Bahasa Inggris Kelas 9 | Rumus dan Contoh Kalimat Perfect Tense Passive Form

Perfect Tense Passive Form
 
Artikel Bahasa Inggris kelas 9 ini akan membahas mengenai Perfect Tense Passive Form beserta rumus dan contoh kalimatnya. 
--

Halo Squad! How are you? Masih semangat nggak nih belajar Bahasa Inggrisnya? Setelah sebelumnya kamu sudah membahas mengenai Simple Tenses Passive Form dan Continuous Tenses Passive Form, ternyata masih ada 1 jenis kalimat pasif dalam Bahasa Inggris yang harus kamu pelajari. Wah, apa tuh? Namanya Perfect Tenses Passive Form. Sesuai dengan namanya, kalimat pasif yang akan kamu pelajari sekarang adalah kalimat pasifnya Perfect Tenses, ya. Oh iya, khusus artikel ini, kamu hanya akan belajar bentuk kalimat pasifnya Present Perfect Tense. Coba, Present Perfect Tense digunakan untuk apa? Yes, betul banget! Present Perfect Tense ini bisa kamu gunakan untuk menyatakan sesuatu yang sudah selesai dilakukan ketika pembicaraan sedang berlangsung. 

Kamu masih ingat kan, kalau subjeknya kalimat pasif ini merupakan objek dari kalimat aktif? Jangan sampai lupa ya! Supaya nggak lupa, diingat seperti ini saja: subjek kalimat pasif = objek kalimat aktif. Nah, kalau bentuk kalimat pasifnya Present Perfect Tense ini seperti apa, sih rumusnya? Rumusnya adalah O + have/has + been + V3 + by + S. Bingung nggak

Perfect Tense Passive Form

Jangan bingung ya Squad, apalagi kalau lagi ujian. (Sumber: Shutter Stock)

Hmm.. kayaknya kamu akan bingung nih kalau nggak dikasih contoh kalimatnya. Sekarang, kita buat contoh kalimatnya, ya. Misalnya, kalimat aktifnya adalah I have taken the English test. Lalu, kalimat pasifnya bagaimana, dong? Kalimat Pasifnya adalah The English test has been taken by me. Wah! Nggak susah ya, ternyata! Jadi, kalian cukup menambahkan to be dan kata been yang sudah disesuaikan di depan Verb 3. Kalau subjeknya I, You, They, We atau Plural Noun berarti kamu tambahkan have been. Kalau subjeknya He, She, It atau Singular Noun kamu tinggal tulis has been, deh. Diingat-ingat ya, supaya nggak lupa. Supaya makin paham, lihat gambar di bawah ini, yuk! 

Perfect Tense Passive Form

Gimana, nggak susah kan ternyata? Yuk, semangat belajarnya supaya jadi makin keren! Kamu butuh bantuan supaya belajarnya jadi makin seru? Yuk, belajar pakai Ruangguru On-The-Go! Kamu tinggal pasang USB-nya di HP-mu, lalu ta-da! Kamu bisa nonton video belajar bebas kuota. Belajar jadi bisa dilakukan di manapun dan kapanpun, deh. Yuk, dapatkan Ruangguru On-The-Go! sekarang. 

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts