilai yang berkenaan dengan nilai-nilai kebiasaan, tradisi, dan adat istiadat yang berlaku.

konde-leluhur.jpg

Contoh cerpen (Sumber: rosimeilani.com)

Contoh Soal

Bacalah teks berikut!

“Kemungkinan rambut Anda rontok setelah dikemoterapi,” kata dokter dengan lembut. “Saya siap, Dok. Demi kesehatan saya, Dok,” jawaban Fati.

“Oh iya, ketika obat kemoterapi  disuntikkan, pada umumnya pasien merasa sakit,” lanjut dokter.

“Saya paham, Dok. Saya ingin sembuh.”

“Kalau begitu, selamat istirahat.”

Dokter meninggalkan ruang tempat Fati dirawat menuju ruang sebelah untuk memeriksa pasien-pasien lain.

 

Sikap terpuji dari tokoh Fati adalah …

A. Kemauan keras untuk kemoterapi
B. Semangat untuk sembuh
C. Kemauan keras untuk disuntik
D. Semangat untuk berobat ke dokter

(Soal UN Bahasa Indonesia 2016)

Pembahasan:

Jawaban : B

Pembahasan : Sikap terpuji merupakan bentuk dari nilai moral. Dalam cerita di atas, kita dapat menemukan sikap terpuji dari tokoh Fati. Kutipan “Saya paham, Dok. Saya ingin sembuh.” Ini menunjukkan bahwa Fati tetap semangat berjuang demi kesembuhannya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

unsur ekstrinsik cerpen.png

Bagaimana Squad, sudah semakin paham kan tentang nilai ekstrinsik cerpen? Jadi, kalian tidak akan bingung lagi saat mengerjakan soal tentang unsur ekstrinsik cerpen. Yuk, buat belajar lebih seru dan menyenangkan dengan ruangbelajar. Ada video belajar beranimasi, soal latihan dan rangkumannya lho!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts