Bangun Potensi Generasi Cerdas Melalui Seorang Ibu

Rabia Edra

Jan 24, 2019 • 4 min read

parenting


generasi cerdas

Artikel ini membahas tentang pentingnya pendidikan tinggi bagi Ibu untuk membangun generasi cerdas.

--

Menjadi seorang Ibu sebagai sosok yang harus dekat dengan sang anak, membuat harus bertanggung jawab atas tumbuh kembangnya termasuk dari sisi kecerdasan. Ibu yang pintar akan mendorong anaknya untuk memaksimalkan pola pikir agar kelak menjadi bagian dari generasi cerdas. Apalagi studi akademik oleh University of Essex dan University College London menemukan, anak yang sering menghabiskan waktu dengan Ibu mengalami peningkatan signifikan dengan kemampuan kognitif dan sosialnya. Lalu bagaimana menjadi Ibu yang dapat diteladani oleh si buah hati? Berikut bocorannya.

1. Berpendidikan Tinggi

generasi cerdas

Ibu yang tidak berhenti belajar (Sumber: usatoday.com)

Semakin tinggi pendidikan yang dienyam oleh seorang Ibu tentunya akan berimbas pada bagaimana ia mendidik anak. Ilmu yang ia dapatkan, juga akan diwariskan pada anak dan cucu agar kelak keluarganya menjadi cerdas. Buah hati akan semakin semangat mengejar standar pendidikan yang ada di lingkungan keluarga, bahkan berambisi untuk menuntut ilmu lebih tinggi lagi. Ketika anak ingin memutuskan untuk bersekolah dan berkuliah di tempat terbaik juga tidak akan mengalami pertentangan. Ia justru dibiarkan tumbuh dan mencari ilmu sebanyak dan sejauh mungkin. Orang tua tidak akan mudah merasa khawatir karena tahu dampak positif jangka panjang yang akan dirasa oleh sang buah hati. Apakah Anda sudah memulai menjadi Ibu yang seperti ini, Smart Parents?

2. Memotivasi

generasi cerdas

Ibu memotivasi anak belajar sambil mengajarkan (Sumber: sittercity.com)

Bentuk motivasi terbaik yang dapat langsung menyentuh hati anak adalah dengan mencontohkannya. Jika Ibu meminta anaknya belajar, maka temani ia saat membaca buku pelajaran atau justru membantunya dalam menjelaskan pelajaran. Bukan dengan meninggalkannya di dalam kamar, dan Ibu sibuk dengan urusan hal lain seperti bermain ponsel atau menonton televisi.

3. Anti Diktator

generasi cerdas

Bahayanya punya Ibu diktator (Sumber: healthbeginswithmom.com)

Membantu mengarahkan anak dalam membuat keputusan seperti jurusan kuliah misalnya, tentu merupakan hal yang lazim. Namun, di sini sifat Ibu tidak memaksa melainkan hanya memberi referensi atas dasar pengetahuan yang ia miliki. Sehingga, dapat mengurangi rasa kebingungan anak. Tetapi, pada dasarnya orang tua semestinya tetap bisa membebaskan keinginan anaknya. Membebaskan ia untuk menjadi apapun yang ia kehendaki dan sesuai dengan minat bakat. Maka, hal ini juga akan memperbesar rasa tanggung jawab akan masa depannya.

4. Peka pada Minat dan Bakat Anak

generasi cerdas 

Menggali potensi anak (Sumber: youtube.com)

Orang tua yang cerdas dan dekat dengan anak akan lebih peka pada minat dan bakat buah hatinya. Ketika minat dan bakat sudah mulai terlihat, yang dilakukan Ibu kemudian adalah mengembangkannya. Bisa dengan memasukkan anak ke sanggar tari, mengajaknya datang ke acara seni, ikut menjadi relawan, dan lain sebagainya. Dengan tujuan wawasan anak akan menjadi semakin terbuka dan ia memperoleh pengetahun sebanyak-banyaknya mengenai minat dan bakat yang dimiliki. Sehingga ketika sudah usia dewasa, anak tak lagi merasa ragu dalam bertindak karena jejaknya sudah ia mulai dari kecil.

5. Ibu yang Terus Berkarya

 generasi cerdas

Ibu yang tetap bekerja di rumah (Sumber: smartparenting.com.ph)

Sekalipun menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti Anda minim karya. Buktinya banyak kok Ibu yang bisa bekerja di rumah sembari mengasuh anak dengan berbisnis. Mereka membuka toko online, rumah makan, salon, penulis, arsitek, bahkan sampai konsultan. Meski tidak semuanya punya penghasilan dan jabatan layaknya kerja di kantor, namun sertidaknya Ibu tidak menghentikan usahanya untuk terus berkarya dan membantu suami dengan tulus. Hal ini seperti akan mengundang apresiasi dari anak dan tanpa disadari ia juga akan menjadi seseorang yang tidak pernah putus asa dan bekerja keras.

Maka, sekarang keputusannya ada di tangan Anda, Smart Parents. Mau gigih berusaha untuk membangun potensi cerdas bagi anak atau tetap membiarkan anak berkembang tanpa dukungan maksimal. Nah, agar mampu memfasilitasi daya pikir anak, Ruangguru menyediakan layanan video belajar dengan animasi lengkap beserta kumpulan soal dan try out untuk menghadapi setiap ujian. Eits, ada pula rapor yang akan diberikan ke orang tua untuk memantau hasil perkembangan buah hati belajar, lho

New Call-to-action

 

Beri Komentar

Recent Posts