Benarkah Bangun Lebih Pagi Bisa Bikin Lebih Produktif?

Riza Miftah Muharram

May 14, 2019 • 3 min read

Wow Ternyata


WT_-_Benarkah_Bangun_Lebih_Pagi_Bisa_Bikin_Lebih_Produktif-01

Artikel ini akan menjawab pertanyaan benarkah bangun tidur lebih pagi bisa bikin kita lebih produktif.

--

Tim Cook, CEO Apple, bilang bahwa ia selalu bangun pukul 3.45 pagi. Bos Disney, Bob Iger, punya kebiasaan berolahraga setiap pukul 4.25. Nggak ketinggalan, ada juga Hotman Paris Hutapea, pengacara tajir asal Indonesia yang punya kebiasaan bangun jam 3.00 pagi cuma untuk berenang.

Sebentar... Om Hotman ini apa nggak kedinginan ya?

Terlepas dari Om Hotman kedinginan atau nggak, melihat kebiasaan-kebiasaan orang-orang sukses di atas yang sering bangun pagi banget, apa memang bangun lebih pagi bisa bikin lebih produktif? Sayangnya, menurut artikel ilmiah yang diterbitkan di A Life of Productivity, ternyata nggak demikian lho, Squad!

Dengan bangun lebih pagi, hal itu nggak serta merta bikin kamu jadi lebih produktif. Karena ternyata, bangun tidur lebih pagi untuk meningkatkan produktivitas adalah mitos belaka.

WT_-_Benarkah_Bangun_Lebih_Pagi_Bisa_Bikin_Lebih_Produktif-06

Karena faktanya, yang membuat kamu lebih produktif adalah gimana kamu bisa memberi fokus pada suatu hal yang sedang kamu kerjakan dan gimana kamu bisa memanajemen waktu dengan baik, Squad.

Jadi, walaupun kamu rajin bangun pagi kayak Om Hotman Paris, tapi kamu nggak berenang pagi-pagi buta bisa fokus pada suatu hal atau nggak bisa memanajemen waktu dengan baik, kamu nggak akan bisa tuh jadi orang yang produktif. Yang ada malah gogoleran aja seharian di kamar.

Nah, terus gimana sih cara biar bisa menjadi produktif? Kamu pasti pengin dong melakukan sesuatu yang bermanfaat buat dirimu sendiri setiap harinya? Kiat-kiat di bawah ini bisa kamu coba, Squad!

Baca Juga: Bukan Malam Hari, Ini Waktu Belajar yang Efektif

1. Rajin Olahraga

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di departemen psikologi University of Otago, olahraga teratur dapat membantu kamu menjaga produktivitas dan tubuh pun bisa tetap bugar sepanjang hari.

Bangun pagi doang tapi nggak olahraga ya percuma juga kan Squad. Dengan kamu berolahraga, tubuhmu akan aktif bergerak sehingga sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah sekaligus meningkatkan konsentrasi.

2. Dahulukan Tugas yang Penting

Menurut Fimela.com, mulailah beraktivitas dengan mengerjakan tugas-tugas yang penting dulu kalau kamu mau jadi lebih produktif. Jadi, coba deh bikin jadwal prioritas untuk apa saja yang ingin kamu kerjakan dalam sehari. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan waktu secara efisien, tugas-tugas yang ada pun bisa selesai satu per satu.

WT_-_Benarkah_Bangun_Lebih_Pagi_Bisa_Bikin_Lebih_Produktif-02

Baca Juga: Kamu Punya Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan? Ini 5 Cara Mengatasinya

3. Santai Aja

"Biar produktif kok malah disuruh nyantai aja?"

Lha iya, nggak perlu buru-buru dalam segala hal. Produktif boleh, asal nggak sampai tuntutan harus produktif malah membuat kamu melakukan segala sesuatu secara terus menerus.

Bukannya menyelesaikan tugas-tugas dengan baik, yang ada nantinya hidup cuma untuk kerja, kerja, dan kerja saja. Padahal, tanpa disadari, hal yang seperti itu malah menyiksa diri sendiri. Produktif nggak, melelahkan iya.

Nah Squad, bangun lebih pagi memang baik, tapi nggak menjamin kita bisa lebih produktif seharian. Orang yang lebih aktif di malam hari juga bisa produktif asalkan mereka fokus kok. Selain tentang produktivitas, pagi maupun malam juga sama-sama baik untuk belajar. Eitss, biar belajarmu lebih seru dan nggak ngebosenin, yuk cobain belajar di ruangbelajar, sekarang bisa diakses dari laptop kamu lho!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts