Belajar Angka dalam Bahasa Inggris | Bahasa Inggris Kelas 7

number

Artikel Bahasa Inggris kelas VII SMP ini menjelaskan tentang angka dalam Bahasa Inggris.

--

Hi, guys! How are you, today?

Kali ini, kita akan belajar sesuatu yang menarik banget, nih, yaitu belajar tentang angka dalam bahasa Inggris.

Kamu pasti sudah bisa menyebutkan dengan lancar berbagai macam angka dalam bahasa Indonesia, ya. Mulai dari angka-angka satuan, belasan, puluhan, ratusan, ribuan, hingga jutaan. Nah, tapi, gimana sih cara menyebut angka-angka itu dalam bahasa Inggris? Yuk, langsung aja kita simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Sebelumnya, ada yang sudah tahu, apa bahasa Inggris-nya angka? Yap, betul! Jawabannya adalah “number”. Dalam bahasa Inggris, angka atau number dibedakan menjadi dua jenis, yaitu cardinal numbers dan ordinal numbers. Nah, kita akan bahas satu per satu secara jelas tentang cardinal numbers dan ordinal numbers, ya. So, keep reading, guys!

cardinal number

Cardinal numbers merupakan angka yang digunakan untuk menerangkan jumlah sesuatu dalam bilangan bulat. Contohnya 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. Nah, cardinal numbers ini terdiri dari basic numbers (angka satuan), belasan, puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, dan seterusnya.

Kita akan belajar bagaimana cara membaca dan menulis cardinal numbers dari satuan hingga jutaan terlebih dahulu, yaaa…

a. Basic Numbers

Basic numbers bisa kita sebut juga sebagai angka satuan, dimulai dari 0 sampai 10. Untuk penulisan huruf basic numbers dalam bahasa Inggris, bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini, nih.

basic number

b. Angka Belasan

Setelah basic numbers, ada angka belasan. Angka belasan ini dimulai dari 11 sampai 19. Nah, cara penulisan hurufnya dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

 

Oke, sekarang, coba kamu perhatikan gambar di atas, deh. Dari 13 sampai 19, semua angkanya memiliki akhiran -teen, ya. Umumnya, angka belasan tersusun dari basic numbers + teen, kecuali 11 (eleven) dan 12 (twelve). Misalnya,

14

Empat belas

Fourteen

(basic number + teen)

Nah, tapi, coba deh kamu klik gambar di atas tadi. Ada beberapa catatan yang mesti kamu ingat, nih. Jadi, untuk angka 13, penulisannya itu bukan threeteen ya, melainkan thirteen. Sementara itu, untuk angka 15, penulisannya juga bukan fiveteen, melainkan fifteen. Jangan sampai lupa ya, guys!

c. Angka Puluhan

Selanjutnya, ada angka puluhan. Angka puluhan terdiri dari 20 sampai 99. Wow, banyak, ya! Tapi, kamu nggak perlu khawatir, nih. Ada pola yang bisa memudahkan kamu dalam mengingat angka-angka puluhan ini dalam bahasa Inggris.

Pertama-tama, perhatikan gambar di bawah ini dulu, yuk!

 

Nah, angka-angka puluhan di atas, diakhiri dengan akhiran -ty. Jadi, kalau dilihat, kurang lebih sama ya konsepnya dengan angka belasan, yaitu basic numbers + ty.

Sekarang, coba kamu klik gambarnya, deh. Ada beberapa catatan juga, nih. Untuk angka 20, penulisannya itu bukan twoty ya, melainkan twenty. Untuk angka 30 juga bukan threety, melainkan thirty. Untuk angka 40 bukan fourty, melainkan forty. Terakhir, untuk angka 50, penulisannya bukan fivety, melainkan fifty. Ingat-ingat, yaaa...

Lalu, bagaimana dengan penulisan angka puluhan yang diikuti dengan angka satuan dalam bahasa Inggris, nih?

Konsepnya sama seperti penyebutan angka puluhan yang diikuti satuan dalam bahasa Indonesia. Kita tinggal tulis angka puluhannya dulu, setelah itu, baru kita tulis angka satuannya. Misalnya,

26

Dua puluh enam

Twenty-six

Nah, dua puluh kan bahasa Inggris-nya "twenty", sedangkan enam bahasa Inggris-nya "six". Jadi, 26 = twenty-six. Antara angka puluhan dan satuan, kita pisahkan dengan strip (-) yang disebut hyphen.

