Bahasa Inggris Kelas 10 | Rumus dan Contoh Kalimat Simple Future Tense

Simple Future Tense

Artikel Bahasa Inggris kelas X ini akan membahas mengenai rumus dan contoh kalimat Simple Future Tense. 

--

Simple Future Tense

Siap menatap masa depan? (Sumber: Shutter Stock)

Squad! Kalau kamu sedang memiliki waktu luang, biasanya hal apa yang kamu lakukan? Ada yang suka menulis rencana-rencana untuk masa depan nggak, nih? Psst... kamu tau nggak sih, kalau kamu ingin menulis sesuatu yang kamu rencanakan di masa depan dalam bahasa Inggris, kamu harus pakai yang namanya Simple Future Tense. Simple Future Tense ini bisa digunakan untuk menyatakan bahwa kegiatan tersebut akan terjadi di masa depan, baik kegiatan yang bersifat spontan maupun terencana. Oh iya, Simple Future Tense ini merupakan bentuk Future Tense yang paling umum digunakan, lho. Selain itu, jenis tense ini juga sering disebut dengan Present Future Tense. Bagaimana ya rumus dan contoh kalimatnya? Yuk, kita belajar bersama-sama! 

simple future tense

Simple Future Tense

Untuk membuat kalimat dengan Simple Future Tense, kamu bisa menggunakan modals Will dan Shall. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu akan, sehingga sering juga digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang akan dilakukan di masa depan. Kamu perlu ingat nih, dalam British English, “shall” digunakan jika subjeknya adalah “I/We”. Sedangkan dalam American English, semua subjek dapat menggunakan kata “will”. Jadi kalian tinggal pilih aja nih mau pakai yang mana, sebetulnya keduanya sama saja, kok.

Baca Juga: Rumus dan Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Kira-kira, fungsinya will dan shall dalam kalimat ini apa, ya? Will dan shall ini digunakan untuk konteks kalimat yang belum pasti terjadi. Misalnya untuk rencana gitu, lho. Meskipun demikian, penggunaan will dan shall harus diikuti oleh detail tentang apa yang akan terjadi. Contoh kalimatnya seperti apa, sih? Contoh kalimatnya antara lain I will go to the beach in this summer holiday.

Fungsi will dan shall yang lain adalah untuk menjelaskan sebuah keputusan yang terjadi secara mendadak atau spontan. Jadi will dan shall ini multifungsi ya Squad, bisa untuk rencana maupun hal-hal spontan yang akan kamu lakukan. Oh iya, contoh kalimatnya adalah "Wait. I will grab my lunch first".  Lalu, ada lagi nggak nih fungsinya will dan shall? Ada, dong! Kamu bisa menggunakan kedua modals tersebut untuk meminta bantuan seseorang. Contohnya antara lain "Will you help me to pack these books?" Hayo, kalian mau nolongin nggak, nih?

Oh iya, fungsi will dan shall yang terakhir adalah untuk berjanji. Hayo, siapa di antara kalian yang suka berjanji? Kalau sudah berjanji, harus ditepati, ya! Oh iya, contoh kalimatnya antara lain "I promise I will come back next year."

Simple Future Tense

Simple Future Tense

Squad, pada dasarnya, penggunaan be+going to sama saja dengan penggunaan will dan shall karena artinya juga sama, Squad. Fungsinya juga sama-sama untuk menyatakan rencana yang akan terjadi di masa depan. Contoh kalimatnya antara lain "I am going to finish this laboratory report tomorrow"

Oh iya, selain berfungsi untuk menyatakan suatu rencana, be+going to juga digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang akan terjadi di masa depan, dengan tingkat keakuratan yang cukup tinggi. Contohnya adalah ramalan cuaca. Ramalan cuaca ini tingkat keakuratannya cukup tinggi kan, Squad? Contoh kalimatnya antara lain “According to the weather report, it is going to be snowy tomorrow”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa jika suatu kalimat menggunakan be+going to, kemungkinan sih kejadiannya akan benar-benar terjadi, nih. Hal ini berbeda dengan kalimat yang menggunakan will atau shall yang kejadiannya masih berupa kemungkinan-kemungkinan. Oh iya, dalam penggunaan sehari-hari, kamu bisa menggunakan gonna yang merupakan bentuk sederhana dari be+going to, ya.

Oh iya, kira-kira, penanda waktu untuk kalimat dengan Simple Future Tense itu seperti apa, ya? Kuy, simak gambar di bawah ini! 

Simple Future Tense

Wah, ternyata nggak susah ya membuat kalimat dengan menggunakan Simple Present Tense! Sekarang mulai dicoba yuk untuk membuat kalimat masing-masing. Jangan lupa ditulis di kolom komentar, ya. Oh iya, kalau kamu masih penasaran dan mau belajar lebih lanjut, yuk coba belajar bersama guru privat terbaikmu di ruangles. Kamu bisa pesan guru privat sesuai kriteria yang kamu mau. Psstt.... gurunya nggak hanya guru mata pelajaran wajib sekolah aja, lho. Ada juga guru-guru mata pelajaran dan keahlian lain, seperti guru kungfu atau guru fotografi. Kuy, belajar bareng di ruangles sekarang dan siap-siap jadi juara! 

ruangles

Beri Komentar