Belajar Mencari Solusi Permasalahan lewat Program Studi Bimbingan Konseling

Olivia Yunita Jul 17, 2020 • 3 min read


Pojok_Kampus_-_Belajar_Mencari_Solusi_Permasalahan_lewat_Program_Studi_Bimbingan_Konseling-01

Artikel ini membahas tentang program studi Bimbingan Konseling dan prospek kerjanya

--

Kamu pasti pernah dong curhat atau bahkan dijadikan tempat curhat. Namun, sudahkah kamu menjadi pendengar yang baik? Sebenarnya kamu hanya perlu fokus mendengarkan saat mereka bercerita, lho. Tunjukkan kalau kamu peduli dan bisa dijadikan tempat curhat ya, meskipun terkadang mencari solusi dari masalah nyatanya nggak semudah teori sih.

Baca juga: Kenapa Jurusan Psikologi Selalu Ramai Peminat? Belajar Apa Sih?

Nah, buat kamu yang ingin belajar memahami orang lain dengan menjadi pendengar yang baik atau bahkan mencari solusi atas permasalahan mereka, kamu bisa banget nih masuk program studi Bimbingan Konseling. Memangnya apa yang dipelajari? Yuk, baca artikel ini sampai habis.

Secara umum, di program studi ini kamu akan belajar beberapa hal mulai dari ilmu pendidikan, ilmu psikologi, teori dan teknik konseling, dan teknik pemahaman individu. Hmmm…Lalu seperti apa gambaran dari keempat bidang ilmu itu? Simak penjelasan berikut ya.

  1. Ilmu pendidikan. Menjadi dasar dalam melakukan bimbingan pada bidang pendidikan. Kamu akan belajar mengenai psikologi pendidikan, kurikulum dan pembelajaran, manajemen pendidikan, sosioantropologi pendidikan, dan penelitian pendidikan.
  2. Ilmu psikologi. Bimbingan Konseling merupakan cabang dari ilmu psikologi sehingga kamu akan dibekali materi yang berkaitan dengan psikologi tingkah laku, komunikasi antar pribadi, dan psikologi perkembangan
  3. Teori dan teknik konseling. Kamu akan belajar tentang bagaimana memahami dan membantu individu (klien) dalam menyelesaikan permasalahannya.
  4. Teknik pemahaman individu. Mempelajari bagaimana menggunakan alat yang digunakan dalam konseling misalnya wawancara, tes psikologis, dan observasi. Mata kuliah yang berkaitan dengan bidang ini adalah analisis data non parametrik, assessment test, dan statistika.

Pojok_KamBelajar Mencari Solusi Permasalahan lewat Program Studi Bimbingan Konseling

Untuk mengasah kemampuan diri, di program studi Bimbingan dan Konseling kamu juga akan dibekali mata kuliah praktikum seperti praktikum Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Asesmen Individu Teknik Tes dan Non Tes, Mikro Konseling, dan Konseling Individual.

Belajar Mencari Solusi Permasalahan lewat Program Studi Bimbingan Konseling

Mahasiswa yang sedang melakukan mikro konseling (Sumber: tfc.edu)

Prospek Kerja Program Studi Bimbingan dan Konseling

Setelah lulus dari program studi ini, kamu bisa bekerja sebagai guru BK ditingkat SMP atau SMA, Pengelola Layanan Bimbingan di TK, SD, SMK, Lembaga Pendidikan Luar Biasa, bahkan Perguruan Tinggi, serta kamu juga bisa jadi Konsultan Pengembang SDM, lho.

Belajar Mencari Solusi Permasalahan lewat Program Studi Bimbingan Konseling

Seorang Konselor melakukan bimbingan dan konseling (Sumber: samaritan-counseling.com)

Lulusan program studi ini yang sudah menempuh program Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling dapat bekerja sebagai Konselor di bidang pendidikan formal maupun non formal, misalnya dengan membuka lembaga konseling sendiri.

Belajar Mencari Solusi Permasalahan lewat Program Studi Bimbingan KonselingLembaga jasa konseling (Sumber: deepapsikologi.com)

Nah, itu tadi gambaran mengenai program studi Bimbingan dan Konseling. Dengan masuk ke program studi ini, harapannya kamu dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Tertarik memilih program studi ini? Yuk, persiapkan diri kamu dengan latihan soal di ruangbelajar

New Call-to-action

Beri Komentar