Berisi Ribuan Video Pelajaran, Bagaimana Cara Menggunakan ruangbelajar?

Chairunnisya Tisa Mar 3, 2018 • 4 min read


cara menggunakan ruangbelajar

Artikel ini menjelaskan tentang langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi ruangbelajar.

--

Halo, Squad! Sudah tahu 'kan kalau sekarang kamu bisa nonton ribuan video pelajaran, berlatih soal dan membaca rangkuman di ruangbelajar? Platform ini tersedia untuk semua jenjang pendidikan lho, dari kelas 1-12 ujian SBMPTN hingga kelangan umum. Kamu sudah tahu cara mengunakannya? Yuk, disimak langkah-langkah mudah untuk menggunakan ruangbelajar. 

1. Install Aplikasi Ruangguru

1 install-1

Install aplikasi Ruangguru di Play Store atau App Store. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Sebelum menggunakan ruangbelajar, kamu harus download aplikasi Ruangguru di Play Store atau App Store secara gratis. Pada tampilan awal akan terlihat Iqbaal sebagai brand ambassador ruangguru lho squad.

2. Daftar Ruangguru

Nah, kali ini kamu harus mengisi nama lengkap, email, nomor handphone,  jenjang pendidikanmu lalu kata sandi. Kamu juga bisa daftar menggunakan akun Facebook atau Twitter. Jangan lupa untuk mengisi domisili kamu ya.

Cara menggunakan ruangbelajar

Lengkapi data diri kamu ya Squad.

Cara menggunakan ruangbelajar

Jangan lupa juga untuk isi domisili kamu. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

3. Pilih “ruangbelajar”

Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat banyak pilihan produk belajar Ruangguru. Kamu tinggal pilih ruangbelajar, lalu pilih jenjang pendidikan kamu. Misalnya, pilih jenjang kelas V KTSP. Ada banyak mata pelajaran yang diujiankan di sekolah seperti  mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA Terpadu, Matematika, Bahasa Inggris. Pada setiap mata pelajaran ada sub topik sesuai kebutuhan kamu setiap mata pelajaran. Nah kamu akan belajar melalui video pelajaran,  latihan soal, rangkuman dan kuisnya. Konsep pelajaran diajarkan menggunakan animasi lho.

Cara menggunakan ruangbelajar

Pilih ruangbelajar ya Squad. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Cara menggunakan ruangbelajar

Banyak jenjang pendidikan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Cara menggunakan ruangbelajar

 Setiap jenjang berisi mata pelajaran yang diujiankan di sekolah. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Cara menggunakan ruangbelajar

 Sub topik di setiap mata pelajaran. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Setelah lihat video belajar kamu perlu latihan soal agar lebih paham? Nah, di ruangbelajar kamu bisa akses latihan soal dengan klik next. Setiap latihan soal ada pembahasannya, agar kamu lebih paham setelah mengerjakan sendiri, Squad.

Cara menggunakan ruangbelajar

Latihan soal dengan pembahasan. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

4. Ada rangkuman yang bisa diunduh

Bisa nggak materi diakses tanpa kuota? Bisa! kamu bisa download rangkuman sub topik tersebut dalam bentuk infografis atau ringkasan visual dalam bentuk grafis sehinga kamu bisa lebih paham. Kamu jadi bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Setelah itu akan ada kuis, untuk mengukur kemampuan kamu disatu sub topik beserta pembahasannya agar kamu lebih paham.

Setelah kamu melakukan setiap langkah tersebut, akan ada pemberitahuan bahwa misi sudah selesai. Untuk bisa mengakses semua materi kamu harus berlangganan dulu. Ada pilihan berlangganan untuk 1 bulan, 1 semester dan 1,5 tahun ajaran.

5. Berlangganan ruangbelajar

Cara menggunakan ruangbelajar

Kamu bisa berlangganan untuk 1 bulan, 1 semester atau 1,5 bulan. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Bagaimana cara berlangganan ruangbelajar? Pada aplikasi Ruangguru akan ada pilihan “langganan sekarang”, kamu pilih dulu jenjang pendidikan, lalu pilih  durasi kamu berlangganan ya. Kamu bisa memilih metode pembayaran melalui bank transfer, kartu kredit, Indomaret dan Alfamart Group (Alfamart, Alfamidi, Lawson, Dan+Dan). Terbukti ya, dengan ruangbelajar #BelajarJadiMudah!

ruangbelajar

Beri Komentar