Bahasa Inggris Kelas 10 | Macam-Macam Fungsi dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Created by : Embun Bening Diniari
on Aug 9, 2018 3:09:21 PM
2 min read

Fungsi dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Artikel Bahasa Inggris Kelas X kali ini akan membahas mengenai fungsi Past Continuous Tense beserta contoh kalimatnya. 
--

Squad! Kalian sering mengingat kejadian yang sudah terjadi di masa lalu nggak, sih? Kalian sering mengingat kejadian yang menyenangkan atau yang menyedihkan, nih? Apapun kejadiannya, semoga bisa menjadi pelajaran supaya bisa menjalankan hari-hari ke depannya dengan lebih baik lagi, ya. Kamu tahu nggak sih, dalam Bahasa Inggris, ada tenses khusus yang bisa kamu gunakan untuk menjelaskan kejadian yang sedang terjadi di masa lalu. Hayo tebak apa nama tensesnya? Yes, nama tensesnya adalah Past Continuous Tense. Rumus dasarnya adalah S+was/were+Ving, ya. Sekarang coba kita pelajari fungsi dan contoh kalimatnya, yuk!

Sebenarnya, kapan sih kamu bisa menggunakan Past Continuous Tense dalam kalimat? Ada 3 kondisi yang mewajibkan kamu untuk menggunakan Past Continuous Tense dalam kalimat. Ketiga kondisi tersebut adalah ketika kamu ingin menjelaskan kejadian panjang yang terpotong oleh kejadian lain yang lebih pendek di masa lalu, untuk menjelaskan suatu kejadian yang terjadi di momen tertentu pada masa lalu, dan menjelaskan kejadian yang terjadi secara paralel pada waktu yang bersamaan. 

Jadi begini Squad. Kalau kamu mau menjelaskan kejadian berdurasi panjang yang terjadi di masa lalu kemudian terpotong oleh kejadian lain yang lebih pendek, kamu harus menggunakan subordinate conjunction, yaitu while dan when. Coba, contoh kalimatnya seperti apa? Contohnya adalah While we are sleeping last night the thieves came and stole my bike. Wah, kasihan ya sepedanya hilang.

Baca Juga: Mengenal Past Perfect Tense

Kondisi yang kedua adalah penggunaan Past Continuous Tense untuk menjelaskan kejadian yang terjadi selama momen tertentu di masa lampau. Contoh kalimatnya sih pasti kamu sudah familiar, deh. Contoh kalimatnya adalah I was drinking coffee with my friend at this time yesterday afternoon. Siapa yang suka minum kopi bersama teman-teman juga?

Fungsi dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Yuk, ngopi dulu! (Sumber: Shutter Stock)

Kondisi terakhir yang memungkinkan penggunaan Past Continuous Tense adalah penjelasan tentang kejadian yang terjadi secara paralel atau bersamaan. Contoh kalimatnya adalah Were you listening when I was talking to you? Nah, pasti sudah familiar kan dengan kalimat tersebut? Jangan tertukar-tukar, ya! Kamu mau mengingat rumus dan contoh kalimat lain dari Past Continuous Tense? Kuy, simak gambar di bawah ini! 

Fungsi dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Nggak susah kan Squad? Yuk, semangat belajarnya supaya makin keren! Kalau kamu butuh bahan belajar tambahan untuk Past Continuous Tense, yuk belajar di ruangbelajar! Kamu bisa nonton video belajar dan latihan soal langsung di satu aplikasi. Kuy, download sekarang! 

New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran SMA Kelas X Bahasa Inggris X

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

Latihan dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2017

Apr 25, 2017 5:30:44 PM
11 min read

Anak IPA? Ini Latihan Soal UN Biologi SMA (2017) dan Pembahasannya

Mar 27, 2017 3:35:27 PM
5 min read