Bentuk Molekul dan Definisinya

Bentuk Molekul dan Definisinya

Squad, kalau kamu mendengar kata "ikatan", apa sih yang muncul di kepalamu? Apakah ikatan persaudaraan? Atau mungkin ikatan simpul? Atau.... ikatan dengan si dia? Hehehe. Tentu banyak hal yang muncul di kepalamu ya, jika kamu mendengar kata ikatan. Ternyata, yang memiliki ikatan tidak hanya manusia saja, lho. Molekul-molekul juga memiliki ikatan. Bentuknya juga bermacam-macam, nih. Sekarang yuk, kita cari tahu bentuk molekul dan definisinya! 

Nah, kamu tau nggak sih, kenapa bentuk molekul itu bisa bermacam-macam? Bentuk molekul bisa beragam karena unsur-unsur yang telah berikatan dan membentuk senyawa atau molekul akan memiliki bentuk molekul yang berbeda-beda agar menjadi lebih stabil. Untuk memprediksi bentuk molekul suatu senyawa dapat menggunakan teori domain elektron dan teori hibridisasi. Wah, kayak apa tuh, teorinya?

Teori Domain Elektron

WhatsApp Image 2018-05-04 at 2.31.59 PM

Kamu bingung nggak, Squad? Kok rumusnya huruf semua sih? Nah, jangan khawatir! Ada penjelasannya, kok. Huruf A pada rumus di atas adalah atom pusat. Sedangkan Xm adalah jumlah domain elektron ikatan / pasangan elektron ikat (PEI). Kalau En berarti jumlah domain elektron bebas / pasangan elektron bebas (PEB). Yang harus kamu ingat baik-baik adalah bentuk molekul senyawa berdasarkan teori domain elektron ditentukan berdasarkan  jumlah pasangan elektron bebas dan elektron ikatannya, dimana jumlah pasangan elektron ikatan dan bebas dapat dilihat dari struktur lewisnya. Jangan sampai lupa, ya! 

Baca Juga: Apa Itu Ilmu Kimia Modern?

Ada 11 bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron yang sudah dibahas di atas. Kayak apa sih, bentuknya? Kuy simak gambarnya di bawah ini! 

Bentuk Molekul dan Definisinya

Teori Hibridisasi

Teori selanjutnya yang bisa digunakan untuk memprediksi bentuk molekul adalah teori hibridisasi. Menurut teori ini, bentuk molekul berdasarkan hibridisasi  elektron pada sub orbital atomnya. Ada 5 bentuk molekul atom yang harus kamu ketahui berdasarkan pada teori hibridisasi. Apa saja, ya?

Bentuk Molekul dan Definisinya

Wah, ternyata bentuk molekul itu sangat beragam, ya Squad! Kamu bingung menghapalnya? Mau belajar dengan lebih asik supaya lebih cepat paham? Yuk, belajar bersama Ruangguru digitalbootcamp! Kapan lagi kan belajar dengan teman dari seluruh Indonesia dan dibimbing tutor berpengalaman? Yuk, download sekarang! 

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts