Bahasa Inggris Kelas 9 | Macam-Macam Simple Tenses Passive Form

Created by : Embun Bening Diniari
on Aug 8, 2018 11:39:09 AM
3 min read

Macam-Macam Simple Tenses Passive Form

Artikel Bahasa Inggris kelas IX kali ini akan membahas macam-macam Simple Tenses dalam bentuk Passive Form. Selain itu, rumus dan contoh kalimat dari Simple Tenses Passive Form juga akan dibahas dalam artikel ini.
-- 

Squad, kamu tentu sudah mengenal macam-macam bentuk kalimat dalam Bahasa Inggris, kan? Kalau ingin membuat kalimat dalam Bahasa Inggris, tentu kamu harus menggunakan tenses yang sesuai. Salah satu tenses yang paling sering digunakan adalah Simple Tenses. Kalimat yang sering dibuat itu biasanya berupa kalimat aktif. Contohnya: Teddy reads book. Kalau kalimat tersebut mau diubah ke kalimat pasif, bagaimana caranya ya? Apakah jadinya books read Teddy? Wah, tentu bukan begitu bentuknya. Penasaran? Yuk, belajar bersama-sama! 

Simple Tenses Passive Form

Ada yang suka baca buku atau main-main ke perpustakaan seperti Teddy? (Sumber: Shutter Stock)

Nah, sekarang coba deh kalimat di atas kamu terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dulu. Dalam Bahasa Indonesia, Teddy reads book berarti Teddy membaca buku. Kalau kamu mau mengubah kalimat tersebut ke dalam kalimat pasif, berarti objek pada kalimat aktifnya harus diubah menjadi subjek pada kalimat pasifnya. Oleh karena itu, kalimat pasifnya menjadi buku dibaca oleh Teddy. Kalau dalam Bahasa Inggris, seperti apa, sih?

Baca Juga: Present Perfect Tense dan Fungsinya

Sebelum kamu belajar membuat kalimat pasifnya dalam Bahasa Inggris, kamu harus ingat kalau ada 3 bentuk Simple Tenses, yaitu Simple Present Tense, Simple Past Tense, dan Simple Future Tense. Coba, apa sih yang membedakan ketiga jenis Simple Tenses tersebut? Perbedaannya terletak pada keterangan waktunya ya. Kalau Simple Present Tense itu digunakan untuk menerangkan kejadian yang berlangsung di waktu sekarang. Sedangkan Simple Past Tense digunakan untuk menjelaskan kejadian yang sudah berlangsung di masa lalu. Kalau Simple Future Tense itu untuk apa? Untuk menjelaskan kejadian yang akan berlangsung di masa depan. Jangan tertukar, ya! Supaya tidak tertukar, yuk simak rumusnya pada gambar di bawah ini!

Simple Tenses Passive Form

Coba-coba, sekarang kalimat yang tadi diubah ya. Teddy reads book itu pakai Simple Present Tense ya. Kalimat pasifnya berarti menjadi Book is read by Teddy. Hore! Betul! Sekarang coba kalimat aktifnya diubah ke bentuk Simple Past Tense, ya. Kalimatnya menjadi Teddy read book, kan? Berarti bentuk kalimat pasifnya menjadi Book was read by Teddy, dong? Betul banget! Selanjutnya, coba kamu ubah kalimat aktifnya ke Simple Future Tense. Kalimat aktifnya menjadi Teddy will read book. Karena kalimatnya menggunakan Simple Future Tense, maka bentuk kalimat pasifnya adalah Book will be read by Teddy. Nggak bingung kan, Squad? Masih butuh contoh kalimat lain? Yuk, simak gambar di bawah ini!

Simple Tenses Passive Form

Mudah kan, Squad? Yuk, sering-sering latihan supaya makin jago! Supaya makin seru, belajar di Ruangguru digitalbootcamp, yuk! Kamu bisa belajar dengan teman-teman seluruh Indonesia dan dibimbing tutor standby hanya lewat group chat, lho! Kapan lagi kan bisa belajar seru banget cuma lewat group chat? Yuk, download sekarang! 

Daftar RGDB Sekarang!

Tags: konsep pelajaran kelas ix SMP bahasa inggris ix

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read