4 Beasiswa Pemerintah yang Bisa Menyukseskan Kuliahmu

Putri Amalia Ramadhani

Oct 1, 2019 • 5 min read

Siap kuliah


Find me on:

4 Beasiswa Pemerintah yang Bisa Menyukseskan KuliahmuArtikel kali ini akan membahas tentang macam-macam beasiswa pemerintah yang bisa mensukseskan kuliahmu

--

Adakah di antara kamu yang ingin menjadi seperti sosok presiden ketiga kita BJ Habibie? Atau mungkin ada pula yang ingin menjadi astronot untuk NASA? Nah, mulai sekarang semua mimpimu itu akan semakin dekat karena saat ini pemerintah memberikan banyak sekali beasiswa pendidikan sebagai bekalmu untuk mencapai impian.

Kabar gembiranya, beasiswa yang ditawarkan pemerintah tak hanya berlaku untuk universitas dalam negeri saja lho, tetapi juga menjangkau universitas di luar negeri. Wah, asyik ‘kan? Mau tau apa saja beasiswanya? Yuk, simak beberapa rangkuman beasiswa pemerintah berikut.

1. Beasiswa DIKTI

Beasiswa DIKTI menawarkan program beasiswa S1, beasiswa S2, hingga beasiswa S3. Tunjangan yang ditawarkan dapat mencakup biaya pendidikan, biaya hidup dan biaya perjalanan. Target Beasiswa DIKTI mencakup mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Khusus beasiswa pendidikan luar negeri, hanya ditawarkan kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk setiap tahunnya. 

beasiswa pemerintah

Kemenristekdikti membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang berminat kuliah di luar negeri

(Sumber: sgu.ac.id)

Universitas luar negeri yang dipilih oleh penerima beasiswanya adalah universitas-universitas yang sudah diakui standar kualitasnya oleh lembaga DIKTI. Dengan demikian, Universitas yang dipilih adalah universitas ternama secara global dan berstandar internasional. Beberapa beasiswa yang ditawarkan oleh DIKTI yaitu Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri, Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri, dan Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul.

2. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud) menawarkan kepada masyarakat Indonesia beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tingkat S1, S2 dan S3. Selain beasiswa untuk melanjutkan pendidikan dalam negeri, beasiswa ditawarkan juga untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Salah satunya adalah program Beasiswa Masyarakat Berprestasi yang memberi kesempatan beasiswa kepada siswa berprestasi dalam menempuh pendidikan SI, S2 dan S3 di luar negeri.

Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya visa, biaya penelitian, biaya buku, biaya tunjangan kedatangan, biaya asuransi, serta biaya transportasi tujuan studi. Pendaftaran untuk program beasiswa ini dibuka dua tahun sekali.

Visi Beasiswa unggulan untuk meraih insan yang ceras dan kompetitif

(Sumber: inilahkoran.com)

Program beasiswa ke luar negeri dari Kemendikbud ditawarkan juga khusus kepada pegawai di dalam kementerian Pendidikan dan Kebudayaan demi meningkatkan kinerja dan profesional dalam lingkup Kementeriannya. Beasiswa akan meliput biaya pendidikan, biaya hidup, penelitian, biaya buku, biaya transportasi tujuan studi, tunjangan kedatangan, visa, dan biaya asuransi. Adapun, pendaftarannya dibuka dalam dua gelombang per tahun pada bulan Januari dan Juni.

3. Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau disingkat LPDP adalah lembaga di bawah Kementerian Keuangan yang rutin memberi dana beasiswa kepada siswa Indonesia yang terbaik dalam berprestasi akademik dan juga memiliki keterampilan lain seperti kepemimpinan dan sikap, tekad kuat dalam membangun negeri Indonesia.  LPDP menawarkan beasiswa pendidikan untuk jenjang S2 dan S3 di dalam dan luar negeri. Khusus untuk beasiswa Magister dan Doktoral di luar negeri, beasiswa akan dibiayai penuh oleh pemerintah Indonesia melalui LPDP. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, biaya visa, biaya tunjangan keluarga dan biaya lainnya selama siswa menempuh pendidikannya di luar negeri.

beasiswa pemerintah

Beasiswa LPDP untuk melanjutkan gelar master, spesialis, dan doktor

(Sumber: rencanamu.id)

Adapun bentuk beasiswa yang diberikan oleh LPDP kepada mahasiswa yang akan menempuh studi S2 dan S3 baik di dalam atau luar negeri adalah berupa bantuan biaya untuk mereka yang mengalami masalah biaya untuk menyelesaikan tesis atau disertasinya. Dana beasiswa akan diberikan dengan pertimbangan dana yang diajukan. Umumnya, dana beasiswa untuk penyelesaian tesis dibiayai maksimal sebesar satu tahun dan penyelesaian disertasi dibiayai maksimal 2 tahun.

4. Program Beasiswa  Santri Berprestasi (PBSB)

beasiswa pemerintah

Kemenag memberikan beasiswa untuk para santri yang berprestasi dan alumni sekolah Islam

(Sumber: ditpdpontren.kemenag.go.id)

Melansir dari ditpdpontren.kemenag.go.id, Program Beasiswa Santri Berprestasi disingkat menjadi PBSB adalah sebuah program afirmatif perluasan akses santri untuk melanjutkan studi sarjana dan profesi melalui suatu program yang terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri, serta pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri yang memenuhi syarat, sampai dengan pembinaan masa studi dan pembinaan pengabdian setelah lulus. Selain itu juga, Kemenag sudah bermitra dengan 13 Universitas yang tersebar di seluruh Indonesia lho. So, untuk kamu yang akan segera lulus dari Madrasah Aliyah atau dari pesantren, program beasiswa ini akan sangat cocok untuk menjadi jembatan kesuksesan kamu.

Setelah tahu beberapa beasiswa di atas, apakah kamu tertarik untuk mendaftar salah satu di antaranya? Jika kamu tertarik, kalian bisa lho persiapkan diri dengan mulai mencari syarat dan ketentuan apa saja yang berlaku serta mulai mempersiapkan kemampuan kalian dengan belajar di aplikasi Ruangguru melalui ruangbelajar. Ada ratusan ribu video pelajaran dan kumpulan soal untuk kamu berlatih. Semangat!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts