Copy Paste Jawaban Ujian? Emangnya Masih Zaman? #STOPCOPYPASTE

Salsabila Nanda Des 11, 2020 • 4 min read


FS_-_#stopcopypaste-01

Emangnya masih jaman copy paste jawaban ujian? Kalau kamu bilang masih, tandanya kamu sedang berada di situasi darurat!

Iya, darurat kejujuran.

Aku paham kok, mungkin kamu lagi laper banget sehingga pengen buru-buru keluar kelas. Akhirnya, kamu copy paste jawaban dari ponsel yang kamu sembunyikan di bawah meja. Atau kamu takut diomelin Mama kalau nilaimu jelek, makanya kamu berusaha dapat nilai sempurna dari jawaban orang lain dan copy paste artikel di internet.

Apalagi pas sekolah online seperti sekarang. Awalnya sih cuma sekali, lama-lama jadi kebiasaan tersendiri. Bener gak?

Plagiarisme hanya memberi 1 keuntungan: nilai yang bagus. Sisanya? Nih aku kasih tau bahaya kebiasaan copy paste yang bisa kamu hindari sebelum terlambat.

 

Menghambat Kreativitas

Kebiasaan menyalin jawaban membuat kreativitas kamu semakin berkurang. Lho kok gitu? Iya, soalnya pelaku plagiarisme hanya berpacu dengan waktu tanpa memperhatikan isi.  Alhasil kamu jadi malas berpikir dan membiarkan otakmu berhenti bekerja. Padahal, kamu bisa berpikir lebih keras untuk menghasilkan jawaban yang berbeda dengan lainnya.

kreativitasKreativitas (sumber: liveplan.com)

Terlalu sering melakukan plagiarisme juga menyebabkan daya nalar menurun. Sebab, kamu tidak berlatih untuk menganalisis soal yang diberikan. Kamu hanya membaca dan menyalin jawaban orang lain. 

Gak Siap Ujian

Bagaimana jika ujian dadakan? Kamu yang senang menyalin jawaban bisa kalang kabut menghadapi deretan soal yang diberikan. Syukur-syukur kalau bisa cek jawaban di handphone, tapi memangnya kita bakal terus-terusan sekolah online?

takut ujianTakut ujian (sumber: startschoolnow.com)

Yuk, pelan-pelan berlatih memahami konsep pelajaran yang akan diujikan. Sebentar lagi kamu juga bakal menghadapi UTBK dan seleksi masuk perguruan tinggi. Katanya mau sukses, masa bergantung dengan jawaban orang lain?

Bikin Insecure

Problematika yang sering dialami manusia: insecure. Sedikit-sedikit insecure, gak pede, krisis kepercayaan diri, ragu sama kemampuan yang dimiliki. Semua ini bisa berawal dari kebiasaan plagiarisme yang masih dilakukan.

insecurePerasaan insecure (sumber: teamoneunit.com)

Plagiarisme membuat kamu berpikir kalau kamu gak mampu memberikan yang terbaik. Makanya, kamu memilih menggunakan jawaban orang lain demi memperoleh nilai sempurna. Kamu takut salah, nilai rendah, serta sulit mengutarakan opini. Padahal, jujur sama diri sendiri itu penting banget.

Nilai 0 sampai Drop Out

Ini yang paling serem, amit-amit deh. Teknologi semakin maju, beberapa situs anti plagiarisme telah digunakan oleh bapak ibu guru saat memeriksa tugas siswa. Kalau ketahuan, kamu bisa diberi sanksi berupa pengurangan nilai hingga pembatalan nilai.

Kalau gak ketahuan, gapapa dong?

drop out dari sekolahDrop out dari sekolah (sumber: psychcentral.com)

Jangan sampai kebiasaan copy paste kamu terbawa sampai ke perguruan tinggi. Biasanya, ada aturan yang menegaskan bahwa pelaku plagiarisme dikenakan sanksi yang beragam. Mulai dari pengurangan nilai, penangguhan kelulusan dan yang paling ditakuti: DO alias terpaksa berhenti kuliah. 

Masih banyak bahaya copy paste yang dapat merugikan kamu. Maka dari itu, yuk sama-sama #StopCopyPaste jawaban orang lain. Ajak temanmu untuk ikutan posting hashtag #StopCopyPaste di Instagram serta berikan opinimu tentang arti kejujuran. Jawaban yang menginspirasi berhak mendapatkan tabungan pendidikan senilai 500.000 rupiah.

Daripada plagiat, cari tahu jawabannya Roboguru aja! Itu lho, fitur terbaru dari Ruangguru. Caranya mudah kok!

  1. Buka aplikasi Ruangguru dan pilih Roboguru
  2. Upload soal tersulit versi kamu
  3. Taraaa! Roboguru langsung memberikan pembahasan beserta video pembelajaran. Gratis! 

Roboguru WhatsappSumber Gambar:

Kreativitas [Daring]. Tautan: https://www.liveplan.com/blog/4-ways-to-cultivate-workplace-creativity-a-liveplan-guide/

Insecure [Daring]. Tautan: http://www.teamoneunit.com

Takut Ujian [Daring]. Tautan: https://www.startschoolnow.org/how-to-handle-test-anxiety-as-an-adult-student/

Drop Out [Daring]. Tautan: https://psychcentral.com/news/2017/12/03/victims-of-childhood-violence-more-likely-to-drop-out-of-high-school/129470

Beri Komentar