Belajar Bahasa Inggris Gratis di Yayasan Pendidikan Internasional untuk Pelajar dan Mahasiswa

Sofia Nur Fauziah Nov 10, 2020 • 4 min read


english microscholarship program 2020

Mau belajar bahasa Inggris gratis? Yuk simak informasi tentang English Access Microscholarship Program 2020.

---

Di era globalisasi seperti sekarang, belajar bahasa Inggris banyak dilakukan masyarakat dari berbagai penjuru dunia. Sebagai bahasa Internasional, menguasai bahasa Inggris merupakan hal yang sangat bermanfaat. Selain untuk menambah wawasan, kamu juga bisa lebih mudah untuk belajar ke luar negeri, memperluas kesempatan berkarir, serta menambah relasi. 

Sudah terbayang ‘kan pentingnya belajar bahasa Inggris? Nah, apabila kamu ingin menguasai bahasa Inggris, tentunya tidak bisa instan ya. Butuh fokus yang tinggi agar hasilnya lebih maksimal. 

Lalu, bagaimana sih caranya agar bisa fokus? Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti kursus/pelatihan yang banyak disediakan oleh berbagai lembaga. Tenang, kamu tidak perlu bingung untuk menentukan tempat belajar bahasa Inggris. Indonesia International Education Foundation (IIEF) sedang membuka beasiswa belajar bahasa Inggris bernama English Access Microscholarship Program atau biasa disebut dengan Access.

Baca juga: Beasiswa PPI untuk Pelajar dan Mahasiswa, Tanpa Syarat Minimal Nilai Rapor/IPK

IIEF merupakan yayasan non-profit yang rutin menyelenggarakan Access setiap tahunnya. Access merupakan program beasiswa yang disponsori oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat melalui Regional English Language Office (RELO). Program ini ditujukan untuk pelajar SMA dan mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggrisnya. Wah, bagaimana cara daftarnya? Cek detail informasinya berikut.

Cakupan Beasiswa

  1. Belajar bahasa Inggris
  2. Wawasan budaya Amerika
  3. Pelatihan kepemimpinan 

 

Persyaratan Beasiswa 

1. Kelas SMA/Sederajat
  • Siswa kelas X SMA Negeri/Swasta Madrasah Aliyah Negeri/Swasta atau Pesantren
  • Rata-rata nilai rapor semester akhir minimal 7
2. Kelas Universitas
  • Mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris/Sastra Inggris dari  Perguruan Tinggi Negeri/Swasta

3. Peserta berusia 16 - 20 tahun

4. Memiliki potensi kepemimpinan dan motivasi belajar tinggi

5. Menunjukkan Surat Keterangan Kurang Mampu

6. Bersedia mengikuti program selama 2 tahun

 

Lokasi Access Indonesia 2020 - 2022 

1. Kelas SMA
  • Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah
  • Surabaya : Universitas Negeri Surabaya
  • Medan : Universitas Sumatera Utara
2. Kelas Universitas
  • Malang : Universitas Negeri Malang
  • Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia

Peserta Access IndonesiaPeserta Access Indonesia (Sumber : iief.or.id

Access telah diselenggarakan sejak tahun 2004. Sebagai program internasional, Access telah diikuti 110.000 peserta di lebih dari 80 negara. Kalau di Indonesia, Access dilaksanakan di berbagai kota setiap tahunnya. Pada periode 2020 - 2022, Access akan dilaksanakan di 5 kota, yaitu DKI Jakarta, Medan (Sumatera Utara), dan Surabaya (Jawa Timur) untuk kelas SMA, dan DI Yogyakarta dan Malang (Jawa Timur) untuk kelas universitas.

Melalui program ini, diharapkan peserta akan memiliki bekal untuk mendapatkan pekerjaan impian, kesempatan melanjutkan pendidikan, serta memiliki kemampuan untuk berpartisipasi dan bersaing pada program pertukaran dan studi di Amerika Serikat. Wah, ternyata program ini prospektif sekali ya. Siapa yang semakin bersemangat untuk mendaftar? Kamu bisa mengetahui informasi lebih detail mengenai English Access Microscholarship Program 2020 pada laman resminya, yaitu http://www.iief.or.id/english-access-microscholarship-program. 

 

Informasi Kontak 

E-mail: accessindonesia@iief.or.id

Instagram: Accessindonesia

Facebook: Access Indonesia

Link pendaftaran: http://www.iief.or.id/joinaccessnow

 

Pendaftaran Access Indonesia akan ditutup pada 15 November 2020. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ini ya. Oh iya, program ini memiliki banyak peminat dari Sabang sampai Merauke. Hanya siswa berprestasi yang akan terpilih untuk belajar bahasa Inggris di IIEF. Sebelum mengikuti proses seleksi, kamu bisa lho mempertajam kemampuan bahasa Inggris melalui ruanglesonline. 

pembahasan soal

Referensi

English Access Microscholarship Program. 26 Oktober 2020 [daring]. Tautan: http://www.iief.or.id/english-access-microscholarship-program (Diakses: 9 November 2020)

Sumber foto

Foto Peserta Access Indonesia [daring]. Tautan: http://www.iief.or.id/wp-content/uploads/2018/10/access-1.jpg (Diakses: 9 November 2020)

Beri Komentar