Bahasa Inggris Kelas 6 | Belajar Narrative Text dari Dongeng

narrative text

Artikel ini akan membahas narrative text atau teks naratif. Ini kelanjutan dari cerita Roro dan Guntur yang waktu itu belajar Asking and Giving Opinion. Ingin tahu petualangan mereka selanjutnya? Simak di artikel berikut, ya!

--

Beberapa waktu setelah Guntur sampai di rumah, orang tuanya mendadak akan pergi menjenguk kerabatnya yang sedang sakit di luar kota. Guntur tidak mungkin untuk ikut orang tuanya, karena sudah terlalu sore dan menjelang malam. Ibu Guntur menyarankan Guntur untuk menginap di Roro.

Orang tua Guntur pun mengantarkan Guntur ke rumah Roro dan meminta izin agar Guntur untuk menginap.

Penjelasan Narrative text

Setelah ibu Guntur izin, Guntur berpamitan. Ia dan Roro menghampiri Kanguru di ruang makan. Mereka berbincang-bincang. Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 20.30. Mereka membersihkan diri dan bersiap untuk tidur.

Tentang Narrative Text

Roro dan Guntur bertukar tatap kebingungan. “Iya, kan kalian tadi di meja makan ngobrol pakai bahasa Inggris, Kanguru boleh dong ceritanya pakai bahasa Inggris juga?” Tanya Kanguru. Roro dan Guntur kemudian menganggukan kepala mereka. 

“Jadi kali ini, Kanguru akan menceritakan sebuah folktale dari Indonesia, kalian tahu nggak, apa itu folktale?” Kanguru bertanya kepada mereka berdua.

“Tahu, tahu!” Sahut Guntur dengan semangat, “Itu salah satu jenis narrative text, kan? Kamu tahu nggak, apa itu narrative text, Roro?”

“Ya tahu lah! Narrative text itu teks cerita. Sedangkan folktale itu cerita rakyat. Betul, kan?” Roro bertanya pada Kanguru.

“Betul! Pintar kalian berdua! Kanguru tambahkan ya. Narrative text adalah sebuah cerita atau deskripsi dari berbagai kejadian. Ada banyak jenisnya. Diantaranya ada folktale, fable, fairy tale dan masih banyak lagi,” jelas Kanguru.

Roro dan Guntur memerhatikan. Kanguru kemudian menceritakan sebuah folktale dari Indonesia yang berjudul, The Legend of Toba Lake.

contoh narrative text

“Jadi, bagaimana ceritanya? What are your opinions?” Tanya Kanguru.

“Ceritanya menarik! Ada pesan moral yang harus kita ambil yaitu, we must never break a promise,” Guntur menjawab.

I agree. Kita juga harus bisa mengendalikan amarah kita,” Roro menambahkan.

Excellent! Kalian memang pintar! Tahu nggak, apa yang kalian sebutkan merupakan bagian dari narrative text, lho. Mau tahu apa?” Roro dan Guntur penasaran.

“Bagian coda. Coda merupakan salah satu ciri-ciri yang terdapat pada narrative text, yaitu berisikan tentang moral dan pembelajaran cerita. Contohnya yang sudah kalian sebutkan tadi,” jelas Kanguru.

bagian- bagian narrative text

“Coba menurut kalian, bagian mana saja yang termasuk ke dalam, orientation, complication, dan resolution?” Tanya Kanguru.

alur narrative text

“Kalian semua hebat,” puji Kanguru. “Menyenangkan ya belajar bahasa Inggris sambil mendengarkan dongeng?”

“Iya. Jadi lebih paham, karena belajarnya sambil bersenang-senang.” Guntur berpendapat.

“Iya betul.. Hoaamm,” Roro menguap.

tentang narrative text

Nah, itu dia cerita tentang Roro dan Guntur bersama Kanguru mengenai narrative text. Jika kamu masih penasaran mau belajar yang caranya menyenangkan, langsung aja cek Ruangbelajar. Ada banyak video pembelajaran yang pastinya nggak akan bikin bosan.

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar