Mengenal Jurusan Kehutanan, untuk Kamu Si Pencinta Alam!

Jurusan Kehutanan

Artikel di bawah ini membahas tentang serbaserbi jurusan Kehutanan, mulai dari mata kuliah, prospek kerja, dan pilihan kampus terbaiknya.

Bukan teknik, kedokteran, atau arsitektur, program studi yang satu ini memiliki peluang yang menjanjikan untuk kariermu di masa depan. Nggak yakin? Kamu sudah tahu dong kalau Pak Jokowi merupakan lulusan jurusan Kehutanan. Sebelum menjadi presiden, beliau dikenal sebagai pengusaha sukses mebel dan kayu di kota Solo. Lalu, sebenarnya jurusan Kehutanan ini mempelajari tentang apa sih? Kenalan lebih dekat dengan prodi yang satu ini yuk!

 

Jurusan Kehutanan Itu Seperti Apa?

Hutan merupakan paru-paru dunia. Sayangnya, semakin banyak pihak tidak bertanggung-jawab yang melakukan eksploitasi hutan. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu diharapkan mampu merawat, mengatur, dan melindungi ekosistem hutan.

Jurusan Kehutanan adalah ilmu yang mempelajari tentang cara melestarian, melindungi, merawat, menyelematkan, mengelola hingga memanfaatkan hasil hutan.

Selama kuliah, kamu akan belajar dengan memadukan teori dan teknologi. Kamu akan mempelajari berbagai hal tentang hutan, mulai dari ekologi hutan, satwa, ilmu tanah, fisiologi tumbuhan, sampai pengelolaan dan manajemen hasil hutan.

Namun, kamu nggak hanya akan belajar cara menghasilkan dan memperoleh hasil hutan saja. Di jurusan Kehutanan ini kamu akan diberi pengetahuan tentang pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan yang erat kaitannya dengan berbagai permasalahan lingkungan.

 

Mata Kuliah Jurusan Kehutanan yang Serba Lingkungan

Banyak yang bilang, jurusan Kehutanan ini cocok bagi kamu yang senang berkegiatan dengan alam. Bagaimana tidak? Mata kuliah yang diajarkan ini berkaitan erat dengan lingkungan, khususnya ekosistem hutan. Pada dasarnya, beberapa universitas memiliki Fakultas Kehutanan sendiri dengan pembagian departemen atau jurusan yang beragam. Oleh karena itu, mata kuliah yang diajarkan juga bermacam-macam, bergantung pada peminatanmu.

Sebagai contoh, Fakultas Kehutanan di Institut Pertanian Bogor memiliki empat departemen. Departemen-departemen tersebut terbagi menjadi manajemen hutan, silvikultur, konservasi sumber daya hutan dan ekowisata, serta hasil hutan.

Mata kuliah dan kerja lapangan jurusan kehutanan

Praktik lapangan ecological social mapping Dept. Manajemen Hutan IPB (Sumber: gunungwalat.ipb.ac.id)

Walaupun pembelajaran di jurusan Kehutanan ini berkisar seputar lingkungan, tetapi aplikasi dari pembelajarannya juga menyesuaikan dengan zaman serta teknologi lho. Seperti halnya pembelajaran yang ditawarkan di jurusan Rekayasa Kehutanan Institut Teknologi Bandung. Di sana, kamu akan mempelajari cara untuk mengolah manfaat hutan secara berkelanjutan agar tidak merusak lingkungan. Fokus utama dari mata kuliah program studi ini ialah mengarahkan mahasiswa agar dapat mengoptimalkan teknologi untuk mengelola hutan secara efisien.

Baca juga: Intip Jurusan Kuliah yang Diambil Para Presiden Indonesia

Mata kuliah dan praktik lapangan jurusan kehutanan

Praktik lapangan teknik silvikultur mahasiswa prodi Rekayasa Hutan ITB (Sumber: rk.sith.itb.ac.id)

Kegiatan pembelajaran di jurusan Kehutanan tentu saja tidak hanya tentang teori ya. Banyak juga lho praktikum atau praktik lapangan yang harus kamu lakukan. Praktikum dan  praktik lapangan ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan aplikatif dari teori yang telah diajarkan serta sebagai pembekalan untuk dunia kerja nanti. Sebagai contoh, praktik konservasi sumber daya hutan di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada meliputi kegiatan pengawetan keanekaragaman tumbuhan, satwa beserta ekosistemnya.

Lalu, berapa banyak sih universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Kehutanan? Terdapat setidaknya 54 universitas tersebar di berbagai penjuru Indonesia yang memiliki jurusan Kehutanan. Hal ini berarti, pilihan universitas di Indonesia untuk jurusan ini cukup beragam. 

 

Alasan Memilih Jurusan Kehutanan

Kamu pencinta lingkungan dan ingin turut serta melindunginya? Jurusan ini tepat banget untuk kamu pecinta alam yang hobi berpetualang di gunung atau hutan. Bagi kamu yang sudah pernah naik gunung, pasti sudah tahu ‘kan bagaimana indahnya pemandangan dan hutan alami yang masih terjaga kelestariannya? Sayangnya, kondisi hutan Indonesia saat ini sedang berada di titik yang memprihatinkan.

Dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan diajarkan bagaimana cara melestarikan lingkungan. Apalagi, hutan memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan manusia yang mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Hutan juga yang membuat pasokan air tanah tetap terjaga. Pasti bangga ‘kan kalau kamu bisa berperan bagi kelangsungan hutan?

Psst, hutan juga menjadi aset penting bagi negara, lho karena menyumbang devisa pendapatan negara di luar sektor minyak dan gas. Lulusan dari jurusan Kehutanan pun sangat dibutuhkan di berbagai lembaga pemerintah, instansi non-profit, industri pariwisata, furnitur dan sebagainya.

 

Jurusan Kehutanan Gelarnya Apa?

Setelah lulus gelar apa sih yang akan kamu raih? Sarjana Kehutanan (S.Hut) adalah gelar yang akan kamu dapatkan seusai berkuliah di bidang kehutanan. Gelar ini diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus menyelesaikan pendidikan Strata 1 (S1) pada suatu perguruan tinggi.

 

Lulusan Jurusan Kehutanan Bisa Kerja Apa?

Ketika lulus dari jurusan kehutanan, banyak tugas yang menunggumu nih. Tentu sadar bahwa hutan di Indonesia sangatlah luas, namun kerusakan yang dialami juga terhitung besar. Dikutip dari Greenpeace, Indonesia telah kehilangan 74 juta hektare hutan dalam periode 50 tahun ini. Luas ini setara dengan dua kali luas negara Jerman lho. Tentunya hal ini menjadi pekerjaan berat untuk kamu sebagai calon sarjana jurusan Kehutanan. Oh ya, gelar yang akan kamu dapat ketika lulus nanti ialah S.Hut (Sarjana Kehutanan). Dalam upaya mengatasi permasalahan ini, kamu dapat bergabung atau bahkan mendirikan organisasi non-profit di bidang lingkungan.

Prospek kerja dan peluang karier jurusan KehutananWisata alam di Hutan Harapan (Sumber: hutanharapan.id)

Selain itu, ada banyak peluang kerja lain yang menanti kamu, seperti:

 

1. Pengusaha

Berdasarkan mata kuliah yang diajarkan, kamu juga memiliki prospek kerja menjadi pengusaha kayu dengan mempertimbangkan segi ekologi nih. Menjadi pengusaha dalam bidang ekowisata (ecotourism) juga merupakan pilihan yang mungkin kamu dapat pertimbangkan setelah lulus nanti.

2.Instansi pemerintah atau BUMN

Rimbawan (ahli kehutanan) juga bisa bekerja di instansi pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kamu juga bisa bekerja di BUMN, misalnya Perhutani, Inhutani, dan Perkebunan Nusantara.

3. NGO atau LSM

NGO (Non Government Organization) dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) bisa jadi peluang kerja yang sangat menjanjikan bagi lulusan Kehutanan. Pasalnya, kondisi hutan di Indonesia yang sangat kritis membutuhkan para ahli-ahli di bidang kehutanan sebagai pendamping atau fasilitator bagi masyarakat lokal.

4. Lembaga penelitian

Sebagai ahli kehutanan, kamu bisa berkarier sebagai seorang peneliti sekaligus memberikan ilmu pengetahuan di dunia kehutanan. Kamu bisa bekerja di badan penelitian tingkat nasional seperti LIPI, BPPT, dan lainnya, maupun internasional seperti ICRAF, AGFOR, CIFOR, PROFAUNA, dan sebagainya.

5. Manajemen satwa liar

Untuk kamu yang lebih senang dengan dunia satwa bisa berkarier sebagai manajer atau pengelola satwa liar. Kamu akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hewan yang terkena dampak pembangunan manusia dalam kondisi aman dan sehat.

6. Pemetaan hutan

Kamu bisa bekerja di bidang pemetaan hutan yang bertugas melakukan pemetaan lahan yang akan dibatasi untuk hutan lindung atau hutan produksi, dan lainnya.

7. Ahli konservasi hutan

Ini nih yang paling seru, kamu bisa bertugas menjaga hutan beserta semua makhluk hidup yang ada di dalamnya. Keren ‘kan?

 

Universitas dengan Jurusan Kehutanan

Beberapa universitas terbaik di Indonesia yang membuka jurusan Kehutanan, antara lain:

  1. Universitas Brawijaya (UB)

  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

  3. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

  4. Universitas Sumatera Utara (USU)

  5. Universitas Riau (UNRI)

  6. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

  7. Universitas Lampung (UNILA)

  8. Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)

Menjadi mahasiswa jurusan Kehutanan, akan membuat kamu belajar untuk menghargai alam dan lingkungan lebih baik. Selain itu, kemampuan adaptasi kamu akan terus ditempa selama nanti berkuliah. Ilmu yang kamu dapatkan setelah lulus nanti dapat berguna untuk menjaga kesinambungan kehidupan yang seimbang antara manusia dan alam. Gimana? Masih ragu untuk masuk jurusan Kehutanan? Biar persiapanmu semakin maksimal untuk ujian masuk universitas, jangan lupa belajar bersama Ruangguru Privat yaa. Belajar apapun dan di manapun dari guru terbaik!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Peluang kerja Fakultas Kehutanan [daring]. Tautan: https://forestry.unhas.ac.id/peluang-kerja/ (Diakses: 23 November 2021)

Jurusan Kehutanan [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-kehutanan/ (Diakses: 23 November 2021)

Anggraeni Puspitasari