Bahasa Inggris Kelas 8 | Penggunaan Simple Past Tense dalam Recount Text

Bahasa Inggris_8 

Artikel ini akan membahas penggunaan dan rumus Simple Past Tense di dalam recount text

---

Squad! Pernah enggak sih kamu menulis pengalamanmu di buku diary? Atau pernah enggak sih hari pertama masuk sekolah, kamu disuruh membuat cerita pengalaman ketika liburan? Wah, seru banget tuh. Tahu enggak sih kalau menulis pengalaman dalam bahasa inggris harus menggunakan simple past tense? Yap benar sekali, simple past tense dipakai pada cerita pengalaman karena merupakan kejadian masa lampau. Oleh karena itu jika kamu ingin menulis pengalaman dalam bahasa Inggris, kamu harus menggunakan simple past tense. Tapi bagaimana cara menggunakanya ya? Tenang saja Squad! Kali ini akan dibahas rumus dan contoh kalimat menggunakan simple past tense. Kuy belajar!

Emnulis Diary menggunakan Simple Past Tense

 Menulis pengalaman di buku diary menggunakan Simple Past tense (sumber: MassLiteracy.com)

Apa itu Simple Past Tense dan apa itu Recount Text?

Tadi kita sudah membahas tentang menulis pengalaman. Tahu enggak Squad, ternyata teks yang berisi pengalaman, contohnya menulis buku diary, itu termasuk ke dalam teks recount. Apa itu Recount text? Recount Text adalah teks yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman di masa lalu. Tujuannya adalah untuk menginformasikan atau menghibur pembaca. Untuk materi recount text, kamu bisa belajar lebih dalam di Mengenal Aspects of Recount Text dalam Bahasa Inggris. Dalam proses menulis recount text, kamu harus menggunakan simple past tense Squad! Terus, apa sih simple past tense?

Simple Past Tense adalah tense yang digunakan untuk membicarakan hal-hal yang terjadi atau ada sebelum sekarang. Jadi kejadiannya sudah terjadi ya, Squad. Terus apa dong perbedaanya dengan past continuous tense, kan keduanya membicarakan kejadian yang sudah lampau? Tentu beda, Squad! Perbedaannya yaitu kalo past continuous tense adalah tense yang membicarakan masa lampau yang sedang terjadi. Contohnya kamu sedang melihat foto waktu kamu masih kecil. Di foto itu kamu sedang berenang, kamu sedang berenang tapi di masa lampau. Nah kamu pakainya past continuous karena sedang dilakukan tapi di masa lampau. Kalau Simple Past Tense membicarakan kejadian yang terjadi di masa lampau sebelum sekarang atau baru saja terjadi. Contohnya yaitu: Tadi kamu makan siang dengan ibu. Seperti itu ya, Squad.

Rumus dan Contoh Kalimat Menggunakan Simple Past Tense

1. Kalimat Verbal:

Kalimat verbal adalah kalimat yang mengandung kata kerja (verb), atau dengan kata lain kalimat yang predikatnya kata kerja (verb). Jadi jika Squad ingin menulis kalimat yang memiliki kata kerja (seperti berlari, menari, menulis,dll), kamu bisa menggunakan kalimat verbal.

Rumus kalimat verbal pada Simple Past Tense

 2. Kalimat Nominal:

Kalimat nominal itu adalah kalimat yang predikatnya bukan kata kerja (non verb) atau dengan kata lain kalimat yang predikatnya berupa “to be.Nah jadi jika kamu ingin menulis kalimat yang mengandung kata sifat/ kata benda ( seperti cantik, bahagia, kecil, dll), kamu bisa menggunakan kalimat nominal.

Rumus kalimat nominal pada Simple Past Tense

Contoh Penggunaan Simple Past Tense dalam Recount Text

Last holiday my students and I went to Yogyakarta. We stayed at Morison Hotel which was not a long way from Malioboro. On Friday, we went to the sanctuaries in Prambanan. There were three major sanctuaries, the Brahmana, Syiwa and Wisnu sanctuaries. They were truly stunning. We only visited Brahmana and Syiwa sanctuaries.

Artinya:
Liburan kemarin, murid-muridku dan aku pergi ke Yogyakarta. Kita tinggal di Hotel Morison yang mana tidak jauh dari Malioboro. Pada hari Jumat, kita pergi ke tempat-temat suci di Prambanan. Ada tiga tempat perlindungan utama, tempat perlindungan Brahmana, Syiwa dan Wisnu. Mereka benar-benar menakjubkan. Kami hanya mengunjungi tempat perlindungan Brahmana dan Syiwa.

Kalimat Verbal

Last holiday  (adverb of Time) my students and I (Subjek) went (verb 2) to Yogyakarta.

Kalimat Nominal

There (Subjek) were (to be) three major sanctuaries (kata benda).

Adverb of Time di dalam Simple Past Tense

Penggunaan Simple Past Tense dalam Recount Text

Jadi begitu Squad cara menulis pengalaman atau Recount text dalam bahasa inggris. Kamu sudah paham kan? Jika kamu masih ingin belajar lebih dalam lagi atau supaya kamu tidak bosan belajar kamu bisa nonton video animasi yang keren banget di ruangbelajar. So what are you waiting for! Buruan daftar dan download aplikasi ruangguru!

ruangbelajar

 

Beri Komentar