Berkenalan dengan Present Continuous Tense | Bahasa Inggris Kelas 8

Present Continuous Tense

Artikel Bahasa Inggris kelas VIII ini akan membahas mengenai Present Continuous Tense, termasuk rumus dan contoh kalimatnya. 

Squad, apa kabar? Eh kamu pernah nggak sih, menceritakan suatu hal ke orang lain ketika hal tersebut sedang berlangsung bersamaan dengan berlangsungnya pembicaraanmu? Pernah? Nah, ternyata dalam Bahasa Inggris, ada tenses khusus yang bisa kamu gunakan untuk menceritakan kejadian tersebut, lho. Namanya Present Continuous Tense. Apa kamu pernah mendengar nama Present Continuous Tense ini? Tense ini juga dikenal dengan nama Present Progressive Tense. Yuk, mari kita cari tahu lebih dalam dengan membaca artikel ini!

Kalimat dengan Present Continuous Tense ini dibentuk oleh auxiliary verb “be” seperti am, is, are dan diikuti oleh present participle (bentuk V1+ing). Kata kerja yang dipakai dalam tense ini biasanya adalah dynamic atau action verbs, yaitu kata kerja yang yang menyatakan aksi atau adanya pergerakan. Coba, contohnya action verbs apa saja? Yap betul banget! Contohnya antara lain walking dan running. Ada yang suka jalan-jalan santai di sini? Atau malah senang ikut lomba lari?

berjalan kaki bersama

Yuk, mulai sering berjalan kaki! (Sumber: freepik.com)

Kamu penasaran nggak nih, bagaimana cara membuat kalimat dengan Present Continuous Tense? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. cara membuat kalimat ini dibantu dengan menggunakan to be (am, is, are) dan bentuk Ving. Kalau kalimatnya positif, berarti rumus lengkapnya adalah Subject+to be (is/am/are)+Ving. Contoh kalimatnya misalnya I am walking from Monas to Bunderan HI today.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Ucapan dalam Bahasa Inggris

Kalau kalimatnya negatif, bagaimana dong? Untuk membuat kalimat negatif, rumus yang bisa kamu gunakan adalah Subject+to be (is/am/are)+not+Ving. Jadi, bentuk kalimat negatif ini contohnya adalah I am not walking from Monas to Bunderan HI today. Bentuk kalimat selanjutnya adalah kalimat tanya. Rumus yang bisa kamu gunakan untuk membuat kalimat tanya adalah To be+Subject+Ving+?, oleh karena itu contoh kalimatnya adalah Am I walking from Monas to Bunderan HI today? Supaya kamu nggak lupa, coba simak rumusnya pada gambar di bawah ini, yuk!

Present Continuous Tense

Squad, kamu memperhatikan nggak sih, ternyata Present Continuous Tense ini memiliki penanda waktu dalam setiap kalimatnya, lho. Kalau dalam contoh yang sudah disebutkan di atas, contoh penanda waktunya adalah today. Kira-kira, penanda waktu apalagi sih yang bisa digunakan? Kuy, simak gambar di bawah ini!

Present Continuous Tense

Wah, ternyata nggak susah ya, Squad! Semoga kamu bisa menjadi lebih paham setelah membaca artikel ini ya. Kamu mau belajar lebih lanjut lagi? Bingung gimana belajarnya? Yuk, belajar pakai ruanglesonline! Kamu tinggal foto soal yang sulit, upload ke aplikasinya, lalu belajar deh dengan kakak tutor yang siap ngebantu kamu! Belajar jadi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, kan? Yuk, download sekarang!

ruanglesonline

Referensi:

Prastyo, H. (2017). Tata Bahasa Inggris: Jilid Pertama. Mojokerto: Lembaga Pendidikan dan Pelatihan International English Institute of Indonesia.

Sumber Gambar:

Gambar ‘Berjalan Kaki Bersama’ [Daring]. Tautan:https://www.freepik.com/free-photo/group-friends-walking_9111652.htm#page=1&query=friends%20taking%20a%20walk&position=41 (Diakses: 1 Agustus 2018)

Nicholas Suhadi