Ruangguru Blog

    Serunya Kuliah di Negara-Negara Eropa dengan Beasiswa Erasmus Mundus

    By Ruangguru writer · Nov 28, 2016

     

    beasiswa erasmus mundus Beasiswa Erasmus Mundus. (Sumber: isigood-com)

     

    Punya cita-cita kuliah S2 di beberapa negara? Hal tersebut bukannya tidak mungkin, lho. Program Erasmus Mundus memungkinkan kamu untuk kuliah S2 di dua atau lebih negara di Eropa. Asyikya lagi, program ini memberikan beasiswa penuh untuk pendidikan dan biaya hidupmu. Mau tahu lebih banyak tentang beasiswa Erasmus Mundus? Simak selengkapnya, yuk!

    Erasmus Mundus adalah beasiswa yang ditawarkan oleh konsorsium dua atau lebih institusi pendidikan di negara-negara Eropa. Jadi, nantinya kamu akan mendalami suatu jurusan di dua universitas berbeda, bahkan bisa juga lebih dari dua. Sebetulnya, program ini memiliki dua macam tipe, yaitu  Erasmus Mundus Action 1 dan Erasmus Mundus Action 2. Setiap tahunnya, jurusan yang dibuka untuk program ini berganti-ganti. Kamu bisa cek jurusan apa saja yang menerima pelajar pada tahun ini di tautan berikut. Contoh-contoh jurusannya adalah astrophysics, big data management and analysisinnovative medicine, tourism management, rural development, dan lain-lain. Semua pelajar di seluruh dunia bisa mendaftar untuk program Erasmus Mundus.

     

    beasiswa erasmus mundus Penerima beasiswa Erasmus Mundus dari beragam negara. (Sumber: globalnation.inquirer.net)

     

    Jika kamu tertarik, kamu bisa mengikuti tahapan berikut ini untuk mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus. Pertama-tama, kamu perlu mencari tahu jurusan apa saja yang bisa kamu daftar. Pastikan kamu mempelajari semua persyaratannya ya. Biasanya jurusan-jurusan tersebut sangat spesifik sehingga kamu harus benar-benar yakin dengan jurusan pilihanmu. Setelah memilih jurusan, kamu bisa langsung mendaftar. Waktu pendaftaran untuk tiap jurusan biasanya berbeda-beda. Namun, umumnya semua jurusan menerima aplikasi di antara bulan Oktober dan bulan Januari.

    Berbeda dengan beasiswa LPDP, persaingan untuk mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus lebih ketat. Pasalnya, kamu akan bersaing dengan pelajar di seluruh dunia. Persyaratan untuk mengikuti program ini di antaranya adalah kamu harus sudah menyelesaikan studi S1, bukan merupakan warga negara Uni Eropa, dan belum pernah melakukan kegiatan utama (belajar atau bekerja) di Uni Eropa selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir.  Nah, untuk proses seleksinya sendiri, kamu harus mengumpulkan berkas-berkas yang pada umumnya diminta saat mendaftar kuliah. Selain itu, jika lolos tahap administrasi, nantinya kamu juga akan diwawancara oleh pihak konsorsium. Jadi, wawancara ini akan berlangsung dalam Bahasa Inggris melalui telepon atau video call. Persiapkan dirimu dengan sebaik-baiknya ya! Pastikan juga kamu memiliki jaringan internet yang lancar.

    Konfirmasi mengenai lolos atau tidaknya kamu untuk menerima beasiswa akan diinformasikan melalui e-mail. Kamu akan mendapatkan salah satu dari tiga konfirmasi, yaitu: main list, reserved list, atau rejected. Jika statusmu adalah rejected, berarti kamu tidak berhasil dalam proses seleksi beasiswa Erasmus Mundus. Namun, kalau kamu menerima status reserved list, maka kamu masih memiliki kesempatan untuk menerima beasiswa apabila ada kandidat dengan status main list yang mengundurkan diri. Proses seleksi untuk beasiswa ini berlangsung sekitar dua bulan.

     

    beasiswa erasmus mundus Pelajar indonesia mengikuti program Erasmus Mundus. (Sumber: scholae.co)

     

    Sudah banyak pelajar dari Indonesia yang menerima beasiswa ini. Mereka semua sangat senang ketika menjalani program Erasmus Mundus. Selain karena mereka bisa merasakan tinggal di berbagai negara dalam jangka waktu dua tahun, mereka juga memiliki lebih banyak teman. Kamu juga bisa sekaligus mempelajari berbagai bahasa dan budaya, lho. Tentunya pengalaman berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain juga akan meningkatkan kemampuanmu beradaptasi di lingkungan baru.

    Smart buddies, itu tadi informasi singkat mengenai beasiswa Erasmus Mundus. Apakah kamu tertarik untuk ikutan? Kira-kira negara apa saja yang mau kamu datangi? Utarakan pendapatmu di kolom komentar, ya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu. (AZN/TN)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru