Benarkah Tidur di Sebelah Handphone itu Berbahaya?

Tedy Rizkha Heryansyah

Mar 16, 2019 • 4 min read

Wow ternyata


tidur sebelah handphone - header

Artikel kali ini akan membahas tentang bahaya tidur di sebelah handphone. Apakah benar memiliki bahaya bagi kita? Simak penjelasannya di artikel berikut.

---

Setelah beragamnya aktivitas yang kamu lakukan dari pagi sampai sore, rasanya kamar tidur menjadi tempat yang sangat ingin dikunjungi. Masuk rumah, lepas sepatu, langsung rebahan….aduh enaknya. Bener gitu nggak sih? Lupa mandi. Awas bau dan bisa-bisa saat kamu tidur malah turut menyukseskan program ternak bakteri di atas kasur yang kamu pakai buat tidur.

Tapi, sekarang mah masuk kamar jarang banget yang langsung tidur. Buka tas atau ambil sesuatu barang dari saku dan seeeett….taraaaaa…..

“Kira-kira si dia lagi apa ya?”

Buka instagram, liat-liat story temen-temen kamu atau bahkan nungguin si dia bales chat kamu.

tidur sebelah handphone - meme ruangguru 2

Gimana mau deliv Squad, quota kamu aja nggak ada. Makanya Squad, kalau kamu dibeliin kuota sama orang tua itu gunakan untuk hal yang bermanfaat. Contohnya ya dipake buat akses video belajar di ruangbelajar dong. Orang tua kamu pasti bangga kalau kuota yang dibelikan buat kamu itu dipakai untuk belajar. Eh tapi sekarang mah nonton video di ruangbelajar berulang kali udah bisa nggak pake kuota kok. Asal di download dulu.

Kembali ke soal chat kamu yang nggak deliv karena kehabisan kuota, iya kalau habisnya buat nonton video belajar. Kalau habisnya dipake buat nonton video di Youtube? Hayooo video apa yang ditonton?

tidur sebelah handphone - tahukah kamuKalau udah mulai ngantuk lama-lama mata nggak kerasa nutup sendiri dan handphone yang kamu pegang tau-tau…..pluk….jatuh. Kamu pun mulai tertidur pulas dalam belaian rasa letih yang tak mampu dibendung kelopak matamu. Ya, akhirnya kamu tidur bersebelahan dengan handphone.

“Emangnya salah kak, kalau tidur sebelahan dengan handphone?”

Mau dilarang pun kamu pasti akan menanyakan alasan dari pelarangan itu kan? Sama kayak salah satu pembaca blog Ruangguru ini.

tidur sebelah handphone - pertanyaan ruangbacaAda pertanyaan kenapa orangtuanya melarang menyimpan handphone di kamar? Padahal kan ada fitur yang penting seperti alarm, yang bisa kamu pake buat bangunin kamu buat belajar di waktu yang paling efektif. Yap, di saat subuh.

Pasti ada alasan yang kuat dari orangtua Azriyashabila dong kok melarang menyimpan handphone di kamar.

Ternyata dari segi ilmiahnya ada lho efek jika kita meletakkan handphone di dekat kita saat tidur. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum ya kalau penggunaan handphone itu seperti dua sisi mata uang. Punya efek positif dan efek negatif. Salah satu efek negatif penggunaan handphone ialah bisa merusak sistem syaraf kita lho, Squad.

Baca Juga: Banyak Kerikil di Rel Kereta, Apa Fungsinya?

tidur sebelah handphone - assetItu efek dari jika tidur berdekatan dengan handphone lho Squad. Asal kamu tahu nih, kebiasaan mengecek handphone sebelum tidur aja udah punya efek negatif seperti menurunkan kadar hormon yang ngebuat kita ngantuk. Hasilnya, kamu bakalan sulit buat tidur.

Contohnya gini deh, udah siap-siap tidur, eh tiba-tiba ada notifikasi Whatsapp. Entah dari siapapun itu, pasti kamu cek dong. Nah, saat membuka chat tersebut secara nggak langsung hormon yang memproduksi rasa kantuk itu akan berkurang. Ujung-ujungnya kualitas tidur kamu jadi nggak baik karena bisa saja chat tersebut membuat kamu kepikiran.

tidur sebelah handphone - meme ruangguru 1

“Lalu gimana dong kalau mau nyetel alarm buat bangun pagi?”

Perlu dilurusin lagi nih bukannya nggak boleh bawa handphone ke dalam kamar tidur lho ya. Boleh. Tapi, kamu harus berusaha menghindari jangan tidur di dekat handphone kamu. Paparan sinyal handphone itu bisa memicu kerusakan sistem syaraf yang gejala awalnya ditandai dengan sakit kepala, dan nyeri otot.

Beberapa pakar memberikan alternatif jika kamu nggak mau mengganti alarm di handphone kamu dengan jam alarm yang asli. Caranya ialah, memberi jarak minimal, inget minimal lho ya, satu meter antara kasur sebagai tempat tidur kita dengan tempat peletakkan handphone. Emang sih dalam jangka pendek efek negatif tersebut nggak akan kita rasakan, tapi jangan salahin siapa-siapa lho kalau nanti 10 sampai 20 tahun efek negatif kebiasaan tidur di sebelah handphone itu muncul.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts