Biologi Kelas 10 | Mengenal Ciri-Ciri dan Reproduksi Bakteri

Ciri-Ciri dan Perkembangbiakan Bakteri

Artikel Biologi kelas X kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai ciri-ciri bakteri dan cara perkembangbiakan bakteri.
-- 

Squad! Tentu sudah pernah mendengar istilah bakteri, kan? Tanpa kamu sadari, bakteri ini ada di mana-mana, lho. Penasaran nggak sih, bagaimana ciri-ciri bakteri dan bagaimana pula caranya berkembang biak? Kok bisa ada banyak begitu, ya? Yuk, kita bahas bersama-sama!

Ciri-ciri dan perkembangbiakan bakteri

Bagian Bakteri

Ada 8 bagian tubuh bakteri yang harus kamu ketahui fungsinya. Bagian yang pertama disebut dengan dinding sel. Dinding sel berfungsi untuk melindungi tubuh bakteri dari lingkungan luar. Bagian ini terbuat dari peptidoglikan yang merupakan polisakarida. Setelah dinding sel, pasti ada yang namanya? Apa hayo? Yap! Membran sel. Membran sel ini tersusun oleh fosfolipid dan protein. Fungsinya antara lain sebagai alat transpor elektron dan proton yang dibebaskan saat oksidasi bahan makanan. 

Bagian selanjutnya disebut dengan sitoplasma. Sitoplasma merupakan cairan sel yang mengandung nutrisi sel. Sitoplasma juga merupakan tempat organel berada. Jadi kalau kamu nyariin organelnya bakteri, ada di bagian sitoplasma ini, ya! Oh iya, kamu pernah bingung nggak sih, si bakteri ini bisa melakukan sintesis protein atau nggak? Ternyata, bakteri bisa melakukan sintesis protein yang berlokasi di ribosom. Wah, canggih juga ya ini. Hehehe. 

Baca Juga: Peranan Bakteri dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain bagian-bagian yang sudah disebutkan di atas, ada apa lagi, ya? Bakteri ini juga punya kromosom, Squad. Di dalam kromosom ini ada DNA yang merupakan materi genetik dengan tugas mewariskan sifat. Eh, tapi sifatnya bukan baik, jahat, atau menyebalkan tapi bikin kamu gemes itu, ya. Beda lho. Hehehe. Selain kromosom, ada yang namanya flagel. Flagel ini berfungsi sebagai alat gerak dan bentuknya seperti cambuk. Jadi bukan kaki-kaki gitu, lho. 

Setelah flagel, ada yang namanya pili. Pili adalah tempat menempelnya bakteri pada substrat. Bagian yang terakhir namanya kapsul. Kapsul ini berfungsi sebagai tempat pelindung bakteri ketika kondisi lingkungannya kurang menguntungkan. Kurang menguntungkan seperti uang jajan habis sebelum waktunya gitu, ya? Hahaha bukan dong. Contoh lingkungan kurang menguntungkan bagi bakteri adalah suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk suhu optimal mereka masing-masing. 

Cara Perkembangbiakan Bakteri

Tahukah kamu, pada umumnya, bakteri melakukan reproduksi secara aseksual, lho! Wah, aseksual itu berarti tidak kawin, ya? Betul banget! Bakteri membelah diri dengan proses pembelahan biner, yaitu setiap sel membelah dirinya menjadi dua. Tapi, mungkin nggak sih bakteri ini melakukan reproduksi secara seksual? Mungkin aja, lho! Caranya adalah dengan melakukan pertukaran materi genetik dengan bakteri lainnya. Proses ini juga dikenal dengan istilah rekombinasi DNA. Bagaimana sih cara rekombinasi DNA? 

Ciri dan Perkembangbiakan Bakteri

Wah, ternyata proses hidup dan ciri-ciri bakteri tidak sesederhana yang dipikirkan, ya! Kayaknya seru nih kalau materi ini kamu pelajari lebih lanjut. Yuk, belajar pakai Ruangguru On-The-Go! Kapan lagi kan kamu bisa nonton video belajar bebas kuota, cuma dengan USB yang tinggal kamu colokin ke HP-mu aja. Yuk, dapatkan sekarang! 

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts