Bahasa Inggris Kelas 7 | Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri dan Struktur Descriptive Text

Bahasa Inggris_7 

Artikel ini akan membahas aspek- aspek Desciptive Text seperti pengertian, tujuan, ciri-ciri dan bagian struktur Descriptive Text beserta juga contoh teksnya.

 ---

Halo Squad! Apa yang ada dipikiran kamu tentang Borobudur? Pasti kamu menyebut bahwa Borobudur itu merupakan candi yang bentuknya indah, unik, dan megah. Di Borobudur terdapat relief yang terukir indah. Borobudur juga termasuk salah satu tujuh keajaiban yang ada di dunia. Nah, dari apa yang tadi kamu telah sebutin, tau enggak kalo itu termasuk ke dalam Descriptive Text? Yap, teks yang menggambarkan suatu tempat, benda, orang, hewan, dan kondisi juga termasuk ke dalam Descriptive Text. Wah kalau i, materi Descriptive Text gampang banget dong. Yuk langsung saja kita belajar lebih lanjut tentang Pengertian, Tujuan, dan Struktur dari Descriptive Text!

struktur descriptive textIllustrasi Borobudur (sumber: Dribbble.com)

 

Pengertian, Tujuan, dan Ciri-ciri Descriptive Text

Jadi Squad, Descriptive Text adalah bentuk teks yang berisi gambaran tentang suatu objek. Dalam bahasa Inggrisnya, dipahami bahwa Descriptive Text is a text that contain the description of an object, which is an animal, place, people, thing, etc. Kalau teks yang tadi di atas merupakan contoh dari deskripsi tempat.

Tujuan dari Descriptive Text adalah mendeskripsikan atau menggambarkan suatu objek khusus. Communicative purpose of descriptive text is to describe particular participant.

Baca Juga: Pengunaan On, In Dan At

Ciri-ciri yang dimiliki oleh teks deskripsi yaitu teksnya berisi deskripsi yang fokus hanya pada satu objek saja. Biasanya deskripsinya detail. Misalnya Descriptive Text tentang hewan. Teks tersebut dapat berupa memuat beragam informasi tentang deskripsi fisik, makanan, habitat dan asal usul, perkembangbiakkan, hingga fakta-fakta unik terkait hewan tersebut. Ciri lainnya dari Descriptive Text yaitu grammar tenses yang dipakai adalah simple present tense.

struktur descriptive text - Ciri- ciri Descriptive Text

 

 Struktur dan Contoh dari Descriptive Text

Setiap teks pasti terdiri dari beberapa bagian yang menyusunnya. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda-beda tergantung dari jenis teksnya sendiri. Struktur Descriptive Text terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah Identification (Identifikasi), dan bagian kedua adalah Description (Deskripsi). Identification (Identifikasi) berisi tentang topik objek apa yang akan dibahas. Sedangkan Description (deskripsi) berisi tentang gambaran suatu objek mengenai detail objek tersebut seperti keadaan fisik objek, asal-usul hingga fakta-fakta unik lainnya.

Struktur Descriptive Text

Wow gampang banget Squad materi Descriptive Text ini. Kamu boleh lho bikin catatan dari artikel ini karena materi ini sangat berguna untuk Ujian Nasional di kelas 9 nanti. Walaupun kamu masih kelas 7 SMP, tapi tidak ada salahnya dong untuk mempersiapkannya dari sekarang. Nah biar persiapanmu makin lengkap, kamu bisa nih nonton video animasi belajar yang lucu dan seru di ruangbelajar. Tunggu apa lagi, buruan download Aplikasinya sekarang juga!

ruangbelajar

Beri Komentar