Bahasa Inggris Kelas 11 | Apa Itu Perfect Tense Passive Form?

Created by : Embun Bening Diniari
on Aug 1, 2018 5:08:26 PM
4 min read

Perfect Tense Passive Voice

Artikel Bahasa Inggris kelas XI kali ini akan membahas mengenai Present Perfect Tense dalam bentuk Passive Voice, baik dari segi rumus maupun contoh kalimatnya. 
--

Squad, siapa di antara kalian yang masih ingat tentang Perfect Tense? Hayo, Perfect Tense itu biasanya digunakan untuk apa, sih? Perfect Tense ini menjelaskan tentang kejadian yang sudah terjadi di masa lalu. Apa bedanya sih sama Past Tense? Perfect Tense ini tidak memperdulikan keterangan waktunya, Squad. Nah, masih ingat kan? Kamu tahu nggak sih, Perfect Tense ini ada bentuk kalimat pasifnya, lho! Wah, menarik ya. Yuk, kita pelajari lebih lanjut!

Present Perfect Tense Passive FormPerfect Tense Passive Form

Perfecto! (Sumber: Shutter Stock)

Oh iya, bentuk kalimat Perfect Tense yang sekarang akan dibahas ini meliputi Past Perfect Tense dan Present Perfect Tense, ya! Jangan sampai tertukar nih. Psst.. kamu masih ingat nggak kalimat pasif itu apa? Yang harus kamu ingat baik-baik dari kalimat pasif adalah subjeknya yang sebenarnya merupakan objek pada kalimat aktifnya. Oh, jadi objeknya kalimat aktif itu merupakan subjeknya kalimat pasif? Tepat banget! Sekarang coba dibahas satu persatu dulu, ya supaya kamu nggak bingung. Nih, ngintip rumusnya dulu deh. Hehehe 

Perfect Tense Passive Form

Perfect Tense Passive Form

Kamu masih ingat nggak, rumus Past Perfect Tense? Yes, betul! Rumusnya adalah S+had+V3+O, ya. Jangan lupa, verbanya pakai had, ya. Bukan has atau have. Terus terus, contoh kalimatnya bagaimana, nih? Contoh kalimatnya adalah William had explored all inches of Bangka Belitung in his adolescence. Wih, asik banget jadi William, bisa jalan-jalan ke Bangka Belitung. Kamu udah pernah belum ke Bangka Belitung? 

Perfect Tense Passive Form

Wah bagus banget nih Bangka Belitung! (Sumber: magazine.yoexplore.co.id)

Lalu, bagaimana ya bentuk kalimat pasifnya? Sesuai dengan sedikit penjelasan di atas, kamu harus menjadikan objek kalimat aktif sebagai subjek di kalimat pasifnya. Oleh karena itu, all inches of Bangka Belitung merupakan subjek dari kalimat pasifnya. Lalu setelah itu, kamu sisipkan deh kata been di antara had dan explored. Maka, kalimat pasifnya akan menjadi seperti ini: All inches of Bangka Belitung had been explored by William in his adolescence. Gimana? Nggak susah, kan? 

Perfect Tense Passive Form

Sekarang lanjut ke Present Perfect Tense, yuk! Coba, rumusnya gimana? Rumusnya adalah S+Have/Has+V3+O. Jangan lupa ya, verbnya itu harus menyesuaikan dengan subjeknya. Kalau subjeknya I, You, They, We itu verbnya have. Lalu kalau subjeknya He/She/It, berarti verbnya has. Contoh kalimatnya seperti apa, nih? Contoh kalimatnya adalah Theo has not brought snack to any meeting yet. Coba coba, bentuk kalimat pasifnya gimana? 

Baca Juga: Mengenal Sequence Conjunction

Sama seperti sebelumnya, objek pada kalimat aktif merupakan subjek pada kalimat pasif. Kalau pada kalimat di atas, objeknya adalah snack, kan? Oleh karena itu, pada kalimat pasifnya, snack yang akan menjadi subjeknya. Jadi, kalimat pasifnya akan menjadi snack has not been brought by Theo to any party yet. Mudah nggak? Mudah dong! 

Perfect Tense Passive Form

Ngemil dulu bro! (Sumber: Shutter Stock)

Gimana gimana? Asik banget kan! Mudah kan buat kalimatnya? Yuk, sekarang coba bikin kalimat Perfect Tense Passive Form dan cantumkan di kolom komentar, ya. Kamu mau belajar lebih lanjut? Yuk belajar di ruangbelajar! Kamu bisa nonton video belajar, latihan soal, dan baca rangkuman hanya di 1 aplikasi! Penasaran? Kuy, download sekarang! 

New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran SMA Kelas XI Bahasa Inggris XI

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

Latihan dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2017

Apr 25, 2017 5:30:44 PM
11 min read

Anak IPA? Ini Latihan Soal UN Biologi SMA (2017) dan Pembahasannya

Mar 27, 2017 3:35:27 PM
5 min read