Biologi Kelas 12 | Belajar Cara Kerja Enzim dari Kisah Cinta ABG

Created by : Kresnoadi
on Jun 13, 2018 2:31:03 PM
4 min read

Biologi_12

Ketika baca judul di atas, mungkin kamu bingung. Apa hubungannya antara cara kerja enzim yang ada di dalam tubuh kita dengan kisah cinta ABG? Ya, ilmu pengetahuan memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari.

Sebagai manusia normal, kita pasti akan merasakan naksir. Atau jatuh cinta. Atau bahasa kampungnya… ngeceng. Ingat ya, ngeceng. Jangan salah huruf. Nanti jadi… ngacung.

Biasanya, ada dua tipe orang yang naksir dan berhasil jadian:

Tipe pertama adalah yang langsung merasa kalau dia adalah “the one”. Dia lah sosok yang selama ini kamu cari. Seseorang yang bisa mengisi kekurangan kamu. Dan kekurangannya pun bisa kamu tutupi.

Pokoknya, kamu berdua adalah pasangan serasi yang langsung nyambung satu sama lain. Ibarat dia gembok, kamu adalah kuncinya. Dia bunga, kamu kumbang. Dia belalang, kamu sembah. Yah, pokoknya gitu deh…

Nah, hal ini sesuai dengan teori Lock and Key tentang cara kerja enzim yang dipaparkan oleh Emil Fischer.

 

Seperti yang kita ketahui, enzim punya sifat-sifat yang khas dan unik. Cara kerja enzim ini, sama seperti sepasang sejoli manusia yang sudah klop banget. Kayak nggak ada effort untuk bikin hubungan yang harmonis. Tipikal pasangan yang saat foto berdua di-upload di socmed, komentar netizen adalah emoji pakai mata love, lengkap dengan komentar, ‘Sweeet!’

Baca juga: Apa Saja Komponen Enzim?

Dalam teori lock and key, enzim punya sisi aktif yang spesifik dalam mengikat substratnya. Jadi, kalau bentuk substratnya nggak cocok sama sisi aktif enzim, ya mereka nggak akan bisa “masuk”. Tidak akan menghasilkan kompleks enzim-substrat dari hasil pasangan ini.

cara-kerja-enzim-lock-and-key

Teori lock and Key Emil Fischer (sumber: Ruangguru)

 

Kalau dipikir-pikir, seru juga ya kalau konsep ini terjadi di manusia. Cowok dan cewek punya semacam bentuk fisik khas di jidat, misalnya. Jadi, kalau mau tahu apakah dia itu jodoh kita, tinggal jedotin aja jidat kita ke kepala dia. Kalo masuk dan muat, berarti benar. Kalau salah, paling digampar dan benjol dikit…

faktor yang memengaruhi cara kerja enzim

Oke, itu adalah teori pertama. Tipe kedua, adalah hubungan yang berawal dari salah satu pihak. Kamu pasti tahu cerita ini: cowok melihat cewek dari kejauhan, lalu naksir, berusaha PDKT, lalu akhirnya, setelah berbagai pengorbanan yang dia berikan, mereka akhirnya resmi jadian.

Berbeda dengan pasangan pertama yang dari awal sudah “klop”, pasangan tipe ini sedikit berbeda. Mungkin sifat keduanya berbenturan. Bisa jadi si cowok teledor dan lamban, sementara si cewek tidak sabaran. Tapi, salah satu dari mereka “berusaha mengubah” diri agar sesuai dengan pasangannya. Si cowok yang sebelumnya teledor dan lamban, berusaha jadi sosok yang cewek ini inginkan. Dia mencatat segala keperluannya, dia bangun lebih pagi supaya aktivitasnya selesai lebih cepat dan si cewek tidak ngomel terus.

Hal ini, sesuai dengan cara kerja enzim yang dinamakan induced fit (ketepatan induksi) oleh Daniel Koshland.

 

Daniel Koshland berpendapat kalau enzim akan bekerja dengan “mengubah” sisi aktif enzim mengikuti bentuk dari substrat. Sama seperti hubungan tadi, bentuk awal sisi aktif enzim dan substrat bisa saja berbeda. Tapi, si enzim akan berusaha menyesuaikan diri agar mereka menjadi pasangan yang cocok dan menghasilkan kompleks-enzim substrat.

cara-kerja-enzim-induced-fit

Teori induced fit menurut Daniel Koshland (sumber: Ruangguru)

 

Gimana, Squad. Ternyata, cara kerja enzim ini mirip dengan kisah cinta abg ya. Hayo, teori mana yang sesuai dengan kisah cinta kamu? Kalau kamu mau memelajari materi pelajaran di sekolah dengan menarik seperti ini, tonton aja video pembelajaran beranimasi di ruangbelajar!

ruangbelajar

 

Tags: konsep pelajaran SMA kelas xii Biologi XII

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read