Belajar Jadi Mudah dengan ruangbelajar untuk SD

Created by : Chairunnisya Tisa
on Apr 3, 2018 10:00:00 AM
5 min read

Apakah para orang tua sudah tahu bahwa sekarang ruangbelajar tersedia juga untuk jenjang SD? Yap, betul sekali, sekarang ruangbelajar sudah lebih lengkap dan bisa digunakan untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA, bahkan untuk kalangan umum juga ada, lho.  Sehingga orang tua bisa memberikan akses belajar pada anak-anak melalui video animasi yang menarik. Nah, sebelum itu, tentu penasaran 'kan bagaimana cara menggunakan ruangbelajar untuk siswa SD? Mari kita simak penjelasannya berikut ini!

Registrasi

ruangbelajar untuk SD

Pertama, hal yang perlu dilakukan tentu saja mengunduh aplikasi Ruangguru pada smartphone melalui PlayStore atau AppStore. Setelah itu, orang tua perlu melakukan registrasi dengan memasukkan data-data anak yang diperlukan. Jika sudah selesai mengisi data anak dengan lengkap, selanjutnya akan muncul halaman untuk memasukkan nama serta nomor HP orang tua. 

Pilih Jenjang

ruangbelajar untuk SD

Setelah selesai melakukan registrasi, sekarang saatnya menggunakan aplikasi Ruangguru. Pada aplikasi Ruangguru terdapat beberapa pilihan produk, yaitu ruangbelajar, Ruangguru digitalbootcamp, ruangles, ruanglesonline, dan ruanguji. Nah, pilihlah ruangbelajar yang terletak di sebelah kiri atas untuk memulai. ruangbelajar untuk SD tersedia untuk kelas 1 sampai kelas 6 yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak. Kurikulum untuk kelas 1, 2 dan 3 adalah K13 Revisi. Sedangkan untuk kelas 4,5,6 tersedia kurikulum KTSP, K13, dan K13 Revisi.

Pilih Mata Pelajaran

ruangbelajar untuk SD

Pada ruangbelajar untuk SD ini, mata pelajaran yang disediakan adalah semua mata pelajaran yang akan diujikan pada Ujian Nasional SD. Apa saja ya mata pelajarannya? Untuk kelas 1, 2, dan 3 mata pelajaran yang tersedia adalah bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA Terpadu. Sedangkan mata pelajaran untuk kelas 4, 5, dan 6 adalah bahasa Indonesia, Matematika, IPA Terpadu, bahasa Inggris, IPS Terpadu, dan RG Inspire.

ruangbelajar untuk SD

Pada setiap mata pelajaran terdapat topik dan misi yang harus diselesaikan. Seperti pada gambar di atas, untuk mata pelajaran IPA Terpadu kelas V KTSP, anak-anak bisa mempelajari 10 topik dengan 27 misi. Hal ini tentu memudahkan orang tua untuk membimbing anak memahami setiap topik pelajaran yang ada.

Tonton Video Pelajaran dan Selesaikan Kuis 

ruangbelajar untuk SD

Nina, Master Teacher IPA menjelaskan Organ Pernapasan Manusia (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di ruangbelajar terdapat misi yang harus diselesaikan untuk setiap topiknya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menonton video pelajaran beranimasi yang sangat seru dan menarik. Jadi, tidak bosan hanya melihat guru (Master Teacher) menjelaskan materi saja, di ruangbelajar ini juga dilengkapi dengan animasi untuk memudahkan siswa memahami topik yang sedang dijelaskan. Seperti contoh gambar di atas, salah satu Master Teacher untuk mata pelajaran IPA sedang menjelaskan organ pernapasan manusia, dan di sampingnya langsung muncul gambar terkait organ pernapasan agar murid dapat langsung membayangkan seperti apa sih organ pernapasan manusia itu.

ruangbelajar untuk SD

Setelah menonton video pelajaran tersebut, anak-anak diberi kuis untuk menguji pemahaman mereka. Setiap kuis dilengkapi pembahasan, sehingga anak-anak bisa lebih paham. Jadi tidak perlu khawatir akan kebingungan jika salah menjawab soal, karena bisa langsung belajar melalui pembahasan yang diberikan. Setelah itu, akan ada pemberitahuan misi selesai saat sudah mengerjakan semua latihan soal dan kuis akhir. 

Rangkuman Pelajaran

ruangbelajar untuk SD

Agar materi dapat diingat dengan mudah, di ruangbelajar juga tersedia rangkuman berbentuk infografis yang bisa di-download. Sehingga anak-anak dapat mengulang kembali topik yang telah diselesaikan melalui rangkuman tersebut.

Terdapat Fitur "Rapor"

ruangbelajar untuk SD

Tampilan rapor anak. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Tidak hanya bisa melihat jawaban benar atau salah setelah mengerjakan latihan soal, orang tua juga bisa melihat rapor anak secara langsung. Terdapat nilai anak secara keseluruhan maupun nilai untuk setiap mata pelajaran. Pada rapor per mata pelajaran, anak-anak akan diberi rekomendasi misi atau topik apa saja yang perlu dikerjakan untuk meningkatkan  prestasi anak.

 Berlangganan ruangbelajar

 ruangbelajar untuk SD

Pilihan paket berlangganan ruangbelajar untuk SD. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Untuk berlangganan dan mengakses seluruh video yang ada di ruangbelajar ini orang tua harus memilih beberapa pilihan paket yaitu, paket 1.5 tahun, paket 1 semester, paket 2 bulan, dan paket 1 bulan. Orang tua bisa menyesuaikan lamanya berlangganan sesuai kebutuhan anak.

Melalui ruangbelajar, orang tua bisa memberi kesempatan anak untuk belajar sendiri. Selain itu, produk ini juga akan mempermudah orang tua ketika membimbing anak belajar di rumah. Karena dengan ruangbelajar, #BelajarJadiMudah!

New Call-to-action

Tags: press release

Tulis Komentarmu

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read