Yuk, perhatikan contoh lain penulisan angka puluhan yang diikuti satuan pada gambar di bawah ini supaya kamu semakin paham.

penulisan angka puluhan dalam bahasa inggris

d. Angka Ratusan (Hundreds)

Sekarang, kita masuk ke angka ratusan. Angka ratusan ini, bisa disebut juga dengan hundreds karena ratusan dalam bahasa Inggris adalah “hundred”. Dimulai dari 100 sampai 999. Kamu juga bisa mengingat angka ratusan dalam bahasa Inggris dengan mudah jika sudah paham dengan konsepnya. Gimana caranya?

Gampang banget! Untuk angka-angka ratusan, seperti 100, 200, 300, sampai 900, kamu hanya tambahkan “hundred” setelah “basic number-nyaaja. Contohnya, seperti gambar di bawah ini, nih!

angka ratusan (hundreds)

Nah, untuk angka ratusan yang diikuti dengan puluhan, konsepnya sama dengan penulisan angka puluhan yang diikuti satuan, seperti yang sudah kita pelajari di poin sebelumnya. Kamu tulis terlebih dahulu angka ratusannya, kemudian baru tulis angka puluhannya. Contoh: 130.

Angka 130 kalau kita baca dalam bahasa Indonesia, berarti “seratus tiga puluh”. Terdiri dari angka ratusan, yaitu seratus (100) dan puluhan, yaitu tiga puluh (30). Jadi, kalau kita tulis hurufnya dalam bahasa inggris, 130 = one hundred and thirty. Jangan lupa untuk menggunakan kata “and” setelah ratusan sebagai penghubung antara angka ratusan dengan puluhan.

Lalu, gimana jika angka ratusan itu diikuti dengan puluhan dan satuan? Penulisannya sama aja, guys. Kamu tulis terlebih dahulu angka ratusannya, kemudian sambung dengan puluhan, dan terakhir tulis satuannya. Misalnya, seperti beberapa contoh di bawah ini.

penulisan angka ratusan dalam bahasa inggris

Gimana? Paham ya sampai sini?

e. Angka Ribuan (Thousands)

Selanjutnya, ada angka ribuan. Ribuan dalam bahasa Inggris adalah “thousand”, sehingga angka-angka ribuan bisa kita sebut juga dengan thousands. Nah, kamu perlu tahu, nih, angka ribuan terdiri dari satuan ribu, puluhan ribu, hingga ratusan ribu.

Penulisan hurufnya dalam bahasa Inggris sama seperti angka ratusan, nih. Kamu tinggal menambahkan “thousand” di akhirannya aja. Berarti, kalau satuan ribu, kamu tinggal tambahkan akhiran thousand setelah angka satuannya aja. Begitupun dengan puluhan ribu dan ratusan ribu. Contohnya, seperti gambar berikut ini.

angka ribuan (thousands)

Apakah penulisan angka ribuan yang diikuti satuan, puluhan, dan ratusan dalam bahasa Inggris itu konsepnya sama seperti poin-poin sebelumnya? Jawabannya, benaaar! Oke, supaya lebih mudah dalam memahaminya, simak gambar di bawah ini, yaaa…

penulisan angka ribuan dalam bahasa inggris

Pertama, coba kamu lihat penulisan angka ribuan yang diikuti satuan (poin a). Jadi, pola penulisannya itu, sama aja seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Misalnya, 10,001 (sepuluh ribu satu). Berarti, kita tulis terlebih dahulu angka ribuannya, baru diikuti angka satuannya. Sepuluh ribu bahasa Inggris-nya “ten thousand”, sedangkan satu bahasa Inggris-nya “one”. Jadi, 10,001 = ten thousand and one. Jangan lupa untuk menggunakan kata “and” setelah angka ribuan, ya.

