Bahasa Inggris Kelas 8 | Mengenal Jenis-Jenis Expression of Quantity

Expression of Quantity

Artikel Bahasa Inggris kelas VIII kali ini akan membahas mengenai Expression of Quantity, baik untuk kata benda yang bisa dihitung (Countable Noun) maupun kata benda yang tidak bisa dihitung (Uncountable Noun). 
--

Squad, biasanya kalian makan snack berapa banyak sih dalam sehari? Banyak? Sedikit? Atau kalian nggak suka makan snack? Tahukah kamu, ukuran banyak atau sedikitnya sesuatu itu ada kategori tersendiri dalam Bahasa Inggris, lho. Nah, kata pembilang dalam bahasa Inggris disebut dengan Expression of Quantity. Penasaran? Yuk, kita simak bersama-sama!

Expression of Quantity

Wah, makanannya ada banyak, nih! (Sumber: Shutter Stock)

Apa sih expression of quantity itu? Expression of quantity itu merupakan kata untuk menyatakan jumlah suatu benda. Bisa digunakan juga untuk menyatakan jumlah orang atau hewan. Penggunaan Expression of Quantity ini ditentukan oleh jenis nounnya, yaitu Countable Noun atau Uncountable Noun. Wah, apa aja, nih?

Expression of Quantity

Hayo, kalau Countable Noun itu digunakan untuk benda yang bisa dihitung atau tidak bisa dihitung? Untuk benda yang bisa dihitung, ya. Kata-kata yang bisa digunakan untuk Countable Noun dalam plural ini ada banyak, lho. Kata-kata tersebut adalah many, few/a few, a large number of/a great number of, dan several. Coba kita lihat contoh penggunaannya satu persatu, ya.

Kalau kata many pasti sudah sering kamu dengar, kan? Many ini memiliki arti banyak. Kalau banyak sudah pasti lebih dari satu kan, ya. Kata yang kedua adalah few, yang memiliki arti sedikit sekali. Sedangkan a few memiliki arti ada, walaupun hanya sedikit. Ternyata agak berbeda, ya! Kata yang ketiga yaitu A large number of/A great number of. Kedua kata ini memiliki arti sejumlah besar. Jumlahnya sendiri lebih besar dibanding many, ya. Kata yang terakhir adalah several, yang memiliki arti beberapa. Jangan tertukar-tukar ya Squad! Sekarang yuk coba dilihat contohnya!

Expression of Quantity

Expression of Quantity

Sekarang lanjut ke Uncountable Noun, ya. Kalau Countable Noun ini bisa dihitung, berarti Uncountable Noun itu nggak bisa dihitung, ya? Betul sekali! Kata-kata yang bisa kamu gunakan untuk menyatakan jumlah kata benda yang termasuk ke dalam Uncountable Noun adalah much, little/a little, a large amount of/a great deal of.

Baca Juga: Apa Saja Expression of Asking and Giving Opinion dalam Bahasa Inggris?

Hayo, kalau much ini kira-kira artinya apa? Much itu artinya banyak ya. Sedangkan little/a little merupakan kebalikannya. Kalau little berarti memiliki arti sedikit sekali, sedangkan a little ini artinya ada, walaupun hanya sedikit. Jangan tertukar, ya. Kata terakhir adalah a large amount of/a great deal of yang memiliki arti banyak atau sejumlah besar. Bagaimana ya, penggunaannya? Lihat pada gambar di bawah ini, ya.

Expression of Quantity

Nah, itulah beberapa Expression of Quantity yang dapat kamu gunakan untuk menyatakan kata benda dalam bentuk plural. Tidak susah kan, Squad? Kalau kamu belum mengerti dan butuh bantuan lain untuk belajar, yuk download aplikasi ruangbelajar! Kamu bisa menonton video belajar beranimasi yang pastinya keren banget dan bisa membantu kamu belajar. Yuk, download sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts