English Daily Dose: Bahasa Inggris Serupa tapi Tak Sama

Ruangguru Sep 7, 2020 • 5 min read


Perbedaan penggunaan kata-kata bahasa Inggris

Saat belajar bahasa Inggris, kamu pernah menemukan kata yang serupa tetapi artinya sama? Ternyata, meskipun artinya sama, penggunaannya tidak selalu sama, lho! Sebut saja, seperti kata home dan house, artinya sama bukan? Tapi cara pemakaiannya berbeda. Nah, makanya kita harus pandai-pandai nih dalam menggunakannya agar apa yang ingin disampaikan sesuai dengan aturan Bahasa Inggris.

Salah satu tips kamu bisa menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar, adalah memahami makna katanya terlebih dahulu. Yuk, pelajari makna kata-kata yang serupa tapi tak sama di bawah ini!

1. Home vs. House

Home and House Home and House

Kedua kata ini memiliki arti yang sama, yaitu “rumah”. Tetapi untuk penggunaanya kita harus cermat nih!

House, biasanya digunakan untuk menunjukkan rumah sebagai bangunan fisik, yaitu sebagai tempat tinggal yang bisa kita lihat dengan mata. Contohnya: “My grandparents’ house is very big” (rumah kakek dan nenek saya sangat besar).

Home, digunakan untuk menunjukkan tempat di mana seseorang merasa nyaman dan berhubungan dengan emosional seseorang. Kata home tidak selalu berarti tempat hunian atau tempat tinggal, tetapi bisa saja dimana pun seseorang bisa merasa nyaman. Contohnya: “Home is wherever I’m with my family” (rumah adalah dimana pun aku bersama keluarga) Duh, jadi pengen mudik, deh.

2. Learn vs. Study

Learn and Study Learn and Study

Antara learn dan study memiliki arti sama, yaitu belajar atau mempelajari.

Learn, memiliki makna mendapatkan pengetahuan atau kemampuan melalui belajar. Contohnya: “My brother learns how to ride bicycle” (adik laki-laki saya belajar mengendarai sepeda).

Study, memiliki makna membaca, menghapal fakta-fakta, belajar di sekolah. Contohnya: “My sister studies History for exam” (kakak perempuan saya belajar sejarah untuk ujian).

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan contoh ini. Misalnya, Hana dan Hani ingin belajar membuat kue. Hana belajar dengan membantu ibunya memasak kue di dapur. Ia belajar bagaimana membuat adonan, memanggang, maupun menghias kue tersebut. Sedangkan Hani, belajar dengan rajin membaca buku resep, menonton acara TV memasak, bahkan mencari tahu mengenai bahan apa saja yang diperlukan mapun teknik memasak.

Dari cerita tersebut, maka yang Hana lakukan adalah learn karena belajar sampai mendapatkan kemampuan membuat kue. Sedangkan, Hani melakukan study karena hanya belajar teorinya saja dan belum memiliki kemampuan membuat kue. Bagaimana? Sudah bisa membedakan? :)

3. Say vs. Tell

Say and Tell Say and Tell

Kata say dan tell sama-sama memiliki arti, yaitu berkata atau mengatakan.

Say digunakan untuk menandakan kalimat langsung maupun tidak langsung. Contohnya: Untuk kalimat langsung “They say I’m friendly” (mereka bilang saya ramah). Lalu untuk kalimat tidak langsung “He said he wanted to see you” (Dia bilang ingin bertemu denganmu).

Tell penggunaan ini biasanya diikuti dengan personal object seperti “me” “us” “her” dan seterusnya. Contohnya: “Tell me what you want to learn” (beritahu saya apa yang ingin kamu pelajari).

4. Listen vs. Hear

Listen and Hear Listen and Hear

Kedua kata ini memilki arti sama, yaitu dengar atau mendengarkan.

Hear, biasanya digunakan ketika kita mendengar sesuatu yang tidak disengaja atau sesaat. Artinya, kita tidak ada rencana atau berusaha untuk mendengar hal yang didengar mau tidak mau. Contohnya: “Do you hear a strange voice from the kitchen?”

Berkebalikan dengan sebelumnya, kalau listen berarti kita memang secara sengaja ingin mendengarkan sesuatu dengan seksama atau menyimak. Bisa juga digunakan untuk meminta seseorang untuk mendengarkan ucapan kita. Contohnya: “Please listen to me carefully”.

5. Advice vs. Advise

Advice and Advise Advice and Advise

Advice dan advise memiliki arti yang sama, yaitu “saran”. Advise adalah kata kerja sedangkan advice adalah kata benda sehingga yang membedakan adalah bagaimana cara kita mendapatkannya.

Advice berarti kita menerima saran dari orang lain. Contohnya: “Thank you for your advice” (terima kasih atas saran kamu). Sedangkan, advise berarti kita memberikan saran untuk orang lain. Contohnya: “I advise Anggy to have some rest” (saya menyarankan Anggy untuk istirahat).

6. Effect vs. Affect

Effect and Affect Effect and Affect

Baik effect maupun affect memiliki arti “pengaruh”. Effect merupakan kata benda, misalnya contohnya: “The effect of the tsunami was very terrible” (Pengaruh dari tsunami buruk sekali). Sedangkan affect adalah kata kerja sehingga memiliki arti mempengaruhi atau dipengaruhi. Contohnya: “My parents’ opinion did not affect my decision to study abroad” (Opini orang tua saya tidak mempengaruhi keputusan saya kuliah di luar negeri).

Yup, itulah kata-kata yang memiliki arti sama tetapi beda dalam penggunaannya. Bagaimana? Apakah sekarang sudah lebih mengerti untuk membedakannya? Supaya kamu makin jago berbahasa Inggris, kamu bisa kunjungi ruangbelajar. Di sana ada banyak soal yang bisa kamu gunakan untuk melatih pengetahuanmu. Ayo gabung sekarang juga!

New Call-to-action

Beri Komentar