3 Bentuk Diskriminasi Yang Kerap Terjadi di Masyarakat | Sosiologi Kelas 12

Sosiologi Kelas 12 : Mengenal Diskriminasi

RG Squad, akhir-akhir ini kamu pasti tahu kan  ada disharmonisasi sosial dan agama di tengah-tengah masyarakat Indonesia?  Disharmonisasi tersebut merupakan masalah yang timbul karena ketimpangan sosial di masyarakat Indonesia itu sendiri. Memang, masalah ketimpangan sosial saat ini menjadi isu yang sangat difokuskan oleh pemerintah. Maka, dari permasalahan ketimpangan sosial tersebut timbul bentuk diskriminasi yang salah satunya itu tadi, adanya ketidakharmonisan kehidupan sosial dan beragama.

Secara umum, diskriminasi itu didefinisikan atas sikap atau perbuatan yang membeda-bedakan. Diskriminasi sangat cenderung berkaitan dengan aspek negatif. RG Squad tahu kenapa diskriminasi berkaitan dengan arti negatif? Ya, biasanya yang berkaitan dengan diskriminasi itu menguntungkan suatu pihak dengan membuat kerugian bagi pihak lain. Adapun penyebab adanya diskriminasi ialah persaingan yang semakin ketat serta intimidasi dari kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas. Nah, sekarang kita pelajari yuk bentuk-bentuk diskriminasi.

a. Diskriminasi Ras

Salah satu contoh bentuk diskriminasi ras yang masih menjadi isu hingga saat ini ialah, perilaku etnis dominan terhadap etnis Tionghoa dalam birokrasi. Sejak peristiwa Mei di tahun 1998, keturunan etnis Tionghoa hingga saat ini kesulitan untuk menjadi pegawai birokrasi pemerintahan.

Ahok menghadapi berbagai macam tindakan diskriminatif .

Ahok menghadapi berbagai macam tindakan diskriminatif . (sumber: asiapacificreport.nz)

b. Diskriminasi Agama

Di Indonesia sendiri, diskriminasi yang paling sering muncul di media ialah perilaku diskriminatif yang diterima penganut Ahmadiyah. Pada Juni 2017 lalu, salah satu masjid penganut Ahmadiyah di Depok diserang oleh sekelompok warga ketika sedang melaksanakan Sholat Idul Fitri.

c. Diskriminasi Gender

Bentuk diskriminasi gender adalah salah satu yang masih sangat sering terjadi di tengah masyarakat. RG Squad pasti pernah mendengar berita tentang pelecehan seksual atau pemerkosaan yang berujung pembunuhan, yang kadang masih saja ditangani dengan cara yang kurang adil dari aparat.

bentuk diskriminasi di masyarakat

Nah, itu tadi bentuk diskriminasi yang ada di masyarakat. Memang tidak mudah untuk menghilangkan sikap diskriminatif oleh kelompok yang dominan terhadap kelompok minoritas. Adanya fanatisme yang berlebihan yang pada ujungnya mengakibatkan menurunnya sikap toleransi antarmasyarakat dan tidak menutup kemungkinan munculnya sebuah konflik. 

Yuk gabung ke ruangguru digitalbootcamp sekarang! Kalian bisa belajar Sosiologi bareng tutor yang handal dan asyik di sana.

Daftar RGDB Sekarang!

 

Referensi:

Fulthoni, A., dkk. 2009. Memahami Diskriminasi. Jakarta: The Indonesian Legal Resource Center (ILRC).

Wrahatnala, Bondet. 2009. Sosiologi Jilid 3 untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sumber Gambar:

ahok-antarafoto-apr-680wide.jpg (680×486) (asiapacificreport.nz)

Beri Komentar