Bahasa Inggris Kelas 10 | Rumus dan Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Rumus dan Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Squad, sebelumnya kamu sudah pernah mengenal tentang basic tenses dalam Bahasa Inggris, kan? Kamu sudah pernah dengar tentang Present Continuous Tense, belum? Apa sih Present Continuous Tense itu? Yuk, kita bahas bersama-sama! 

Present Continuous Tense atau yang biasa juga disebut dengan Present Progressive Tense bisa digunakan untuk beberapa situasi dan kondisi. Ada 2 kondisi yang pasti menggunakan kalimat Present Continuous Tense, yaitu ketika kamu ingin menyatakan kejadian yang sedang berlangsung saat ini juga ketika kamu sedang berbicara dan ketika kamu ingin menyatakan kegiatan yang akan terus berlangsung dalam kurun waktu tertentu. 

 Rumus dan Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Ketika sedang berdiskusi, kamu bisa pakai Present Continuous Tense juga, lho! (Sumber: Shutter Stock)

Contoh kalimatnya apa aja, sih? Contoh kalimatnya antara lain She is calling his dad right now. (Dia sedang menelpon ayahnya sekarang.) dan We are attending a Basic Physics class this semester. (Kami sedang menghadiri kelas fisika dasar semester ini.) Oh iya, yang harus kamu juga ingat adalah adanya keterangan-keterangan waktu tertentu yang harus kamu gunakan untuk melengkapi kalimat Present Continuous Tense yang kamu tulis. Contoh kalimatnya misalnya nowadays (sekarang ini), right now (sekarang), at the moment (pada saat ini), at present (sekarang), this morning (pagi ini), tomorrow (besok) dan next month (bulan depan). Kamu pengen tau rumus-rumusnya nggak? Kuy, simak penjelasannya di bawah ini! 

Rumus Kalimat Present Continuous Tense

Dalam setiap kalimat, ada 3 bentuk yang harus kamu pahami. Ketiga bentuk tersebut adalah kalimat positif, kalimat negatif, dan kalimat tanya. Untuk kalimat positif pada Present Continuous Tense, kamu bisa menggunakan S + am + Ving (jika subjek kalimatnya I), S + is + Ving (jika subjek kalimatnya He, She, It), dan S + are + Ving (Jika subjek kalimatnya They, We, You). 

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Adverb dalam Bahasa Inggris

Lalu, rumus kalimat negatif pada Present Continuous Tense itu seperti apa, dong? Psst... tambahkan kata not aja, Squad. kamu bisa menggunakan S + am not+ Ving (jika subjek kalimatnya I), S + is not+ Ving (jika subjek kalimatnya He, She, It), dan S + are not+ Ving (Jika subjek kalimatnya They, We, You). 

Kalau kalimat tanya, kata kerjanya ada di depan, ya? Betul! Kalau subjek kalimatnya I, kamu bisa menggunakan rumus Am + S + Ving ?. Kalau subjek kalimatnya He, She, It, maka rumusnya Is + S + Ving ?. Sedangkan jika subjek kalimatnya They, We, You kamu bisa menggunakan rumus Are + S + Ving ?. Contoh kalimatnya seperti apa, ya? Yuk simak pada gambar di bawah ini! 

Rumus dan Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Mudah kan, Squad? Sekarang coba kalian buat contoh kalimat masing-masing, lalu tulis di kolom komentar, ya supaya yang lain semakin semangat belajarnya. Atau kamu ingin belajar lebih lanjut lagi? Yuk, coba belajar pakai ruangbelajar! Kamu bisa nonton video belajar, mengerjakan soal latihan, dan membaca rangkuman lho. Kuy, download sekarang! 

New Call-to-action

Beri Komentar