Berapa Lama Virus Corona Bisa Hidup di Permukaan Benda?

Sarana Umum tempat Virus Corona Menempel

Artikel ini memberikan informasi berapa lama virus corona dapat hidup di permukaan benda

--

Tak hanya dapat menular antar manusia, COVID-19 juga ternyata bisa bertahan pada permukaan benda yang terkena percikan dari mulut atau hidung (droplet) orang yang terinfeksi. Dilansir dari halodoc.com, sebuah studi menunjukkan bahwa virus corona dapat bertahan hidup di permukaan benda mati lebih dari seminggu.

Apabila kamu menyentuh benda atau permukaan tersebut, kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut, maka virus bisa masuk ke dalam tubuh. Supaya kamu paham dan bisa lebih berhati-hati, berikut rincian berapa lama virus corona bisa bertahan di benda mati.

1. Kaca

Virus corona penyebab COVID-19 juga bisa bertahan pada permukaan yang licin seperti kaca. Virus ini bisa bertahan pada kaca selama sekitar empat hingga lima hari. Untuk itu, sebaiknya kamu lebih sering membersihkan benda-benda yang berbahan kaca.

2. Besi/baja

Besi merupakan salah satu materi yang paling banyak ditemukan di sekitar kita, sebut saja gagang pintu, pagar, dan lainnya. Untuk itu, kamu harus berhati-hati karena virus corona dapat bertahan hidup pada besi selama 2-3 hari.

3. Alumunium

Selain besi, alumunium juga banyak digunakan, terutama pada peralatan rumah tangga. Virus corona dapat bertahan di alumunium selama 2 hingga 8 jam.

4. Kayu

Kayu menjadi bahan yang bisa menjadi tempat hidupnya corona selama waktu yang cukup lama yaitu berkisar empat hari sejak tersentuh.

5. Sarung tangan medis

Petugas medis sangat membutuhkan sarung tangan saat bekerja dalam menangani pasien virus corona. Walaupun dapat mencegah penularan virus, sarung tangan medis juga tak terhindar dari paparan virus ini. Virus corona bisa bertahan hidup hingga 8 jam pada sarung tangan medis.

6. Plastik

Virus corona diketahui dapat hidup lama pada material plastik. Virus tersebut bisa bertahan hingga sekitar 72 jam atau setara dengan 2 hingga 3 hari. Namun, ada juga kasus khusus sampai 5 hari.

7. Kertas

Virus corona dapat bertahan hidup pada kertas selama kurun waktu 4-5 hari sejak disentuh atau terkena droplet oleh orang yang terkena virus tersebut. Namun untuk bahan kardus, virus ini dapat bertahan dan menempel selama 24 jam. Kardus memiliki risiko tertempel virus corona lebih rendah dibandingkan benda lainnya.

virus corona di permukaan benda

Hindari penyebaran virus corona dengan menjaga kebersihan

Virus corona memang termasuk virus yang berbahaya karena mengancam nyawa manusia. Apalagi hingga saat ini belum ditemukan obat atau vaksin dari virus ini. Untuk mencegah penyebarannya dan mengurangi risiko terpapar virus corona, jaga kebersihan dengan lebih sering mencuci tangan.

Baca juga: Cegah Corona, Pilih Sabun atau Hand Sanitizer?

Tak hanya itu, terapkan juga cara lain seperti memberikan disinfektan terhadap benda mati dan area-area publik seperti rumah sakit, kantor, fasilitas umum, pegangan pintu, tombol lift, pegangan tangan, meja, atau bahkan gadget kamu sendiri.

Dalam menghadapi pandemi COVID-19, pemerintah juga sudah memberlakukan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSSB). Dengan begitu, aturan untuk tetap di rumah menjadi semakin diperketat. Yuk, tetap tenang dan ikuti imbaun pemerintah dengan #TetapSehatTetapBelajar bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar