Belajar Memasak di Jurusan Teknik? Masuk aja Jurusan Teknik Metalurgi

Shabrina Alfari

Mar 20, 2019 • 3 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


 jurusan metalurgi

Artikel ini membahas tentang seluk-beluk jurusan metalurgi, termasuk mata kuliah dan prospek kerjanya

--

Squad, mau masuk jurusan teknik dengan lingkup belajar yang luas? Kamu bisa memilih Teknik Metalurgi, lho. Jurusan teknik memang masih menjadi favorit para calon mahasiswa IPA. Untuk kamu yang ingin memilih jurusan teknik, ada satu jurusan yang mungkin belum terlalu terkenal tetapi mempunyai prospek kerja yang menjanjikan, yaitu Teknik Metalurgi.

Well, kenyataannya memang pengetahuan umum mengenai Teknik Metalurgi masih sangat terbatas di Indonesia. Jadi, sebenarnya belajar apa sih jurusan Teknik Metalurgi? Teknik Metalurgi mempelajari sifat-sifat kimia yang terkandung di dalam logam. Dari kandungan kimia tersebut, kamu akan memahami fungsi masing-masing logam untuk kehidupan sehari-hari. Walaupun program studi ini kalah populer dibandingkan dengan Teknik Sipil, Teknik Industri, atau Perminyakan, para insinyur atau lulusan Teknik Metalurgi sangat dibutuhkan saat ini lho.

Apa saja yang dipelajari di jurusan Teknik Metalurgi?

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini antara lain:

  • Operasi Teknik Metalurgi
  • Kristal & Mineral
  • Kinetika Metalurgi
  • Pemanfaatan Mineral Industri
  • Konsentrasi Flotasi
  • Hidro-elektrometalurgi
  • Ternodinamika Metalurgi
  • Kekuatan Material
  • Perhitungan Metalurgi Proses
  • Pirometalurgi
  • dan sebagainya

Squad, selain akan mempelajari mata kuliah di atas, kamu juga harus mempunyai minat dalam pelajaran matematika, fisika, dan kimia, yang merupakan dasar dari Ilmu Metalurgi. Menurut kak Iqbal, lulusan S1 Teknik Metalurgi ITB, jurusan Teknik Metalurgi merupakan satu-satunya jurusan yang sarat akan kimia, fisika, dan matematika di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM).

“Dosen aku menggambarkan Teknik Metalurgi itu seperti ilmu ‘memasak’. Kita harus bisa mengatur suhu tanur, tekanan gas/udara, dan mengerti ‘resep’ dan ‘takarannya’ ketika mau ‘masak’ biji logam jadi logam. Nggak cuma itu, kita juga diajarin merancang pabriknya dengan mempertimbangkan aspek teknik dan ekonomi,” jelas kak Iqbal.

Metalurgi juga akan melibatkan banyak riset dan penelitian beserta kegiatan praktik. Maka, di luar jam pelajaran pun kamu akan disibukkan dengan penulisan laporan, pengumpulan data untuk analisa, dan lainnya. Untuk itu, kamu harus mempunyai tingkat ketelitian serta daya analisa yang tinggi saat berkuliah di jurusan ini.

“Ilmu Metalurgi itu luas dan cukup beririsan dengan beberapa ilmu teknik lainnya seperti teknik pertambangan, teknik kimia, teknik material, dan teknik mesin,” tambah kak Iqbal.

jurusan metalurgiTeknik Metalurgi (Sumber: edukasi.kompas.com)

Bagaimana prospek kerja jurusan Teknik Metalurgi?

Para lulusan dari jurusan Teknik Metalurgi mempunyai sektor karier yang cukup luas. “Karena rentang ilmunya yang luas mencakup dari industri hulu ke hilir itu, prospek Teknik Metalurgi juga luas. Bisa di perusahaan pertambangan logam dan batu bara, pabrik ekstraksi logam, pabrik semen, perusahaan migas, manufaktur otomotif/pesawat, perusahaan konstruksi, dan perusahaan yang menggunakan logam lainnya. Minornya sih juga bisa jadi dosen, kerja di bank, atau wiraswasta,” ungkap kak Iqbal.

Kak Iqbal juga menambahkan, dengan adanya UU. No. 4 tahun 2009 yang melarang perusahaan pertambangan untuk mengeskpor biji logam yang belum diolah atau diekstrak membuat Metallurgical Engineer atau lulusan-lulusan Teknik Metalurgi semakin banyak dibutuhkan di Indonesia saat ini. Keren banget ‘kan Squad memiliki keahlian yang dibutuhkan seperti ini?

Sarjana Teknik Metalurgi juga dapat mengikuti sertifikasi profesi, seperti Welding Inspector (WI), Welding Engineer (WE), Coating Inspector, atau Corrosion Inspector. Tujuan dari sertifikasi ini adalah untuk mendapatkan keahlian khusus pada satu bidang tertentu. Dengan begitu, keahlian kamu pun bisa lebih dibutuhkan di dunia kerja. Di Inggris, para insinyur metalurgi bisa mendapatkan gaji pemula sekitar £20,000- £25,000 per tahunnya. Wah, menarik banget ya!

Gimana Squad, apakah kamu jadi semakin mantap untuk memilih jurusan Teknik Metalurgi? Apa pun itu jurusan yang kamu pilih, jalani dengan kemauan dan ketekunan. Selain itu yang paling penting adalah kamu menyukai bidang yang kamu pilih. So, terus semangat dan jangan pernah menyerah untuk menggapai cita-citamu masuk ke universitas atau jurusan impian bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts