Bahasa Inggris Kelas 11 | Rumus dan Contoh Kalimat Continuous Tense Passive Form

Continuous Tense Passive Form

Artikel Bahasa Inggris kelas XI kali ini akan membahas mengenai Continuous Tense Passive Form beserta rumus dan contoh kalimatnya.

--

Halo Squad! Hari ini belajar Bahasa Inggris lagi, yuk! Setelah sebelumnya kamu sudah belajar mengenai Simple Tenses Passive Form, sekarang saatnya kamu melanjutkan ke materi Continuous Tenses Passive Form. Masih ingat nggak nih dengan Continuous Tenses? Yes, Continuous Tenses ini adakah tenses yang fungsinya untuk menjelaskan suatu kejadian yang sedang berlangsung bersamaan dengan berlangsungnya suatu percakapan. Misalnya ketika kamu dan temanmu sedang membicarakan festival sekolah, pada saat yang bersamaan festival sekolah tersebut juga sedang berlangsung. Continuous Tenses ini juga ada 3 jenis, lho. Ketiga jenisnya adalah Present Continuous Tense, Past Continuous Tense, dan Future Continuous Tense. Mengerti kan, Squad? Kira-kira, bagaimana ya cara membuat kalimat pasif dari Continuous Tenses

Baca Juga: Pohon Keluarga dalam Bahasa Inggris

Continuous Tense Passive Form

Sekarang kita mulai dari bentuk kalimat pasifnya Present Continuous Tense dulu, ya. Coba, rumus kalimat aktifnya bagaimana? Yes, rumusnya adalah Subject + am/is/are + Verb-ing+ Object, kan? Jadi misalnya, kalimatnya adalah We are reading English book. Kalau kalimat pasifnya bagaimana coba? Supaya nggak bingung, kamu harus ingat rumusnya nih. Rumus untuk kalimat pasif dalam Present Continuous Tense adalah Object + am/is/are + being + Verb 3 + by Object Pronoun. Ingat ya, rumusnya seperti itu, nih. Jadi, kalimat pasifnya adalah English Book are being read by us gitu, ya? Yes, betul banget! Hebat! 

Continuous Tense Passive Form

Sekarang lanjut ke bentuk kalimat pasifnya Past Continuous Tense, yuk! Kamu masih ingat nggak, rumus kalimat aktifnya Past Continuous Tense itu seperti apa? Betul, rumusnya adalah Subject + was/were + Verb-ing + Object. Coba, contoh kalimatnya seperti apa, dong? Contoh kalimatnya misalnya my friends were singing a beautiful song. Sekarang kalimat itu coba diubah ke bentuk kalimat pasif, yuk! Supaya nggak salah, kamu harus ingat rumus ini, nih: Object + was/were + being + Verb 3 + by Object Pronoun. Oleh karena itu, kalimat pasifnya menjadi A beautiful song was being sung by my friends. 

Continuous Tenses Passive Form

Ada yang suka karaokean di sini? (Sumber: Shutter Stock)

Continuous Tense Passive Form

Wah, sudah bagian terakhir, nih. Sekarang kita mulai belajar bentuk pasifnya Future Continuous Tense, ya. Kalimat aktif dengan Future Continuous Tense dibentuk berdasarkan rumus Subject + will/would be + Verb-ing+ Object. Contoh kalimatnya misalnya My friend will be fixing my car at the time you arrive. Kira-kira, bagaimana ya caranya membuat kalimat pasif dalam Future Continuous Tense? Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan rumus Object + will/would be + being + Verb 3 + by Object Pronoun. Bentuk kalimat pasifnya menjadi My car will be being fixed by my friend at the time you arrive, deh. 

Continuous Tenses Passive Form

Squad! Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa lebih paham tentang Continuous Tense Passive Form, ya. Kamu masih butuh banyak soal latihan? Supaya makin jago, yuk latihan di ruanguji! Download aplikasinya sekarang, ya! 

New call-to-action

Beri Komentar