Mengapa Bahasa Inggris digunakan Sebagai Bahasa Internasional?

Ruangguru Jun 25, 2016 • 3 min read


Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Ada 400 juta penutur asli dan 2 milyar orang mempelajarinya sebagai bahasa kedua. Ini berarti bahwa ada sekitar 2,4 milyar orang di dunia yang menggunakan Bahasa Inggris. Bagaimana awalnya Bahasa Inggris dapat menjadi sangat populer ya? Mengapa 2 milyar orang memilih untuk mempelajari Bahasa Inggris? Secara singkat, alasannya adalah sebuah kebutuhan akan bahasa internasional.

 

bahasa inggris digunakan sebagai bahasa internasional Foto: incimages.com

 

Komunikasi lintas negara adalah suatu faktor yang membentuk dunia sebagaimana kita ketahui sekarang. Persebaran dan perkembangan agama, ilmu pengetahuan, dan teknologi sangat bergantung pada proses komunikasi ini. Oleh karena itu, muncul sebuah kebutuhan untuk dapat berkomunikasi dan memahami satu sama lain. Proses komunikasi ini juga harus dapat dilakukan oleh orang-orang dari berbagai negara yang menggunakan bahasa yang berbeda. Kebutuhan ini mendorong adanya sebuah usaha untuk membuat suatu bahasa yang dapat dimengerti dan digunakan semua orang di dunia.

 

Ilustrasi bendera negara Foto: si.wsj.net

 

Sebelumnya, bahasa-bahasa lain seperti Yunani, Latin, dan Perancis dianggap sebagai bahasa internasional. Itulah mengapa kamu dapat menemukan berbagai dokumen pra-abad ke-16 yang menggunakan bahasa-bahasa tersebut. Bahasa Latin mencakup dua kebutuhan manusia yang sangat penting: agama dan ilmu pengetahuan. Selain itu, merupakan bahasa utama dari Gereja Katolik dan juga bahasa yang digunakan oleh ilmuwan Abad Pencerahan. Namun, kekuasaan tertinggi Bahasa Latin berakhir ketika budaya nasional mulai berjaya. Orang-orang mulai menggunakan bahasa dan dialek lokalnya. Kekuatan dan pengaruh Bahasa Latin secara perlahan mulai melemah.

 

Bendera Inggris dan Amerika Foto: thetaxadviser.com

 

Abad ke-20 adalah masa di mana nasionalisme menjadi sangat populer, begitu juga kerjasama internasional. Berbagai negara saling menjalin hubungan dengan keterbatasan bahasa. Maka dari itu, banyak usaha dilakukan dalam pembuatan kamus bahasa asing dan penerjemahan dokumen-dokumen penting. Kurang efektif, bukan? Nah, hal ini kemudian mendorong munculnya kebutuhan akan sebuah bahasa internasional yang baru. Untuk itu, dibuatlah Bahasa Esperanto yang berbasis campuran dari bahasa-bahasa Eropa lainya. Namun, Esperanto gagal digunakan secara luas dan tidak banyak orang tertarik untuk mempelajarinya.

 

Ilustrasi alat tulis Foto: feedster.com

 

Pada saat yang sama, tentara, pelaut, dan penjajah yang berbahasa Inggris mengelilingi dunia. Bukan hanya berkeliling, tapi mereka juga menetap.  Bahasa Inggris ini tidak digunakan di negara-negara merdeka dan di bawah penjajahan Spanyol, Portugis, Perancis, dan Belanda. Secara perlahan, bahasa Inggris pun menjadi sebuah bahasa internasional yang baru. Bahasa itu tersebar dengan cepat oleh kejayaan Kekaisaran Inggris dan Amerika Serikat. Bahasa Inggris pun mulai digunakan di seluruh dunia.

Sebagian besar dari persebaran Bahasa Inggris berjalan tanpa adanya arahan pemerintah. Kemajuan teknologi membuat orang bisa mengakses bahasa-bahasa dan budaya asing dengan mudah. Melalui Internet, generasi muda mulai menyukai musik, film, dan berita selebriti berbahasa Inggris. Ketertarikan ini mendorong lebih banyak orang untuk mempelajari Bahasa Inggris sehingga menjadi sangat populer.

Jadi, Bahasa Inggris menjadi bahasa dunia karena kita membutuhkan sebuah bahasa yang mudah digunakan oleh semua orang. Bahasa Inggris menjadi bahasa dunia karena dianggap sebagai sebuah bahasa yang relatif mudah untuk dipelajari. Bagaimana menurut kamu? Apakah belajar Bahasa Inggris gampang? Atau seharusnya ada bahasa lain yang dijadikan bahasa internasional?

Beri Komentar