Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat Gratis untuk Mahasiswa Indonesia

Sofia Nur Fauziah Nov 18, 2020 • 4 min read


Global Undergraduate Exchange Program di Amerika Serikat

Mau kuliah di negeri paman sam? Yuk, wujudkan dengan beasiswa pertukaran pelajar Global Undergraduate Exchange Program.

---

Bagi sebagian pelajar Indonesia, kuliah di Amerika Serikat mungkin menjadi impian yang ingin diwujudkan. Wajar saja karena Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan yang berkualitas. Selain itu, Amerika Serikat juga diakui sebagai negara yang maju di sektor perekonomian. Wah, siapa yang tidak mau ‘kan menjadi mahasiswa di sana.

Lalu, apakah sulit apabila ingin kuliah di Amerika Serikat? Eits, belum apa-apa jangan berpikir sulit dulu ya. Tanpa disadari, hal tersebut dapat membuat kamu merasa takut untuk mencoba. Padahal, bisa jadi kamu adalah orang yang tepat untuk menjadi salah satu mahasiswa di Amerika Serikat.

Baca juga: Ikut Program Summer Courses dari DAAD untuk Asah Kemampuan Bahasa Jerman

Sudah semangat lagi ‘kan? Nah, sekarang persiapkan diri kamu untuk mendaftar beasiswa dari American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) bernama Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD). Beasiswa ini merupakan program pertukaran pelajar yang disponsori oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Penutupan pendaftaran Global UGRAD yaitu pada tanggal 31 Desember 2020. Apabila kamu tertarik, yuk cek detail informasinya berikut ini.

Cakupan Beasiswa 

  1. Biaya perjalanan internasional
  2. Biaya kuliah
  3. Asrama untuk tempat tinggal
  4. Asuransi kecelakaan/sakit
  5. Uang bulanan
  6. Biaya untuk buku

 

Persyaratan Peserta Beasiswa 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 18 tahun
  3. Terdaftar sebagai mahasiswa program sarjana (S1/D4) di Indonesia 
  4. Telah menyelesaikan minimal satu semester dan memiliki setidaknya satu atau lebih semester untuk menyelesaikan pendidikan di universitas asal setelah kembali dari program pertukaran pelajar
  5. Dapat membuktikan potensi kepemimpinan melalui prestasi akademik, keterlibatan di komunitas, dan kegiatan ekstrakurikuler
  6. Menguasai bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan dengan bukti hasil TOEFL ITP atau TOEFL Prediction minimal 500 (sertifikat berlaku kurang dari dua tahun)
  7. Berkomitmen untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program

 

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan 

  1. Dua surat rekomendasi, satu dari dosen program studi dan satu lagi dari dosen lainnya, karyawan, pelatih, atau pimpinan komunitas
  2. Fotokopi KTP
  3. Transkrip nilai terakhir dalam bahasa Inggris dan Indonesia

 

Global Undergraduate Exchange Program di Amerika Serikat

Peserta Global Undergraduate Exchange Program di University of Southtern Indiana (Sumber: facebook.com/GlobalUGRAD)

Apabila lolos seleksi Global UGRAD, kamu akan menjalankan kuliah non-gelar selama satu semester di lembaga atau universitas di Amerika Serikat yang ditugaskan oleh AMINEF. Setelah program berjalan, kamu akan mendapatkan penjelasan tentang masyarakat, budaya, dan institusi akademik Amerika Serikat. Selain itu, kamu juga diberikan kesempatan untuk bertukar tradisi dan budaya Indonesia dengan orang-orang Amerika Serikat.

Wah, menarik sekali ya programnya. Yakin deh, setelah mengikuti program ini pengetahuan dan kemampuanmu akan meningkat. Hal ini juga bisa menjadi nilai tambah ketika suatu saat nanti kamu ingin mendaftar beasiswa lain atau bersaing di dunia kerja. Oh iya, kamu bisa melihat detail informasi mengenai Global UGRAD bisa kamu klik di sini: Global Undergraduate Exchange Program.

 

Informasi dan Kontak 

Global UPGRAD website : www.worldlearning.org/ugrad

Facebook page : www.facebook.com/GlobalUGRAD

Word Learning’s interactive graphic : https://interactives.worldlearning.org/global-ugrad/

E-mail : info.scholarship@aminef.or.id

 

Prestasi akademik, keaktifan berorganisasi, kemampuan leadership, dan bahasa asing menjadi faktor yang sangat penting dalam penilaian beasiswa ke luar negeri. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Kuliah di luar negeri dengan beasiswa bisa diwujudkan apabila kamu mau berusaha dengan sungguh-sungguh. Nah, kamu juga bisa lho mengasah kemampuan bahasa asing dengan mencari guru privat berkualitas di ruangles

ruangles

Referensi:

Global Undergraduate Exchange Program [daring]. Tautan: https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/fellowships/global-undergraduate-exchange-program/ (Diakses: 16 November 2020)

Sumber foto:

Foto Peserta Global Undergraduate Exchange Program di University of Southtern Indiana [daring]. Tautan: https://www.facebook.com/GlobalUGRAD/photos/1626870357460491/ (Diakses: 16 November 2020)

Beri Komentar