Bahasa Inggris Kelas 11 | Apa Itu Causality Conjunction?

Apa Itu Causality Conjunction?

Artikel bahasa inggris kelas 12 ini kita akan membahas tentang jenis teks causality conjunction. Penasaran kan? Yuk kita cari tahu.

--

Squad, siapa di antara kalian yang suka membaca jenis teks Analytical Exposition? Saat membaca teks dalam bentuk Analytical Exposition, kamu akan sering ketemu dengan Causality Conjunction. Sudah pernah dengan tentang Causality Conjunction sebelumnya? Causality Conjunction adalah kata penghubung antarklausa dan antarkalimat yang menyatakan hubungan sebab dan akibat. Ada beberapa contoh Causality Conjunction, lho! Kuy kita kenalan lebih lanjut dengan Causality Conjunction!

Apa Itu Causality Conjunction?

Hayo, siapa yang suka baca artikel lewat Smartphone? (Sumber: Shutter Stock)

Because

Siapa yang tahu arti kata because? Yap, because artinya 'karena'. Because digunakan untuk mengemukakan alasan mengapa sesuatu bisa terjadi. Untuk menggunakan kata hubung because, kita harus menggabungkan 2 kalimat. Contoh kalimatnya seperti apa, sih? Contoh kalimatnya antara lain "Because he was driving his car too fast, he crashed another car in front of him." Serem juga ya sampai ketabrak begitu. Jangan lupa hati-hati ketika berkendara, ya! 

Because of

Coba deh tanya orangtua atau kakakmu, pernah dengar lagu yang berjudul Because of You, nggak? Tahukah kamu, because of juga termasuk ke dalam Causality Conjunction, lho! Sama dengan because, because of juga digunakan untuk mengemukakan alasan mengapa sesuatu terjadi. Tapi yang perlu kamu ingat, jika kamu ingin menggunakan because of dalam kalimatmu, kamu harus menggabungkannya dengan noun atau kata benda, ya! Contoh kalimatnya adalah "Because of your laziness, you would get a bad score". Makanya jangan malas ya, Squad! 

Baca Juga: Mengenal Analytical Exposition Text

So

Secara harafiah, so memiliki arti “jadi”. So digunakan untuk membahas hasil atau akibat dari suatu aksi. So dapat digunakan untuk menggabungkan dua kalimat dalam satu titik dan diletakkan sebagai kata pembuka pada kalimat baru. Contoh kalimatnya seperti apa, ya? Contohnya misalnya "She was still in pain, so she went to the doctor". 

So that

So that memiliki arti harafiah “sehingga”. So that digunakan untuk menjelaskan tujuan dari suatu aksi atau kegiatan. Nah, kamu juga harus ingat lagi nih, so that hanya dapat digunakan untuk menggabungkan dua kalimat dalam satu titik dan diletakkan sebagai kata pembuka pada kalimat baru. Jadi jangan sampai ketukar dengan so, ya! Contoh kalimatnya misalnya "Brianna sketched a portrait of the terrorist so that police could identify him".

Therefore

Kamu pasti sering mendengar kata therefore, kan? Arti harafiah dari therefore adalah “sebagai hasilnya”. Kamu bisa menggunakan therefore jika terdapat konsekuensi logis di antara dua pernyataan yang ada. Bila tidak ada konsekuensi logis, maka bukan therefore yang digunakan melainkan so. Ingat ya, nggak boleh tertukar, lho! Terus contoh kalimatnya seperti apa, dong? "Nadey is only 16 years old and therefore not eligible to vote". Hayo, siapa yang sudah pernah berpartisipasi dalam pemilu? 

Hence, Thus, Consequently

Hence, Thus, Consequently memiliki arti harafiah “karenanya/untuk alasan ini”. Ketiganya merupakan kata keterangan yang digunakan untuk menghubungkan kalimat yang menyatakan hasil atau akibat dari sesuatu. Tapi, ketiganya bukan kata hubung, lho. Oleh karena itu, ketiganya tidak dapat digunakan untuk menggabungkan dua klausa utama. Kamu bisa menggunakan ketiganya sebagai kata keterangan yang ditempatkan sebelum kalimat yang menyatakan hasil/akibat dari sesuatu. Ketiga kata ini lebih sering digunakan dalam bentuk tulisan. Kalau kamu suka menulis essay dalam Bahasa Inggris, ketiga kata ini bisa dipakai, lho! Apa saja contoh kalimatnya? 

  • I am not feeling well, hence I am unable to work.
  • I am not feeling well, thus I am unable to work.
  • I am not feeling well, consequently I am unable to work.

Squad, semoga setelah membaca artikel ini kamu jadi lebih jago lagi dalam menulis Bahasa Inggris, ya! Jangan lupa diingat dan dipelajari terus ya. Kamu butuh guru privat untuk belajar tambahan? Pesan guru privat di ruangles, yuk! Kamu bisa belajar apa saja dan mencari guru privat sesuai dengan kriteriamu, lho. Yuk, pesan guru privat terbaikmu sekarang!

ruangles

Beri Komentar