Ekonomi Kelas 11 | Ternyata Ini Sumber Dana Perbaikan Jalan di Sebuah Daerah

Apa yang dimaksud dengan belanja daerah

Artikel Ekonomi kelas XI kali ini akan membahas tentang sumber dana perbaikan jalan di sebuah daerah, yakni termasuk ke dalam jenis belanja daerah.

--

Coba kamu inget-inget lagi di akhir tahun 2018 kemarin. Apakah kamu pernah melihat jalan yang sedang diperbaiki? Ciri-cirinya itu jalannya dibuat beralur, sehingga aspalnya tidak rata. Kalau kamu pernah melewati jalan tersebut dengan menaiki sepeda motor, rasanya seperti tidak stabil kan, Squad? Jalan pelan salah, ngebut bikin celaka.

Biasanya ada beberapa ruas jalan yang dilakukan perbaikan oleh pemerintah daerah menjelang tahun baru. Yaps, selain untuk memperlancar mobilitas masyarakat yang akan menyambut liburan sekolah, ternyata perbaikan jalan itu juga salah satu bentuk belanja daerah, lho. Perlu kamu ingat Squad, beda lho ya antara belanja negara, belanja daerah, atau bahkan belanja bulanan.

meme belanja mahal

Kembali ke persoalan perbaikan jalan ya Squad.

Tentunya pemerintah daerah yang bersangkutan punya hitung-hitungan tersendiri terkait pelaksanaan perbaikan jalan ini. Nggak main asal perbaiki aja. Pelaksanaan perbaikan jalan ini harus didasari musyawarah antara pihak terkait seperti BinaMarga Dinas Pekerjaan Umum dan pemerintah daerah. Biasanya, perbaikan jalan itu dilakukan bertahap berdasarkan usulan dari kewilayahan daerah tersebut.

berapa anggaran peningkatan jalan di bandung

Kamu nggak perlu heran dengan jumlah alokasi dana Pemerintah Kabupaten Bandung untuk melakukan perbaikan jalan, Squad. Sudah disebutkan di atas bahwa jumlah sebesar itu sudah masuk dalam belanja daerah. Nah, ngomong-ngomong soal belanja daerah yang menjadi sumber dana perbaikan jalan, ternyata masuk ke dalam jenis belanja langsung lho

Kalau kamu yang suka belanja, ketika mendengar “belanja langsung”, apa yang terlintas dipikiran kamu? Jangan-jangan, belanja langsung itu belanja langsung ketemu penjualnya di pasar, alias tanpa perantara online. Hmmm...baiklah.

Baca Juga: Kenapa Sebuah Daerah Bisa Berkembang dengan Pesat?

Kalau belanja langsung yang dimaksud dalam belanja daerah itu merupakan kegiatan belanja yang ada hubungannya dengan pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah daerah itu sendiri.

jenis-jenis belanja langsung

Ada 3 nih Squad yang termasuk jenis belanja langsung. Pertama, belanja pegawai. Belanja pegawai secara langsung ini biasanya dikeluarkan dalam bentuk honorarium/upah yang diberikan kepada pegawai dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah daerah. Contohnya, kalau kamu jadi pegawai pemerintah daerah Bandung. Terus, ada kegiatan festival kuliner yang diadakan pemerintah daerah Bandung. Nah, kamu ikut ambil bagian tuh. Nantinya, kamu akan diberikan upah oleh pemerintah daerah tersebut.

Kedua, belanja barang dan jasa. Belanja jenis ini biasanya berupa barang yang habis pakai dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Misalnya kayak beli kertas HVS, tinta buat nge-print di kantor pemerintahan daerah, atau bensin untuk kendaraan operasional pemerintah daerah.

apakah boleh mobil dinas dipakai sendiri

Nah yang ketiga inilah contohnya itu adanya perbaikan jalan di masing-masing daerah Squad. Jadi, pembangunan jalan itu salah satu pembangunan aset yang punya manfaat untuk pemerintah daerah dan jangka waktunya bisa lebih dari satu tahun. Makanya kamu jangan heran, dana perbaikan jalan itu bisa dibilang cukup fantastis.

Nggak cuma buat bangun jalan lho Squad, kamu tahu MRT (Mass Rapid Transit) yang ada di Jakarta? Saat mulai perhelatan Asian Games 2018 tahun lalu, pembangunannya dikebut tuh. Nah, itu juga termasuk jenis belanja langsung yang ketiga yakni belanja modal. MRT nggak cuma digunakan pas Asian Games aja tapi setelahnya bisa digunakan oleh warga Jakarta.

Selain belanja langsung, ada juga belanja tidak langsung Squad. Nah, kalau kamu penasaran dengan jenis belanja tidak langsung, penjelasannya bisa kamu cari tahu tuh di ruangbelajar. Dijamin nggak ngebosenin karena penjelasannya itu pakai video animasi yang keren lho. Gabung sekarang yuk!

 ruangbelajar 

Beri Komentar

Recent Posts