CEO Ruangguru Belva Devara Ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden

Untitled design (4)-24

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara telah resmi ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden Republik Indonesia. Penunjukan ini telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo secara langsung di Istana Presiden pada hari Kamis, 21 November 2019. Selama penugasan ini, Belva akan tetap menjabat dan menjalankan tugas sehari-harinya sebagai  Direktur Utama di Ruangguru.

“Ini merupakan suatu kepercayaan dan kehormatan yang besar. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk bisa turut andil dalam melahirkan berbagai inovasi dan kreasi yang bermanfaat untuk kepentingan publik. Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Presiden, saya diharapkan untuk terus berkarya di posisi saya saat ini sebagai direktur utama Ruangguru, tidak tercabut dari akar saya di sektor teknologi,  sehingga dapat memberikan masukan inovasi baru yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.  Tugas ini adalah tambahan tanggung jawab dari tugas sehari-hari saya sebagai direktur utama di  Ruangguru. Saya berkomitmen untuk dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya”, ucap Belva.

Baca juga: Peran Bunda dalam Kesuksesan Belva Devara

Mewakili segenap keluarga besar Ruangguru, Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama,  Ruangguru Iman Usman menyampaikan dukungan penuhnya untuk Belva. “Kami di Ruangguru mendukung penuh penugasan Belva yang baru ini, dan kami menyambutnya sebagai hal positif. Tentunya kami bangga, bahwa kiprah Belva selama ini di Ruangguru, telah  menginspirasi anak muda di Indonesia untuk terus berprestasi, dan kami percaya bahwa melalui  penugasan baru ini, Belva akan menginspirasi lebih banyak orang lagi. Apa yang Belva akan lakukan dalam posisinya sebagai staf khusus presiden adalah sejalan dengan misi kami, yakni memanfaatkan inovasi teknologi untuk memajukan kehidupan bangsa. Kami berharap Belva bisa menyalurkan
semangat itu dalam skala yang lebih luas dan untuk kepentingan yang lebih besar,” tambah Iman.

Belva Devara

Belva saat diperkenalkan sebagai Staf Khusus Presiden (Sumber: Biro Pers Setneg)

Tentang Adamas Belva Syah Devara
Adamas Belva Syah Devara lahir di Jakarta, 30 Mei 1990, dikenal oleh publik melalui kiprahnya sebagai Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru. Di bawah kepemimpinannya, Ruangguru telah tumbuh menjadi perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara—mempekerjakan lebih dari 4.000 pegawai dan memudahkan akses pendidikan yang berkualitas bagi jutaan pelajar di Indonesia. Kiprahnya di Ruangguru, bersama sahabatnya, Iman Usman, telah diakui secara global. Pada tahun 2017, ia terpilih sebagai salah satu dari 30 pengusaha muda paling berpengaruh di Asia oleh Majalah Forbes dan pada tahun 2019, ia memperoleh penghargaan Emerging Entrepreneur of The Year dalam Ernst & Young Entrepreneur of The Year. Sebelum mendirikan Ruangguru, Belva sempat bekerja di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan dan perusahaan konsultasi manajemen global, McKinsey & Company. Belva memperoleh gelar master ganda di bidang bisnis dari Stanford University dan di bidang administrasi publik dari Harvard University, serta gelar sarjana dari Nanyang Technological University (NTU) di bidang ilmu komputer dan bisnis

Tentang Ruangguru
Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan pendidikan. Saat ini Ruangguru memiliki lebih dari 15 juta pengguna terdaftar. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia. Salah satu produk unggulan Ruangguru yaitu ruangbelajar menawarkan video belajar beranimasi, latihan soal, dan rangkuman berbentuk infografis serta try out persiapan ujian. Ruangguru  saat ini memiliki 4.000 pegawai dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat. Ruangguru telah dipercaya oleh 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota  dan kabupaten di Indonesia. Ruangguru juga menjadi salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia Google Play User’s Choice Award 2018.

ruangbelajar

 

Ruangguru