Berapa Lama Durasi Bermain Gadget dan Menonton TV yang Ideal untuk Anak?

durasi bermain gadget dan menonton tv yang ideal untuk anak

Berapa lama sih durasi bermain gadget dan menonton tv yang ideal untuk anak? Yuk, simak informasi lengkapnya di artikel berikut ini!

Sebagai orang tua, Anda perlu memperhatikan durasi yang ideal bagi anak untuk menonton TV dan bermain gadget. Sebab selain dua kegiatan itu, anak Anda juga harus melakukan aktivitas lain yang bermanfaat untuk mengembangkan diri mereka, seperti bermain dengan teman sebaya, berolahraga, mengerjakan tugas sekolah, dan istirahat. Oleh karena itu, menurut American Academy of Pediatrics (AAP), setiap jenjang usia anak memiliki durasi yang berbeda untuk menonton TV dan bermain gadget.

durasi bermain gadget yang ideal untuk anak

Orang tua sebaiknya tidak bermain gadget ketika berinteraksi dengan bayi (Sumber: pastemagazine.com)

 

Bagi bayi berusia 18 bulan, atau di bawah usia tersebut, sebaiknya tidak diberikan waktu menonton TV dan bermain gadget sama sekali. Orang tua pun diharapkan tidak melakukan dua kegiatan itu ketika sedang berinteraksi dengan bayi. Hal ini penting dilakukan karena suara dan cahaya dari layar TV dan gadget bisa mengganggu pertumbuhan otak bayi dan hubungan yang sehat antara orang tua dan anak.

Kemudian, bagi anak berusia 2-5 tahun, durasi menonton TV dan bermain gadget harus dibatasi selama satu jam per hari. Sedangkan bagi anak berusia 6 tahun ke atas, orang tua bisa menentukan sendiri durasi dari dua kegiatan itu, disesuaikan dengan banyaknya aktivitas anak dalam satu hari, dengan tetap mengawasi acara atau konten yang dilihat anak.

Baca juga: 7 Cara Terbaik Siapkan Dana Pendidikan Anak

durasi bermain gadget yang ideal untuk anak

Orang tua perlu mengawasi konten atau acara yang ditonton anak di TV (Sumber: scarymommy.com)

 

Menonton TV dan bermain gadget dengan durasi yang berlebihan bisa membuat anak bersikap pasif, tidak berpartisipasi dalam kehidupan sosial, dan tidak mengetahui sebab-akibat dari perilakunya terhadap orang lain. Hal ini bisa berakibat pada nilai yang kurang memuaskan di sekolah, kurang tidur, bahkan masalah pada sikap anak. Oleh sebab itu, Anda seharusnya menetapkan durasi menonton TV dan bermain gadget bagi anak.

Namun, meskipun sudah mengatur soal durasi, Anda sebaiknya juga tidak membiarkan anak memiliki kontrol sendiri terhadap TV dan gadget. Misalnya, dengan membiasakan anak meminta izin terlebih dulu sebelum melakukan dua kegiatan itu dan menerapkan aturan mengenai kapan dan di mana anak bisa menonton TV atau bermain gadget. Anda bisa juga lho menemani mereka! Dengan begitu, Anda bisa memberikan penjelasan mengenai hal-hal yang tak dimengerti anak, juga mengajari anak untuk tidak mengabaikan orang lain di sekitarnya walaupun sedang melakukan dua kegiatan tersebut.

Bermain gadget juga bisa memberikan manfaat tersendiri bagi perkembangan pelajaran anak, lho. Ketika anak bermain gadget, Anda bisa mengenalkan anak pada ruangbelajar. Mereka akan mendapatkan video pembelajaran beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis. Jadi, anak tetap bisa aktif dan mengembangkan diri dari konten yang dilihat di gadget-nya. Belajar juga bisa menjadi lebih menyenangkan dan bukan hal yang selalu dihindari! Mau merasakan keajaibannya? Yuk, download dan lihat video beranimasinya sekarang!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Andrea Lidwina