Bentuk Interaksi Sosial Asosiatif: Kerja Sama, Asimilasi, dan Akulturasi | Sosiologi Kelas 10

Bentuk Interaksi Sosial Asosiatif Kerja Sama, Asimilasi, dan Akulturasi

Yuk, belajar mengenai bentuk interaksi sosial asosiatif yang terdiri dari kerja sama, asimilasi, dan akulturasi! Seperti apa ya, pengertian dan contohnya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel Sosiologi kelas 10 berikut!

Saat angka persebaran virus Covid-19 sangat tinggi pada 2020 lalu, setiap wilayah memiliki cara yang unik agar masyarakatnya tetap berada di rumah. Tujuannya, untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Misalnya hal yang dilakukan di salah satu desa di Purworejo yang sempat viral waktu itu. Masyarakat setempat berupaya mengurangi mobilitas warga dengan menggunakan pocong jadi-jadian. Para pocong ditugaskan untuk berpatroli di tempat yang sering dilewati warga yang masih suka keluar rumah. Ada juga beberapa pocong yang sengaja ditempatkan di beberapa portal, agar warga nggak bisa lewat gara-gara takut. Hal ini bertujuan untuk menakut-nakuti warga lainnya yang masih suka keluar rumah saat malam hari untuk sekadar nongkrong.

Nah, kamu tau nggak nih, usaha yang dilakukan warga di salah satu desa di Purworejo ini termasuk dalam contoh bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif, lho. Hayoo, ada yang masih ingat, apa itu interaksi sosial?

pengertian interaksi sosial

Interaksi sosial asosiatif adalah interaksi atau hubungan timbal balik antar individu atau kelompok yang mengarah pada persatuan. Interaksi sosial yang asosiatif merupakan interaksi sosial yang mengarah pada interaksi bersifat positif karena mengarah pada persatuan atau kegiatan-kegiatan yang bersifat baik. Nah, bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif, di antaranya ada kerja sama, akulturasi, dan asimilasi.

Kali ini, kita akan membahas tentang macam-macam bentuk interaksi sosial asosiatif, nih. Kita akan bahas secara rinci contoh interaksi sosial yang bersifat asosiatif berbentuk kerja sama, akulturasi, dan asimilasi. Penasaran nggak, sih? Oh iya, menurut kamu, kasus pocong jadi-jadian di atas tadi termasuk bentuk interaksi sosial yang mana ya? Yuk, kita cari tau juga jawabannya di artikel ini!

Kerja Sama

Ketika kamu mendengar kata kerja sama, apa yang terlintas di benakmu? Mencontek? Kabur dari sekolah bersama teman-teman? Atau tawuran? Hadeeeuh… Itu bentuk kerja sama yang nggak baik dan harus dihindari, ya!

pengertian kerja sama

Dalam kerja sama, harus ada yang namanya kesadaran dari setiap orang yang terlibat, serta suasana yang menyenangkan dalam setiap pembagian tugasnya. Individu yang terlibat dalam sebuah kerja sama pasti mendapat job desc atau tugasnya masing-masing, sehingga setiap individu harus memiliki kemampuan yang sesuai dengan tugas yang dikerjakan, agar tujuan yang ingin dicapai dapat berjalan dengan baik.

contoh kerja sama

Nah, terjawab ya sekarang, ternyata, tindakan yang dilakukan warga di salah satu desa di Purworejo itu merupakan bentuk kerja sama. Soalnya, warga melakukan usaha tersebut karena memiliki tujuan dan kesadaran yang sama, yaitu ingin mencegah penyebaran virus Corona.

Baca Juga: Apa Itu Tindakan dan Interaksi Sosial?

jenis-jenis kerja sama

Berdasarkan pelaksanaannya, terdapat lima bentuk kerja sama nih, yaitu gotong royong, bargaining, kooptasi, koalisi, dan joint venture. Kita bahas satu per satu, yaaa.

Gotong Royong

Gotong royong atau bekerja bersama-sama merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan untuk mencapai kepentingan bersama. Gotong royong termasuk jenis kerja sama spontan, lho. Hal ini karena masyarakat melakukan tindakan tersebut secara sukarela, tanpa perintah atau tekanan, dan saling membantu untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

contoh gotong royong

Bargaining

Bargaining atau tawar menawar merupakan kesepakatan tukar-menukar barang atau jasa antara dua pihak atau lebih dengan mengutamakan prinsip keadilan. Maksud dari prinsip keadilan adalah kedua pihak bisa sama-sama memperoleh keuntungan. Misalnya, ketika sedang melakukan tawar-menawar barang, harga akhir merupakan hasil keputusan bersama antara penjual dan pembeli yang dirasa adil. Penjual masih bisa memperoleh keuntungan yang cukup, sedangkan pembeli bisa mendapatkan harga yang nggak terlalu mahal.

Kooptasi

Apa sih pengertian kooptasi? Kooptasi adalah proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan dan pelaksanaan politik untuk menghindari konflik yang bisa merusak suatu organisasi. Unsur-unsur baru tersebut bisa berupa pergantian pemimpin atau kebijakan yang dilakukan pemimpin tersebut.

contoh kooptasi

Koalisi

Koalisi adalah kerja sama antara dua organisasi atau lebih yang memiliki tujuan yang sama. Nah, meskipun tujuannya sama, koalisi memungkinkan terjadinya keadaan yang nggak stabil lho, karena masing-masing organisasi memiliki struktur yang berbeda satu sama lain. Contoh koalisi adalah ketika dua atau lebih partai saling bergabung untuk memberikan dukungan kepada partai lain untuk maju pada pemilihan presiden.

Baca juga: Klasifikasi, Karakteristik, dan Contoh Gejala Sosial

Joint Venture

Joint venture adalah kerja sama antara dua perusahaan atau lebih untuk menjalankan usaha bersama dalam periode waktu tertentu. Kerja sama ini biasanya terjadi antara perusahaan luar negeri (asing) dengan perusahaan dalam negeri. Joint venture termasuk jenis kerja sama kontrak karena dilakukan atas dasar aturan tertentu dan sudah disepakati secara tertulis dalam sebuah kontrak.

fakta seru joint venture

Bagaimana? Sudah cukup jelas kan penjelasan mengenai kerja sama? Nah, sebelum beralih ke bahasan selanjutnya, yuk coba isi quiz di bawah ini untuk melatih daya ingatmu!

 

Oke, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaaa. Let’s go!

Asimilasi

Apa yang kamu bayangkan pas dengar kata asimilasi? Kombinasi dua proses untuk memasok nutrisi pada sel? Duh, kamu salah alamat dong, itu pengertian asimilasi dalam biologi, ya. Hmm, kalo secara sosiologi, asimilasi itu apa, sih?

pengertian asimilasi

Asimilasi bertujuan untuk meleburkan perbedaan di antara individu atau kelompok, serta menambah persatuan dengan mengutamakan tujuan atau kepentingan bersama. Contoh asimilasi antara lain yaitu tradisi rijsttafel (prasmanan) dan perkawinan campuran (amalgamasi).

Asimilasi memiliki beberapa faktor pendorong dan penghambat, antara lain seperti tercantum pada infografik berikut.

Akulturasi

Setelah mengetahui bentuk dari kerja sama dan asimilasi, sekarang kita akan membahas bentuk dari akulturasi, nih. Hmm, secara sepintas, akulturasi ini memiliki konsep yang sama lho dengan asimilasi. Tapi, ternyata nggak kayak gitu.

pengertian akulturasi

Adanya akulturasi bertujuan untuk menciptakan budaya atau tradisi baru sehingga dapat memperkaya budaya atau tradisi yang sudah ada. Contoh akulturasi antara lain pemberian angpau pada saat Hari Raya Idul Fitri dan adanya musik keroncong.

Musik keroncong sendiri sebenarnya merupakan bentuk akulturasi dari musik Portugis dan irama Jawa. Musik Portugis pada umumnya diiringi oleh musik dawai, seperti biola, ukulele, dan cello. Pada abad ke-16, musik ini pertama kali diperkenalkan oleh para pelaut Portugis ke Nusantara, tepatnya Malaka. Pada tahun 1920-1960, perkembangan musik ini pindah ke Solo dan beradaptasi dengan irama jawa yang lebih lambat, sehingga menghasilkan musik keroncong yang kita kenal sekarang ini. Masyarakat di Jawa, membuat musik keroncong menjadi seni campursari dengan alat musik seperti sitar india, rebab, suling bambu, kendang, dan saron.

akulturasi

Bentuk Proses Akulturasi

Bentuk kotak merupakan ilustrasi dari kebudayaan musik Portugis, sedangkan bentuk segitiga merupakan ilustrasi dari kebudayaan irama musik jawa. Jika dua kebudayaan tersebut disatukan, maka akan menghasilkan kebudayaan baru yang diilustrasikan dengan bentuk kotak dan segitiga yang menyatu, yaitu musik keroncong. Musik keroncong ini tidak menghilangkan ciri khas musik Portugis maupun ciri khas irama jawa.

Baca Juga: Syarat Interaksi Sosial di Masyarakat

Akulturasi memiliki beberapa faktor pendorong dan penghambat, antara lain seperti tercantum pada infografik berikut.

Setelah mengetahui penjelasan bentuk interaksi asimilasi dan akulturasi, kamu jadi tau kan apa perbedaan dari keduanya? Asimilasi adalah pencampuran dua kebudayaan atau lebih yang berbeda, saling memengaruhi, dan menghasilkan kebudayaan baru. Sedangkan akulturasi adalah gabungan dua atau lebih budaya yang berbeda dan saling memengaruhi tanpa menghilangkan ciri khas masing-masing.

Sekarang, yuk coba jawab quiz di bawah ini!

 

Nah, itu dia penjelasan tentang bentuk interaksi sosial asosiatif yang terdiri dari kerja sama, asimilasi, dan akulturasi. Setelah belajar materi ini, kamu jadi tau kan kalau proses yang terjadi dari ketiga bentuk interaksi sosial asosiatif ini mengandung nilai-nilai positif yang mengarah pada persatuan. Hal itu juga didukung oleh sikap menghargai dan keterbukaan yang dimiliki setiap masyarakat.

Bagaimana? Seru kan belajar sosiologi? Kamu bisa menemukan materi bentuk interaksi sosial asosiatif lainnya dengan bergabung di ruangbelajar. Selain video animasi, kamu juga bisa mengasah kemampuanmu dengan mengisi soal-soal biar makin paham.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Suhardi, Sri Sunarti. (2009) Sosiologi 1: Untuk SMA/MA Kelas X Program IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

 

Artikel ini telah diperbarui pada 30 November 2022.

Nurul Hidayah