Bahasa Inggris Kelas 12 | Mengenal Contoh Kalimat dan Rumus Indirect Form of Question and Instruction

Indirect Form of Question and Instruction

Artikel Bahasa Inggris kelas XII kali ini akan membantumu mempelajari contoh kalimat dan rumus untuk Indirect Form of Question and Instruction. 
--

Squad, masih ingat kan materi tentang Indirect Form of Sentence? Coba diulang dulu sedikit ya. Kalau Indirect Form of Sentence itu kan bentuk tidak langsung dari suatu kalimat, ya. Contohnya misalnya Nicho said that he would move to Ireland the next day. Nah, ternyata dalam Bahasa Inggris ada juga lho yang namanya Indirect Form of Question and Instruction! Kira-kira, itu bentuk tidak langsung untuk kalimat apa, ya? Yes betul banget, itu merupakan bentuk kalimat tidak langsung untuk kalimat tanya dan kalimat perintah. Kita pelajari contoh kalimat dan rumusnya, yuk! Kira-kira, apa sih bedanya dengan Indirect Form of Sentence?

Indirect Form of Question and Instruction

Bingung ya kebanyakan pertanyaan? Hehehe (Sumber: Shutter Stock)

Indirect Form of Question and Instruction

Dimulai dari Indirect Form of Question dulu ya. Ternyata, ada 2 bentuk pertanyaan yang akan dibahas nih. Bentuk pertama adalah Yes-No Question dan bentuk kedua adalah Information Question. Yuk, mulai belajar bareng-bareng!

Yes-No Question

Seperti biasa, yang pertama kali harus dilakukan tentu menentukan jenis tenses apa yang digunakan dalam kalimat tanya tersebut. Wah, gimana caranya, ya? Kamu bisa mengubah kalimat pertanyaannya menjadi kalimat pernyataan. Oh iya, untuk Yes-No Question, penghubung kalimat pengantar dan kalimat pernyataan itu adalah kata whether atau if. Jangan lupa, ya!

Dari sekian banyak pertanyaan yang mungkin ada, pertanyaan seperti apa sih yang bisa disebut Yes-No Question? Yes-No Question ini biasanya diawali dengan kata Do, Does, Did, Is, Am, Are, Was, Were, Has, Have, and Modals (Will, Can, May). Diingat-ingat ya, jangan tertukar-tukar. Contohnya adalah Uya asked to me, "Are you okay?" Lalu bentuk Indirect Form of Question dari kalimat tanya tersebut adalah Uya told me whether I was okay or not atau Uya Told me if I was okay or not

Information Question

Sama seperti Yes-No Question, kamu juga harus mengubah bentuk pertanyaannya menjadi kalimat pernyataan supaya kamu bisa tahu jenis tenses apa yang dipakai dalam kalimat pertanyaan tersebut. Pada Information Question, kata penghubungnya adalah asked, inquired, wondered, dan wanted to know. Information Question biasanya diawali dengan Who, What, Why, Where, When, How. Contohnya adalah Rangga asked Cinta, “Where did you go last night?”. Bentuk Indirect Form of Questionnya adalah Rangga asked Cinta where she had gone the night before. Jangan lupa, ya! 

Indirect Form of Question and Instruction

Setelah selesai membahas Indirect Form of Question, sekarang coba belajar tentang Indirect Form of Instruction, yuk. Cara mengubah kalimat langsung ke kalimat tidak langsung untuk kasus ini cukup mudah lho. Kamu hanya perlu menggunakan to+infinitive. Oh iya, kata penghubung kalimat pengantar dan kalimat pernyataannya adalah kata asked, told, ordered, employed. Selain itu, Indirect Form of Instruction ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kalimat positif dan kalimat negatif. Seperti apa sih, contohnya? Yuk, simak gambar di bawah ini! 

Indirect Form of Question and Instruction

Squad, mudah kan? Sekarang coba deh buat 1 contoh Indirect Form of Question dan 1 contoh Indirect Form of Instruction, baik dalam bentuk kalimat positif dan kalimat negatifnya. Nanti tulis di kolom komentar, ya! Hmm... kamu mau belajar lebih banyak lagi mengenai materi ini? Yuk, banyak-banyak latihan soal di ruanguji supaya makin paham lagi. Soalnya ada banyak banget dan bisa ngebantu kamu untuk persiapan UAS, UN, bahkan SBMPTN, lho! Kuy, download aplikasinya sekarang! 

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts