Besaran Pokok dan Besaran Turunan | Fisika Kelas 7

Seno Aji Apr 30, 2018 • 5 min read


IPa kelas 7 smp membahas tentang besaran pokok danan turunan

Kalian waktu SD pasti pernah belajar besaran dan satuan kan? Nah pada artikel ini, kita akan menyegarkan ingatan kamu tentang besaran terlebih dahulu. “Kok flashback sih kak?” gak kenapa-kenapa, flashback itu perlu, karena nantinya dalam ilmu fisika lanjutan, kamu akan selalu memakai besaran dan satuan ini untuk perhitungan. Yuk ah kita mulai.

Sebelumnya, kalian tahu apa yang disebut besaran? Nah, iyak bener banget, besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, mudah ya definisinya? Kenapa besaran itu semua yang bisa di ukur? Karena di dunia ini tidak semuanya dapat diukur. Misalnya, kangen kamu ke mantan kamu………….. Oke next.

MengukurDengan Besaran yang Berbeda-Beda akan Menyulitkan Pengukuran (sumber: giphy.com)

Jika kalian diminta tolong orang tua kalian ke warung untuk beli telor, sebelum kalian buka kulkas warung untuk mengambil minuman dingin pajak jalan ke warung, pastinya pedagang warung itu akan bertanya “berapa kilo dik telurnya?”, kamu menjawab “2.000.000 miligram pak!”,”……….” Lalu kamu dikejar-kejar pedagang warung tersebut pakai sandal jepit.

Sendal BulukSendal Jepit buat Ngejar dalam Cerita Di Atas "Biar Buluk, Tapi  Sehati!" (sumber: kaskus.co.id)

Oleh karena itu, para ilmuwan terdahulu melakukan kesepakatan untuk membuat suatu acuan pengukuran yang seragam untuk mengurangi kebingungan dalam melakukan pengukuran, maka itu mereka membuat sistem besaran pokok ini, bukan karena mereka takut di kejar dengan sandal jepit oleh pemilik warung ya, ingat!

Bersyukurlah kalian! Besaran pokok yang perlu kalian ketahui hanya ada 7, dan memang hanya 7 juga yang disepakati menjadi sistem besaran pokok internasional, berikut ini adalah besaran-besaran tersebut!

Besaran Pokok

Apa? Kalian butuh penjelasan? Baiklah, kita mari kita bahas secara singkat kenapa besaran tersebut bisa tercipta!

Panjang

Panjang memiliki satuan internasional (SI) meter (m). Satu meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam selang waktu 1/299.792.458 detik.

Waktu

Waktu memiliki satuan internasional (SI) sekon (s). Satu sekon didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan oleh atom cesium untuk bergetar 9.192.631.770 kali.

Massa

Massa merupakan besaran pokok untuk menentukan kuantitas benda. Massa memiliki satuan internasional (SI) kilogram (kg). Massa didefinisikan sebagai massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinum-iridium yang sekarang disimpan di Sevres, Paris, Perancis.

Suhu

Suhu adalah ukuran panas suatu benda. Suhu memiliki satuan internasional (SI) kelvin (K). Suhu merupakan besaran pokok yang nilainya dapat langsung ditentukan.

Intensitas Cahaya

Intesitas cahaya adalah pancaran radiasi monokromatik dalam suatu arah dari satu sumber cahaya dengan frekuensi 540 x 1012 Hz yang mempunyai intensitas radian 1/683 watt per radian. Intesitas Cahaya memiliki satuan internasional (SI) candela (cd).

Kuat Arus Listrik

Kuat arus listrik adalah besaran pokok yang memiliki satuan internasional (SI) ampere (A). Satu ampere adalah kuat arus listrik yang dibutuhkan untuk memindahkan muatan listrik 1 couloumb selama 1 detik.

Jumlah Zat

Jumlah zat adalah besaran yang menyatakan jumlah elementer zat, baik berupa molekul, unsur, ion, ataupun senyawa. Jumlah zat memiliki satuan internasional (SI) mol. Satu mol didefinisikan sebagai jumlah zat yang banyak sama dengan banyaknya 12 gram atom karbon-12.

Dalam memahami besaran pokok ini, ada sebuah trik yang bisa kamu gunakan, hafalkan kata sakti mandraguna ini “JIWA SMP”. Singkatan tersebut jika dijabarkan adalah, Jumlah zat (mol), Intensitas cahaya (candela), Waktu (sekon), Arus (ampere), Suhu (kelvin), Massa (kg), dan Panjang (meter).

Magic, MEJIKKamu, Setelah Tahu Rumus "JIWA SMP" (sumber: giphy.com)

Itulah yang dimaksud dengan besaran pokok. Selain besaran pokok, kita juga mengenal istilah besaran turunan, besaran turunan ini adalah satuan besaran yang diturunkan dari besaran pokok, misalnya pembagian atau perkalian 2 besaran pokok dan lain-lain.

Besaran turunan ini ada banyak, sehingga kalian akan tahu seiring berjalannya waktu, karena untuk sekarang belum banyak digunakan, tetapi ada baiknya kalian lihat gambar berikut.

Besaran TurunanBesaran Turunan (sumber: jendelailmu.com)

Nah, itulah tadi yang disebut dengan besaran pokok dan besaran turunan yang kita bahas secara sekilas, besaran ini dicipkatan unutk memudahkan manusia dalam melakukan perbandingan pengukuran, karena jika besaran yang berbeda-beda digunakan akan menimbulkan kerepotan tersendiri dalam pencocokannya.

Nah ada baiknya kamu latihan soal yang berkaitan tentang besaran di ruangbelajar. Di sana gak cuma ada soal aja lho, kamu bisa tonton video tentang materi ini dan melakukan hal-hal menakjubkan lain!

New Call-to-action

Beri Komentar