Nah, penulisan angka ribuan pada poin b dan c juga sama, nih. Berarti, kita tulis terlebih dahulu angka ribuannya, lalu ratusan, kemudian puluhan dan satuannya. Tapi, coba deh kamu perhatikan kasus penulisan angka ribuan pada angka 1,995. Angka tersebut, terdiri dari angka ribuan dan ratusan yang diikuti puluhan serta satuan

Sebelumnya, kita sudah belajar kan, ketika menulis angka ratusan yang diikuti puluhan serta satuan, jangan lupa selipkan kata “and” setelah ratusannya. Nah, ketika menulis angka ribuan, kita juga selipkan kata “and” setelah ribuannya. Tapi, pada kasus ini, kata “and” cukup kita tulis sekali aja, setelah angka ratusannya. Jadi, penulisan huruf 1,995 dalam bahasa Inggris yang benar adalah “one thousand, nine hundred and ninety-five”, bukan “one thousand and nine hundred and ninety-five”. Kata “and” setelah thousand bisa kita ganti dengan tanda koma (,) aja ya, guys.

Oke, untuk mengetes seberapa paham kalian, coba klik jawaban yang tepat dari penulisan huruf dalam bahasa Inggris angka ribuan di bawah ini, ya!

 

 

f. Angka Jutaan (Millions)

Last but not least. Setelah angka ribuan, ada angka jutaan, nih. Dalam bahasa Inggris, jutaan adalah “million”. Jadi, angka-angka jutaan bisa kita sebut juga dengan millions. Ingat, millions yaaa, bukan minions. Hehehe...

Angka jutaan juga terdiri dari satuan juta, belasan juta, puluhan juta, hingga ratusan juta, nih. Penulisan angka jutaan sama ya konsepnya dengan penulisan angka ribuan dan ratusan dalam bahasa Inggris. Kamu hanya perlu menulis kata “million” di bagian akhirnya aja. Kalau angkanya satuan juta, berarti tambahkan million setelah angka satuannya. Begitu juga jika angkanya puluhan dan ratusan juta. Contohnya, seperti gambar di bawah ini.

angka jutaan (millions)

Nah, untuk penulisan angka jutaan yang diikuti dengan angka ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan, kamu bisa simak contoh gambar berikut ini ya biar lebih paham.

penulisan angka jutaan dalam bahasa inggris

Coba kamu perhatikan penulisan angka 1,500,000 dalam bahasa Inggris. Angka tersebut, hanya terdiri dari angka jutaan dan ratusan ribu aja. So, kita tulis terlebih dahulu angka jutaannya, yaitu one million, lalu diikuti dengan angka ratusan ribuannya, yaitu five hundred thousand. Jadi, 1,500,000 = one million and five hundred thousand. Setelah million, jangan lupa selipkan kata “and”, ya.    

Nah, sekarang, perhatikan penulisan angka 2,250,000. Angka tersebut, terdiri dari angka jutaan dan ratusan ribu yang diikuti dengan puluhan ribu. Ingat ya, setelah angka ratusan, kita juga selipkan kata “and”, sehingga pada penulisan 2,250,000 dalam bahasa Inggris yang benar, kata “and” cukup ditulis sekali aja, yaitu setelah angka ratusan ribuannya. Kata “and” setelah million cukup kita ganti dengan tanda koma (,).

Oke, guys, masih ingat kan kalau cardinal numbers itu digunakan untuk menyatakan jumlah sesuatu dalam bilangan bulat. Sesuatu ini bisa berupa benda atau harga suatu barang. Biasanya, digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, seperti “how many” atau “how much”, nih. Coba kamu perhatikan contoh percakapan penggunaan cardinal numbers berikut ini, yuk!

cardinal numbers dalam kalimat

Nah, setelah kamu memahami materi tentang cardinal numbers, kita lanjut ke materi berikutnya yuk, yaitu ordinal numbers. Hmm, kira-kira, apa ya bedanya ordinal numbers dengan cardinal numbers?

ordinal number

Cardinal numbers merupakan angka yang digunakan untuk menyatakan jumlah sesuatu, sedangkan ordinal numbers merupakan angka yang digunakan untuk menyatakan posisi, nih. Posisi ini bisa berupa tingkat, urutan, maupun tanggal.

Nah, untuk penulisan ordinal numbers sendiri, kita akan bahas dari nomor 1-31 aja, sesuai jumlah tanggal dalam satu bulan. Tapi, bukan berarti ordinal numbers hanya sampai angka 31 aja, ya. Untuk angka-angka selanjutnya, kamu tinggal mengikuti pola-pola sebelumnya. 

a. Ordinal Numbers (1-10)

ordinal numbers 1-10

Coba kamu perhatikan, angka 1 dalam ordinal numbers adalah first, diakhiri dengan -st, sehingga kalau kita tulis dalam bentuk angkanya adalah 1st. Angka 2 adalah second, diakhiri dengan -nd (2nd). Kemudian, angka 3 adalah third, diakhiri dengan -rd (3rd). Nah, dari angka 4-10, semua diakhiri dengan -th. Penulisan hurufnya kurang lebih sama seperti penulisan huruf pada cardinal numbers. Kamu hanya perlu tambahkan -th di bagian akhirannya aja. Tapi, untuk 5th, penulisannya adalah “fifth”, bukan “fiveth”. Sementara itu, untuk 9th, penulisannya adalah “ninth”, bukan “nineth”. Ingat-ingat, yaaa...   

b. Ordinal Numbers (11-20)

ordinal numbers 11-20

Untuk ordinal numbers dari 11-20, semuanya diakhiri dengan -th, ya. Jadi, penulisannya itu, cardinal numbers + th. Misalnya, 11 cardinal numbers-nya adalah eleven. Untuk ordinal numbers, cukup tambahkan -th di bagian akhir, menjadi eleventh. Tapi, ada sedikit catatan juga, nih. Penulisan 12th bukan “twelveth” ya, melainkan “twelfth”. Jadi, “ve”-nya diganti dengan “f”. Begitupun dengan 20th. Penulisannya yang benar adalah “twentieth”, bukan “twentyth”. Kita ganti “y” dengan “ie”. Paham ya, guys?   

c. Ordinal Numbers (21-31)

ordinal numbers 21-31

Nah, untuk ordinal numbers pada puluhan yang diikuti satuan, pola penulisannya adalah cardinal number + ordinal number. Jadi, angka puluhannya kita tulis dalam bentuk cardinal number dan angka satuannya kita tulis dalam bentuk ordinal number

Misalnya, 21, nih. Angka puluhannya adalah 20 (dua puluh). Cardinal numbers-nya adalah “twenty”. Sementara itu, angka satuannya adalah 1 (satu). Ordinal number-nya adalah “first”. Jadi, penulisan 21 dalam ordinal numbers adalah “twenty-first” (21st). Jangan lupa untuk selipkan hyphen (-) di antara cardinal dengan ordinalnya, ya.   

Nah, untuk 30, penulisannya dalam ordinal number sama seperti 20, nih. Penulisan 30 yang benar adalah “thirtieth”, bukan “thirtyth”. Ingat ya, kita ganti “y” dengan “ie”.

Lalu, bagaimana dengan angka-angka ordinal yang lainnya? Polanya sama aja. Untuk puluhan, penulisannya itu cardinal numbers + th. Tapi, kita harus mengganti “y” dengan “ie”. Sementara itu, untuk puluhan yang diikuti dengan satuan, penulisannya itu cardinal number + ordinal number. Cardinal number untuk angka puluhannya, ordinal number untuk angka satuannya. 

Oke, supaya kamu lebih paham, coba klik penulisan ordinal numbers yang tepat pada soal di bawah ini, deh!

 

Mudah, kan?

Sekarang, kita simak yuk contoh-contoh penggunaan ordinal numbers dalam sebuah kalimat pada gambar berikut ini.

ordinal number dalam kalimat

Gimana? Sekarang kamu sudah bisa kan membaca dan menulis angka-angka atau numbers dalam bahasa Inggris? Kamu juga sudah tahu nih kalau dalam bahasa Inggris, angka dibedakan menjadi dua jenis, yaitu cardinal dan ordinal numbers. Yuk, asah kemampuan pemahaman kamu terkait materi ini dengan mengerjakan latihan soal-soal di ruangbelajar!

New Call-to-action

Sumber foto:

Still dreaming animated background for playbuzz asset. [Daring] Tautan: https://ericaofanderson.tumblr.com/post/176304219555/still-dreaming-you-can-get-this-gif-as-a-looping

A soft baby blue and pink geometric texture animated background for playbuzz asset. [Daring] Tautan: http://bit.ly/2AJ7ZKE

Beri Komentar