Bangun Kesuksesan dalam Karier dengan Teknik Komunikasi yang Baik

Oktaviani Satyaningtyas

Nov 8, 2018 • 3 min read

sukses kerja


Sebagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari, komunikasi menjadi suatu aktivitas yang sering disepelekan. Padahal, melalui teknik komunikasi yang baik, Anda dapat membangun kesuksesan dalam karier dengan waktu yang relatif cepat.

Hilbram Dunar, seorang presenter, penyiar radio, motivator, dan penulis buku melalui kelas Basic Professional Skill di aplikasi ruangkerja telah memberikan cara berkomunikasi yang baik dengan memperhatikan beberapa aspek penting.

Apa saja kira-kira aspek yang dibutuhkan agar dalam berkomunikasi Anda dapat menarik perhatian lawan bicara? Berikut rangkumannya.

1. Sesuaikan gaya bicara denagn lawan bicara

komunikasi

Sesuaikan bahasa yang akan digunakan saat berkomunikasi dengan lawan bicara Anda (Sumber: Hollywoodreporter.com)

Dalam berkomunikasi, Anda tentu merasa risih jika lawan bicara menggunakan kata-kata yang kasar dan tidak sopan. Dengan menggunakan tutur kata yang tidak baik, orang lain tentu akan kehilangan respek saat berkomunikasi. Untuk itu, sebagai dasar berkomunikasi, perhatikan bahasa yang akan Anda gunakan dan lihat dengan siapa Anda berbicara. Jika tidak mengetahui pasti usia dari lawan bicara, gunakan sapaan yang sopan seperti “mbak/mas” atau “bapak/ibu” agar terkesan lebih sopan.

2. Perhatikan CLAPS

komunikasi

Vokal dan suara yang jelas serta pemilihan kata yang kuat akan membuat ucapan Anda mendapat perhatian orang lain (Sumber: britishcouncil.org)

Hilbram Dunar menjelaskan, ketika berkomunikasi sebenarnya ada 5 hal yang perlu Anda perhatikan yaitu intonasi, artikulasi, aksentuasi, kecepatan, dan power. Namun semua itu dirangkum menjadi CLAPS atau Clear, Loud, and Powerful Speaking.  

Aspek yang pertama, Clear berarti dalam berkomunikasi Anda dituntut untuk bicara dengan suara yang jelas dan ada perubahan intonasi di dalam kalimat. Saat berkomunikasi, pastikan lawan bicara memahami apa yang dikatakan dan tidak meminta Anda untuk mengulang kembali kalimat yang diucapkan. Kemudian Loud berarti Anda perlu bicara dengan suara yang terdengar jelas. Tidak perlu berteriak, yang penting lawan bicara dapat mendengar ucapan Anda dengan baik.

Terakhir, Powerful Speaking berarti Anda perlu memilih kata-kata yang tepat agar lawan bicara memberikan perhatiannya. Aspek ini sangat penting terlebih ketika Anda bicara di depan umum untuk berpidato atau presentasi. Selain itu hindari kata-kata filler seperti “yak”, “eee”, “nah” saat memulai percakapan karena hal itu akan membuat Anda memiliki jarak dengan lawan bicara. Lebih baik langsung bicara secara to the point dan tidak bertele-tele.

Baca juga: Bangun Citra Diri Baik di Kantor Baru dengan 7 Cara Ini

3. Berikan bahasa tubuh yang ramah dan terbuka

komunikasi

Hindari bahasa tubuh tidak baik saat berbicara seperti menyilangkan tangan atau tidak menatap lawan bicara (Sumber: rd.com)

Sering melihat orang yang menyilangkan tangan saat bicara dengan orang lain? Menunjukan bahasa tubuh seperti menyilangkan tangan atau menutupi tubuh dengan benda dalam berkomunikasi akan memberikan kesan angkuh serta tertutup. Untuk menjadi seorang komunikator yang baik, cobalah bicara secara terbuka. Maksudnya, gunakan bahasa tubuh yang baik, seperti menggerakan tangan saat bicara untuk memberi sinyal Anda mudah diajak bicara dan obrolan jadi lebih dinamis.

Tidak hanya itu, saat bicara jangan lupa tatap lawan bicara dan perhatikan ekspresi Anda. Bukan tanpa alasan, seseorang umumnya akan cenderung memperhatikan visual saat sedang bicara dengan orang lain. Tersenyumlah dengan tulus dan gunakan ekspresi yang sesuai dengan topik pembicaraan. Seseorang yang cenderung bicara dengan mata yang tidak fokus dan wajah datar akan membuat lawan bicara merasa tidak dihargai serta malas untuk melanjutkan obrolan.


Nah, Rekan Kerja, meskipun terlihat sepele, nyatanya dalam berkomunikasi banyak sekali hal yang harus Anda perhatikan agar komunikasi berjalan efektif dan menarik perhatian lawan bicara. Dengan menggunakan aspek-aspek di atas, jadilah komunikator agar karier Anda terus berkembang.

Penjelasan mengenai cara efektif berkomunikasi ini akan lebih menarik bila Anda saksikan langsung di aplikasi ruangkerja. Gabung kelas BAsic Professional Skill sekarang dan dapatkan sertifikatnya, Rekan Kerja! Selain memperkaya diri, Anda juga dapat memperkaya CV Anda. Selamat meningkatkan kemampuan diri Anda ya!

New call-to-action

Beri Komentar