Bahasa Inggris Kelas 8 | Apa Saja Expression of Asking and Giving Opinion dalam Bahasa Inggris?

Apa Saja Expression of Asking Opinion dalam Bahasa Inggris?

Squad, kamu pernah nggak sih merasa bingung dalam menghadapi sesuatu? Misalnya, bingung mau beli baju warna apa. Atau ragu mau pilih jurusan apa ketika nanti kamu duduk di bangku kuliah. Bingung itu biasa kok, Squad. Dalam Bahasa Inggris, kamu harus memakai Expression for Asking Opinion jika kamu ingin meminta pendapat. Wah, seperti apa sih tuh? Kuy, kita bahas bersama-sama! 

Sebelum kita membahas contoh-contoh ungkapannya, coba simak percakapan di bawah ini dulu yuk! 

Jacob: Ms. Heather, I’d like to show you my essay before I send it to the national essay competition. Would you give me your opinion on it?

Ms. Heather: Let me see.

Coba, kira-kira apa yang  dilakukan oleh Jacob? Yap, betul banget! Jacob meminta pendapat gurunya, yaitu Ms. Heather untuk mengoreksi esai yang sudah ditulis untuk kompetisi nasional. Kira-kira, dalam percakapan di atas, apa sih expression of asking opinion yang digunakan? Yes, betul banget, kalimat “Would you give me your opinion on it?” merupakan salah satu expression of asking opinion. Kira-kira selain kalimat tersebut, ada contoh lain lagi nggak, ya? Ada dong! 

Apa Saja Expression of Asking and Giving Opinion dalam Bahasa Inggris?

Yuk, sampaikan opinimu! (Sumber: Shutter Stock)

Expressions of Asking for Opinion in Formal Situation

Ungkapan yang tergabung dalam kategori ini lebih cocok disampaikan dalam situasi formal atau kepada orang yang lebih tua dan kita hormati. Contohnya kalau kamu ingin meminta bantuan ibumu atau bertanya kepada gurumu dalam sebuah diskusi kelas. Ungkapan-ungkapan tersebut digunakan ketika kamu ingin mengetahui pendapat, pandangan, tanggapan, pikiran, maupun perasaan lawan bicaramu mengenai hal-hal tertentu. Berikut jenis-jenis ungkapan dan contoh kalimatnya, ya.  

  • Would you give me your opinion on my homework?
  • What are your views on President Election Issue?
  • Do you have any idea for next holiday?
  • What is your feeling about our next school trip?
  • Have you got any comments on the last final exam?

Expressions of Asking for Opinion in Informal Situation

Setelah sebelumnya kamu mengetahui ungkapan yang bisa kamu gunakan dalam situasi formal, sekarang coba kita belajar untuk situasi informal, yuk. Kamu bisa menggunakan ungkapan informal jika kamu berbicara dengan teman sebaya, orang yang sudah kamu kenal dekat, atau dalam situasi yang tergolong santai dan tidak resmi. Apa saja sih contoh ungkapannya? Yuk, simak contoh kalimatnya di bawah! 

Baca Juga: Jenis-Jenis Kosakata pada Announcement

  • What do you think about our new friends?
  • What is your opinion about World Cup 2018?
  • How about a glass of milk before going to bed?
  • Do you think they will win?

Mudah kan, Squad? Sekarang, kamu penasaran nggak sih bagaimana caranya memberikan pendapat dalam bahasa Inggris, baik pada situasi formal maupun informal?

Expressions of Giving Opinion in Formal Situation

Beberapa ungkapan yang tercantum dalam bagian ini memang intinya sama, tetapi ada poin-poin tertentu yang membedakan peruntukannya. Nggak susah, kok. Kita bahas satu persatu, ya! 

  • I personally believe... Ungkapan ini digunakan saat seseorang hendak memberikan pendapatnya berdasarkan dengan apa yang diyakininya.
  • I personally consider... Kamu bisa menggunakan ungkapan ini ketika hendak memberikan pendapatnya berdasarkan hasil pertimbangannya secara personal.
  • My own view of the matter is... Kalau kamu ingin memberikan pendapat berdasarkan pandangan pribadimu terhadap hal terkait, kamu bisa menggunakan ungkapan ini lho!
  • If I had my view, I would... Kalau kamu ingin memberikan pendapatmu dengan menempatkan dirimu sebagai pihak yang meminta pendapat, kamu bisa pakai ungkapan yang ini, ya.

Expressions of Asking for Opinion in Informal Situation

Squad, jangan lupa ya, jika kamu ingin menggunakan ungkapan ini, pastikan kamu memang sedang berada di situasi informal ya. Apa saja nih contoh ungkapannya? 

  • In my opinion, ... Ungkapan ini digunakan saat kamu ingin memberikan pendapat pribadimu. 
  • Not everyone will agree with me, but ... Kalau kamu ingin memberikan pendapatmu dengan asumsi bahwa mungkin ada beberapa orang yang tidak setuju dengan pendapat tersebut, silahkan gunakan ungkapan ini, ya. 
  • I think that... Kamu bisa menggunakan ungkapan ini kalau kamu ingin memberikan pendapat berdasarkan dengan pikiranmu sendiri. 
  • From my point of view, ... Ungkapan ini digunakan kalau kamu ingin memberikan pendapatmu berdasarkan sudut pandang pribadimu.
  • As for me... Kamu boleh menggunakan ungkapan ini jika pendapat yang kamu ungkapan memiliki kemungkinan pertentangan dengan pendapat-pendapat lain. 

Wah, ternyata tidak sulit ya! Mulai sekarang, yuk coba berlatih supaya kamu makin jago. Kamu mau belajar lebih lanjut atau bertanya PR Bahasa Inggris yang sulit? Kuy, tanya lewat ruanglesonline! Kamu bisa tanya ke kakak tutor yang berpengalaman cuma lewat HP-mu aja. Tinggal foto PR-nya, lalu ta-da! Kamu bakal diajarin sejelas-jelasnya sama tutor berpengalaman. Yuk, belajar bersama ruanglesonline sekarang! 

New Call-to-action

 

Beri Komentar