Berkenalan dengan Program Studi Kehutanan, Prodi Pak Jokowi

Anggraeni Puspitasari

Jul 8, 2019 • 3 min read

Wow ternyata


Jurusan Kehutanan

Artikel di bawah ini membahas tentang serba-serbi jurusan Kehutanan, mulai dari mata kuliah hingga prospek kerja.

---

Bukan teknik, kedokteran, atau arsitektur, program studi yang satu ini memiliki peluang yang menjanjikan untuk kariermu di masa depan. Nggak yakin? Kamu sudah tahu dong kalau Pak Jokowi merupakan lulusan jurusan Kehutanan. Sebelum menjadi presiden, beliau dikenal sebagai pengusaha sukses mebel dan kayu di kota Solo. Lalu, sebenarnya jurusan Kehutanan ini mempelajari tentang apa sih? Kenalan lebih dekat dengan prodi yang satu ini yuk!

Mata kuliah yang serba lingkungan

Banyak yang bilang, jurusan Kehutanan ini cocok bagi kamu yang senang berkegiatan dengan alam. Bagaimana tidak? Mata kuliah yang diajarkan ini berkaitan erat dengan lingkungan, khususnya ekosistem hutan. Pada dasarnya, beberapa universitas memiliki Fakultas Kehutanan sendiri dengan pembagian departemen atau jurusan yang beragam. Oleh karena itu, mata kuliah yang diajarkan juga bermacam-macam, bergantung pada peminatanmu. Sebagai contoh, Fakultas Kehutanan di Institut Pertanian Bogor memiliki empat departemen. Departemen-departemen tersebut terbagi menjadi manajemen hutan, silvikultur, konservasi sumber daya hutan dan ekowisata, serta hasil hutan.

Mata kuliah dan kerja lapangan jurusan kehutananPraktik lapangan ecological social mapping Dept. Manajemen Hutan IPB

(Sumber: gunungwalat.ipb.ac.id)

Walaupun pembelajaran di jurusan Kehutanan ini berkisar seputar lingkungan, tetapi aplikasi dari pembelajarannya juga menyesuaikan dengan zaman serta teknologi lho. Seperti halnya pembelajaran yang ditawarkan di jurusan Rekayasa Kehutanan Institut Teknologi Bandung. Di sana, kamu akan mempelajari cara untuk mengolah manfaat hutan secara berkelanjutan agar tidak merusak lingkungan. Fokus utama dari mata kuliah program studi ini ialah mengarahkan mahasiswa agar dapat mengoptimalkan teknologi untuk mengelola hutan secara efisien.

Baca juga: Intip Jurusan Kuliah yang Diambil Para Presiden Indonesia

Mata kuliah dan praktik lapangan jurusan kehutananPraktik lapangan teknik silvikultur mahasiswa prodi Rekayasa Hutan ITB

(Sumber: rk.sith.itb.ac.id)

Kegiatan pembelajaran di jurusan Kehutanan tentu saja tidak hanya tentang teori ya. Banyak juga lho praktikum atau praktik lapangan yang harus kamu lakukan. Praktikum dan  praktik lapangan ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan aplikatif dari teori yang telah diajarkan serta sebagai pembekalan untuk dunia kerja nanti. Sebagai contoh, praktik konservasi sumber daya hutan di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada meliputi kegiatan pengawetan keanekaragaman tumbuhan, satwa beserta ekosistemnya.

Lalu, berapa banyak sih universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Kehutanan? Terdapat setidaknya 54 universitas tersebar di berbagai penjuru Indonesia yang memiliki jurusan Kehutanan. Hal ini berarti, pilihan universitas di Indonesia untuk jurusan ini cukup beragam. 

Apa saja prospek kerja yang terbuka untuk lulusan jurusan Kehutanan?

Prospek kerja dan peluang karier jurusan KehutananWisata alam di Hutan Harapan (Sumber: hutanharapan.id)

Ketika lulus dari jurusan kehutanan, banyak tugas yang menunggumu nih. Tentu sadar bahwa hutan di Indonesia sangatlah luas, namun kerusakan yang dialami juga terhitung besar. Dikutip dari Greenpeace, Indonesia telah kehilangan 74 juta hektare hutan dalam periode 50 tahun ini. Luas ini setara dengan dua kali luas negara Jerman lho, Squad. Tentunya hal ini menjadi pekerjaan berat untuk kamu sebagai calon sarjana jurusan Kehutanan. Oh ya, gelar yang akan kamu dapat ketika lulus nanti ialah S.Hut (Sarjana Kehutanan). Dalam upaya mengatasi permasalahan ini, kamu dapat bergabung atau bahkan mendirikan organisasi non-profit di bidang lingkungan.

Selain itu, berdasarkan mata kuliah yang diajarkan, kamu juga memiliki prospek kerja menjadi pengusaha kayu dengan mempertimbangkan segi ekologi nih. Menjadi pengusaha dalam bidang ekowisata (ecotourism) juga merupakan pilihan yang mungkin kamu dapat pertimbangkan setelah lulus nanti. Peluang karier lain yang juga terbuka antara lain menjadi pegawai di kantor pemerintahan, seperti di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menjadi mahasiswa jurusan Kehutanan, akan membuat kamu belajar untuk menghargai alam dan lingkungan lebih baik. Selain itu, kemampuan adaptasi kamu akan terus ditempa selama nanti berkuliah. Ilmu yang kamu dapatkan setelah lulus nanti dapat berguna untuk menjaga kesinambungan kehidupan yang seimbang antara manusia dan alam. Gimana? Masih ragu untuk masuk jurusan Kehutanan? Biar persiapanmu semakin maksimal untuk ujian masuk universitas, jangan lupa belajar bersama ruangles yaa. Belajar apapun dan di manapun dari guru terbaik!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts