Bahasa Inggris Kelas 8 | Fungsi dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

Fungsi dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

Artikel Bahasa Inggris kelas 8 kali ini akan membahas fungsi Simple Present Tense beserta contoh kalimatnya berdasarkan fungsi tersebut. 
--

Halo, apa kabar kalian hari ini Squad? Siapa di antara kalian yang suka belajar Bahasa Inggris? Kalian sering membuat kalimat dalam Bahasa Inggris nggak, sih? Kalau sering, pasti kalian familiar dengan yang namanya Simple Present Tense. Materi ini juga sudah pernah dibahas di kelas VII. Sudah lupa? Atau masih ingat? Yasudah, kita mulai belajar bareng-barengnya, yuk!

Kamu sudah tahu kan, rumus untuk membuat kalimat dengan Simple Present Tense? Yes, rumusnya adalah S+V1+O. Jangan lupa ya, kalau subjeknya I, You, They, We, V1-nya tidak perlu ditambahkan huruf s di belakangnya. Sedangkan kalau subjeknya He, She, atau It, V1-nya harus ditambahkan huruf s. Contohnya adalah I read a book and she cooks meal for lunch. Awas ketukar-tukar, ya!

Baca Juga: Penggunaan Simple Past Tense dalam Recount text

Setelah mengetahui rumus dan contoh kalimatnya, sekarang coba deh kamu tebak, kira-kira apa sih fungsi dari Simple Present Tense? Ternyata, fungsinya ada 5, lho! Wah, kok banyak banget, sih? Eits, jangan panik. Yuk kita coba pahami satu persatu. Dimulai dari fungsi pertama ya. Fungsi pertamanya adalah untuk menyatakan kebiasaan atau pekerjaan yang sifatnya rutin. Contoh kalimatnya adalah We go to grandmother’s house every weekend. Selain untuk menyatakan kebiasaan atau pekerjaan rutin, Simple Present Tense juga bisa digunakan untuk menyatakan perasaan (feeling). Cie, menyatakan ke siapa tuh? Hahaha menyatakan perasaan dalam konteks kalimat ini lebih dekat ke arah menunjukkan apa yang sedang dirasakan ya. Misalnya She feels sad after the funeral.

Fungsi lain dari Simple Present Tense adalah untuk menunjukkan penggunaan panca indera. Penggunaan panca indera ini juga mengindikasikan adanya general truth atau fakta umum. Contoh kalimatnya adalah Bat sees its prey in the dark. Kelelawar memang berburu di malam hari, kan? Ada yang sudah pernah lihat kelelawar?

Fungsi dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

Wah, dia bisa main bola (Sumber: giphy.com)

Fungsi keempat dari Simple Present Tense adalah untuk menyatakan kepemilikan atau kalau dalam Bahasa Inggris disebut dengan possession. Contoh kalimatnya simpel banget, Squad, misalnya My brother has 3 little dogs. Fungsi yang terakhir dari Simple Present Tense adalah untuk menunjukkan arah atau memberikan instruksi. Contoh kalimatnya antara lain adalah You go straight ahead to Mangga Street and then turn right. Hayo, diingat-ingat yaa.

Squad, setelah mengetahui fungsi dan contoh kalimatnya, kamu juga harus memahami penanda waktu yang sering digunakan pada kalimat-kalimat dengan Simple Present Tense. Ada apa saja, sih? Yuk, lihat gambar di bawah ini!

Fungsi dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

Gimana Squad? Sudah paham fungsi-fungsi dan contoh kalimat Simple Present Tense? Kalau kamu masih butuh bantuan tambahan untuk belajar materi ini, kamu nggak usah khawatir! Belajar pakai Ruangguru On-The-Go! saja, yuk. Kamu tinggal pasang USB-nya di HP-mu, lalu ta-da! Kamu bisa nonton video belajar tanpa kuota. Seru banget, kan? Yuk, dapatkan USB-nya sekarang.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts