Bedah Jalur Mandiri Ujian Tulis SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia) 2019

SK_-_Bedah_SIMAK_UI_2019-01

Artikel ini membedah jalur mandiri ujian tulis SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia) 2019, mulai dari materi kuliah hingga biaya pendaftarannya

--

Squad, apakah kamu punya impian untuk memakai jaket kuning yang identik dengan UI? Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, pada tahun 2019 ini UI juga membuka Jalur Mandiri S1 Reguler yang dilaksanakan melalui SIMAK UI. Sejumlah 30 persen dari total daya tampung S1 Reguler akan dipenuhi dari seleksi Jalur Mandiri S1 Reguler SIMAK UI. Selain S1 Reguler, UI juga menyelenggarakan Jalur Mandiri untuk S1 Paralel, Kelas Khusus Internasional, dan Program Vokasi yang seleksi masuknya semua melalui SIMAK UI.

Nah bagi kamu yang mau masuk UI melalui jalur SIMAK UI, langsung aja yuk disimak dengan cermat semua informasi terkait SIMAK UI  berikut ini.

Materi Seleksi SIMAK UI

Menurut website resmi SIMAK UI, materi seleksi SIMAK UI 2019 terdiri dari:

  1. Menulis Esai (mengukur kemampuan softskill)
  2. Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua jurusan
  3. Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia
  4. Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi

Untuk kamu yang memilih prodi IPA, maka materi ujiannya mencakup KD dan KA, untuk prodi IPS materi ujiannya mencakup KD dan KS, sedangkan untuk kamu yang memilih prodi IPA dan IPS sekaligus (IPC) maka materi ujiannya mencakup KD dan KA dan KS.

Baca juga: Mau Masuk UI? Ini Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2019 Selain SNMPTN

Materi seleksi SIMAK UI untuk Kelas Internasional mencakup:

  1. Prodi IPA (Natural Science): Mathematics for Natural Science, Biology, Physics, Chemistry
  2. Prodi IPS (Social Science): Basic Mathematics, Economy, Indonesian and World History, Geography, Sociology

1-3Suasana wisuda UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Biaya Pendaftaran SIMAK UI dan Program Studi yang Bisa Dipilih

  • SIMAK UI S3 dan Spesialis sebesar Rp1.300.000. Hanya dapat memilih 1 program studi.
  • SIMAK UI S2 dan Profesi sebesar Rp1.000.000. Hanya dapat memilih 1 program studi.
  • SIMAK UI S1 Ekstensi sebesar Rp600.000. Hanya dapat memilih 1 program studi.
  • SIMAK UI S1 Paralel/Vokasi sebesar Rp400.000 untuk 2 pilihan pertama kelompok ujian IPA saja atau IPS saja. Jika hanya memilih 1 prodi tetap membayar Rp400.000.
    • SIMAK UI S1 Paralel/Vokasi sebesar Rp500.000 untuk 3 pilihan pertama kelompok ujian IPA dan IPS sekaligus (IPC). Jika hanya memilih 2 prodi tetap membayar Rp500.000.
    • Setiap tambah prodi/jurusan selanjutnya dikenakan tambahan Rp60.000/prodi.
    • Ketentuan pemilihan prodi yakni S1 Reguler maksimal 3 pilihan, S1 Paralel maksimal 3 pilihan dan Vokasi maksimal 3 pilihan. Total maksimal pilihan adalah 6 program studi. Jadi dalam satu formulir, pendaftar dapat memilih beberapa prodi dari program pendidikan yang berbeda sekaligus. Prodi yang dipilih dapat berupa kelompok IPA seluruhnya, atau prodi kelompok IPS seluruhnya, atau terdiri dari beberapa prodi kelompok IPA dan prodi kelompok IPS sekaligus (biasa dikenal kelompok IPC).
  • SIMAK UI S1 Kelas Internasional sebesar Rp1.300.000 untuk 1 pilihan.
    • Pendaftar S1 Kelas Internasional hanya dapat memilih 1 program studi.
    • Jika peserta mendaftar S1 Paralel/Vokasi sekaligus mendaftar S1 Kelas Internasional, maka dalam 1 account peserta membuat 2 pendaftaran dan mendapat 2 nomer pendaftaran. Biaya pendaftaran dibayarkan ke masing-masing no.pendaftaran (sistem host to host). Panduan cara bayar dapat dilihat disini.

Ilustrasi:

  1. Memilih 6 prodi yang terdiri dari berbagai program pendidikan

a-21

B. Memilih beberapa prodi dari kelompok IPA dan IPS sekaligus

b-5

C. Memilih hanya 1 prodi

c-8

D. Mendaftar SIMAK S1 Paralel/Vokasi (D3) dan SIMAK S1 Kelas Internasional

d

57272_ui_665_374Bis kuning (Sumber: viva.co.id)

Lokasi Ujian SIMAK UI

  • Lokasi/S1 Paralel : Jakarta Pusat/Timur/Barat/Utara/Selatan, Depok (bukan di kampus UI Depok), Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makasar, Medan, Padang, Palembang.
  • S1 Kelas Internasional : Kampus UI Depok
  • S1 Ekstensi : Kampus UI Depok
  • Profesi, S2, S3 : Kampus UI Depok
  • Spesialis : Kampus UI Depok

Alamat lengkap kota lokasi ujian tertera di kartu ujian yang dapat diunduh sesuai jadwal di account masing-masing peserta. Lokasi ujian sesuai dengan pilihan kota lokasi ujian yang dipilih saat mendaftar.

Cek kembali pilihan lokasi ujian yang kamu pilih sebelum membayar. Setelah pembayaran data tidak dapat diubah.

Syarat Pendaftaran SIMAK UI

Persyaratan pendaftaran sesuai dengan jalur masuk yang dapat dilihat di website masing-masing jalur masuk pada masa pendaftaran. Secara umum persyaratan pendaftaran berdasarkan program pendidikan:

  • S1 Reguler diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat dengan usia ijazah maksimal 3 tahun pada masa pendaftaran
  • Vokasi/S1 Paralel diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat tanpa batasan usia ijazah
  • S1 Kelas Internasional diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat dengan usia ijazah maksimal 5 tahun dan memiliki sertifikat TOEFL/IELTS. Jenis TOEFL yang diakui adalah yang disertifikasi ETS (PBT/ITP skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5.
  • S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3 diperuntukkan lulusan D3, D4 atau S1 yang ditunjukkan dengan salinan (copy) ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.
  • Profesi/Spesialis/S2/S3 diperuntukkan lulusan jenjang pendidikan sebelumnya yang ditunjukkan dengan salinan (copy) ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.

Ayo, untuk kamu para pejuang SIMAK UI, persiapkan dirimu untuk bisa diterima di kampus kuning ini dengan belajar lebih giat. Kamu bisa lho memperkaya diri dengan materi-materi pelajaran mulai dari SD hingga SMA yang akan membuat #BelajarJadiMudah di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar