Bahasa Inggris Kelas 10 | Apa Saja Aspects of Recount Text?

Apa Saja Aspects of Recount text?

Squad, siapa di sini yang suka membaca cerita sejarah? Atau ada nggak sih di antara kalian yang senang menulis kejadian yang sudah pernah kalian alami dalam sebuah jurnal? Nah, teks-teks semacam itu disebut dengan Recount Text dalam Bahasa Inggris. Recount text  adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan kembali tentang kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lalu. Apa saja sih aspect of Recount Text yang harus kalian tahu? Yuk, kita belajar bersama-sama! Eh, jangan sampai susah move on, ya. Hehehe

Kamu sering tertukar antara Narrative Text dengan Recount Text nggak sih? Supaya tidak tertukar, kamu harus ingat nih, cerita yang diangkat oleh Recount Text merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu secara faktual. Selain itu, Recount Text juga bertujuan tidak hanya untuk menghibur pembaca, tetapi juga untuk memberikan informasi terkait dengan cerita yang diangkat. Oleh karena itu, salah satu contohnya adalah cerita sejarah, kan?

Baca Juga: Mengenal Struktur Narrative Text

Kalau Narrative Text itu fiksi, ya? Yap! betul banget. Narrative Text adalah cerita fiksi yang biasanya merupakan khayalan. Tujuan Narrative Text pun sesederhana menghibur pembaca. Hayo, ada yang tau nggak contoh Narrative Text itu yang seperti apa? Coba tulis di kolom komentar, ya! Sekarang, jangan sampai tertukar lagi antara Recount Text dan Narrative Text lho ya. Oh iya, Recount Text juga menggunakan Past Tense, lho. 

Apa Saja Aspects of Recount Text?

Tunjuk tangan deh, siapa yang suka pelajaran sejarah? (Sumber: Shutter Stock)

Aspects of Recount Text

Ada 3 bagian dari Recount Text yang harus kamu ketahui. Ketiga bagian tersebut adalah Orientation, Event, dan Reorientation. Orientation adalah paragraf pembuka teks, jadi biasanya dia merupakan paragraf pertama. Dalam Orientation, kamu akan dikenalkan dengan tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita tersebut serta latar belakang kejadian ceritanya. Dalam bagian ini, latar belakang kejadiannya mencakup waktu dan tempatnya, ya. Oleh karena itu, dalam bagian ini akan ada unsur pertanyaan who, when, dan where

Bagian yang kedua disebut dengan Event. Eh ini bukan event yang biasanya kamu adakan di sekolah, ya. Hehehe. Yang dimaksud dengan event dalam Recount Text adalah kronologi cerita tersebut secara berurutan. Jadi tenang saja, kamu nggak usah khawatir akan diajak "lompat-lompat" dalam membaca teksnya. Event terletak setelah paragraf Orientation. Kalau kronologisnya panjang dan cukup kompleks untuk dibuat dalam satu paragraf, akan ada beberapa paragraf event dalam satu Recount Text.

Bagian terakhir dalam Recount Text disebut dengan Re-Orientation. Re-Orientation adalah kalimat penutup yang memberikan kesimpulan terhadap cerita yang diangkat. Eh tapi kamu bisa juga lho menjelaskan pendapat pribadimu tentang cerita tersebut. 

Kamu jadi tertarik membaca atau menulis cerita fakta berdasarkan pengalaman masa lalu nggak, nih? Semoga materinya membantu kamu untuk belajar ya, Squad! Kalau kamu ingin belajar lebih lanjut dan lebih suka belajar lewat video belajar, yuk belajar bareng pakai ruangbelajar! Download aplikasinya sekarang ya. 

New Call-to-action

Beri Komentar