Bingung Cari Kos? Perhatikan 9 Hal Ini Saat Memilih Kos

Shabrina Alfari

Aug 4, 2019 • 5 min read

Siap kuliah


memilih tempat sewa kost

Artikel ini memberikan tips memilih kos untuk mahasiswa baru yang sedang bingung dalam menentukan kriteria kos yang tepat

--

Lagi bingung cari kos? Pergi merantau untuk menimba ilmu seorang diri memang bukanlah hal yang mudah Squad. Kamu harus belajar untuk hidup jauh dari rumah dan terpisah dari orang tua. Untuk itu, kamu harus mencari tempat sewa kos yang nyaman, aman, punya fasilitas baik sekaligus dekat dengan lokasi kampus. Ingat, menentukan tempat kos itu nggak boleh asal. Ada beberapa hal penting yang harus kamu pertimbangkan. Apa saja? Yuk, cari tahu!

1. Tentukan budget

memilih tempat sewa kost - mempertimbangkan budgetMenentukan budget (Sumber: weforum.org)

Menentukan budget yang sesuai dengan kemampuanmu dan orang tua adalah langkah awal yang harus kamu lakukan. Sepakati dulu berapa biaya yang mau dikeluarkan untuk kos kamu dengan orang tua. Dengan menentukan budget terlebih dahulu, kamu pun akan lebih mudah dalam mencari kos karena bisa mempersempit pencarian kos.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi

2. Cari dari jauh-jauh hari

Begitu kamu mendapatkan pengumuman bahwa kamu dinyatakan lulus, sebaiknya jangan menunggu hingga waktu ospek untuk mencari tempat kos. Kos yang berlokasi strategis dan berfasilitas lengkap pastinya akan menjadi incaran banyak orang. So, jangan buang-buang waktu dan cari kos sejak jauh-jauh hari. Jika tidak, bisa-bisa kamu pusing mencari kos karena semua yang bagus sudah penuh. Saat menemukan yang cocok, langsung lunasi pembayarannya agar tidak disalip orang lain.

3. Pilih lokasi yang ideal

Dari beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan, lokasi merupakan hal utama yang wajib untuk kamu perhatikan dengan baik. Apabila kamu memiliki kendaraan pribadi, mungkin kamu bisa memilih rumah kos yang letaknya cukup jauh dari kampus. Jarak kos yang jauh dari kampus juga membuat harga sewa kos biasanya jauh lebih murah.

memilih tempat sewa kostPilih lokasi yang ideal (Sumber: residence.ualberta.ca)

Namun apabila kamu tidak punya kendaraan, maka sangat disarankan untuk memilih kos yang dekat dari kampus. Akan lebih baik lagi, jika kamu memilih kos yang bisa ditempuh dengan cara berjalan kaki dari kampus.

4. Cek lingkungan sekitar kos

Setelah menentukan lokasi, penting juga nih untuk memerhatikan lingkungan di sekitar rumah kos. Apakah lingkungannya ramai atau tidak? Banyak tempat makan atau tidak? Pilihlah rumah kos yang dekat dengan minimarket, pusat jajan, warung, tempat ibadah, restoran, klinik, laundry, serta pusat print dan internet.

5. Tanyakan seluruh fasilitas yang ada

Fasilitas yang lengkap akan jadi faktor kunci untuk menentukan apakah kamu akan betah tinggal di sana atau tidak Squad. So, jangan lupa tanyakan seluruh fasilitas yang ada sejelas-jelasnya. Misalnya apakah tersedia WiFi, laundry, air minum, dapur, atau kamar mandi dalam. Semakin lengkap fasilitasnya, maka akan semakin mahal juga harga sewanya. Jadi, kembali lagi ke kamu, apa saja fasilitas yang benar-benar kamu butuhkan?

memilih tempat sewa kostKetahui fasilitas yang disediakan (Sumber: flickr.com)

Jangan lupa juga untuk menanyakan soal peralatan elektronik apa yang boleh kamu bawa, seperti rice cooker, televisi, kipas angin, setrikaan, dan sebagainya. Biasanya ada rumah kos yang akan mengenakan biaya tambahan untuk itu.

6. Bandingkan harga

Sebelum kamu memutuskan untuk menyewa, kamu harus berkeliling untuk melakukan survei terlebih dahulu. Bandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan dari beberapa tempat kos. Bandingkan apakah harga yang ditawarkan sesuai atau tidak dengan fasilitas yang ada. Ada juga beberapa rumah kos yang menerapkan sistem sewa berbeda, yaitu per bulan, per tiga bulan, atau bahkan per tahun. Sebaiknya pilihlah yang sewanya per bulan, agar kamu bisa melihat terlebih dulu apakah kamu betah atau tidak tinggal di sana.

7. Perhatikan teman kos

memilih tempat sewa kostPerhatikan teman kos (Sumber: duhochoanmy.vn)

Apakah kamu mau kos yang campur atau tidak? Rumah kos biasanya dibagi menjadi tiga kategori, yaitu wanita, pria, atau campur. Pertimbangkan positif dan negatif dari kategori ini sebelum menentukan yang paling nyaman untuk kamu. Sebaiknya diskusikan juga hal ini dengan orang tua. Tanyakan apakah mereka keberatan atau tidak jika kamu tinggal di kos campur.

8. Tanyakan apakah ada ibu/bapak penjaga kos

Walaupun terlihat sepele, keberadaan ibu/bapak penjaga kos ternyata penting lho. Selain untuk keamanan, mereka juga bisa membantu kamu saat kesulitan. Misalnya nih kalau ada emergency seperti kamu sakit atau kehilangan barang, sosok penjaga kos inilah yang akan membantu kamu. Kos yang ditinggali oleh penjaga biasanya juga lebih terjaga kebersihan dan kerapihannya karena ada orang yang mengawasi.

9. Cari tahu peraturan kos

memilih tempat sewa kostCari tahu aturan kos sebelum pindah (Sumber: nguoiviettaiuc.com)

Tiap kos pastinya memiliki aturan yang berbeda-beda. Saat mencari kos, tanyakan juga aturan di tempat kos incaran agar kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Ada tempat kos yang mempunyai jam malam dan mengharuskan kamu untuk kembali di waktu tertentu. Jika kamu punya banyak kegiatan kampus dan sering pulang larut malam, carilah kos yang memperbolehkan.

Sudah siap mencari kos yang pas Squad? Psst, kamu juga bisa lho mencari uang tambahan untuk membayar kos dengan menjadi guru les privat di ruangles. Yuk, daftarkan dirimu sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts