Biologi Kelas 10 | Axolotl, Hewan Vertebrata yang Suka Tersenyum

hewan vertebrata

Pada artikel biologi kelas x ini kita akan mempelajari tentang ciri-ciri kelompok hewan vertebrata mulai dari pisces, amfibi, reptil, aves dan mamalia serta contohnya seperti axolotl, hewan yang suka tersenyum. Dengan Ruangguru, #30MenitBisa.

--

Kamu udah kenal belum sama axolotl? Apa tuh axolotl? Axolotl adalah “monster air” yang imut karena wajahnya terlihat seperti selalu tersenyum. Axolotl sering disebut sebagai ikan berkaki, padahal mereka bukan ikan Squad, tapi sejenis Salamander yang berasal dari Meksiko. Mereka memiliki warna yang beragam, ada hitam, coklat, albino putih, albino emas, albino pink, dan lain-lain.

Axolotl termasuk ke dalam kelompok hewan amfibi, yang berarti axolotl juga termasuk sebagai hewan vertebrata. Apa itu hewan vertebrata? Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Selain kelompok hewan amfibi, masih ada empat kelompok hewan lain yang termasuk dalam hewan vertebrata lho Squad. Ada kelompok apa saja ya? Lalu, apa ciri-ciri dari masing-masing kelompok? Yuk kita bahas sekarang! 

1. PISCES

Pisces atau ikan hidupnya di air, baik air tawar maupun air asin. Tubuh mereka bersisik, bergerak menggunakan sirip, dan bisa bernapas di air dengan insang yang mereka miliki. Jantung mereka hanya terbagi menjadi dua ruang yang terdiri atas satu serambi dan satu bilik. Nggak kayak jantung kita ya Squad?

Baca juga: Hewan Avertebrata (Invertebrata) dan Ciri-ciri Lengkap dengan Contohnya

hewan vertebrata

Hewan-hewan yang termasuk dalam kelompok pisces adalah hewan berdarah dingin atau poikiloterm, yang artinya suhu tubuh mereka bisa berubah-ubah sesuai suhu lingkungannya. Mereka berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar) dan pembuahannya terjadi di luar tubuh induknya (eksternal).

2. AMFIBI

Amfibi bisa hidup di air seperti pisces, tapi mereka juga bisa hidup di darat lho. Contohnya adalah salamander atau axolotl! Mereka bergerak menggunakan dua pasang tungkai, dan memiliki kulit yang tipis dan berlendir. Sama seperti pisces, mereka berkembang biak secara ovipar atau bertelur, tapi pembuahannya bisa terjadi secara internal (di dalam tubuh induk) atau eksternal (di luar tubuh induk).

hewan vertebrata

Jantung amfibi juga hanya memiliki satu bilik, tapi memiliki dua serambi. Jadi, ruang jantungnya ada tiga Squad. Amfibi juga bersifat poikiloterm atau berdarah dingin, artinya suhu tubuh amfibi bisa berubah karena dipengaruhi lingkungan.

3. REPTIL

Hewan-hewan yang termasuk ke dalam kelompok reptil biasanya banyak di-jijik-in nih. Reptil juga hidup di air dan di darat, tubuhnya juga ditutupi oleh sisik. Mereka berpindah tempat dengan cara merayap atau melata. Hayo, bisa bedain nggak mana yang merayap dan mana yang melata? Jika merayap, mereka menggunakan tungkai dan jika melata, mereka menggunakan perut.

contoh reptil

Reptil memiliki empat ruang pada jantungnya, jumlah serambinya ada dua dan biliknya ada dua juga, tetapi sekatnya tidak sempurna. Mereka juga dapat menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungannya, baik saat di air maupun saat di darat. Oh iya, ada yang berbeda dengan reptil nih. Jadi, mereka berkembang biak bisa dengan dua cara. Bisa dengan cara bertelur (ovipar) atau bertelur dan melahirkan (ovovivipar), tapi pembuahannya hanya bisa terjadi di dalam tubuh induknya (internal).

4. AVES

Hewan dalam kelompok aves seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu kecuali pada paruh dan kakinya. Mereka hidup di darat, dan punya sepasang sayap serta kaki untuk bergerak. Umumnya mereka bisa terbang, tapi ada juga loh Squad hewan dalam kelompok aves yang tidak bisa terbang.

pinguin

Aku! Iya aku! Sebagai pinguin, aku adalah salah satu burung yang nggak bisa terbang karena sayapku terlalu mungil dan badanku terlalu gemuk. Jadi, sayapku nggak akan kuat untuk membawaku terbang.

(sumber: pinterest.com)

Jantung aves memiliki empat ruang sempurna yang berupa dua serambi dan dua bilik. Selain ada serambi dan bilik, dalam jantung aves juga terdapat pundi-pundi udara yang dapat membantu proses pernapasan saat mereka sedang terbang. Aves melakukan fertilisasi di dalam tubuh betinanya atau induknya, lalu mereka akan bertelur (ovipar) dan mengerami telurnya sampai menetas. Nah, berbeda dengan tiga kelompok hewan di atas, aves adalah hewan berdarah panas atau homoioterm. Artinya, suhu tubuh mereka stabil dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan.

5. MAMALIA

Kelompok hewan vertebrata yang terakhir adalah mamalia. Mamalia umumnya memiliki rambut di permukaan tubuhnya dan memiliki kelenjar susu yang berguna sebagai penyedia susu untuk hewan yang masih muda. Mereka umumnya hidup di darat, tapi ada juga beberapa jenis mamalia yang hidup di air. Lihat contohnya di bawah ya!

hewan vertebrata

Sama seperti aves, mamalia juga homoioterm tapi mereka memiliki kontrol kendali suhu tubuh yang lebih baik. Kemampuan adaptasi mereka tuh sangat tinggi Squad. Proses fertilisasinya terjadi di dalam tubuh induknya, lalu embrionya berkembang di dalam tubuh induknya juga yang kemudian dikeluarkan secara melahirkan atau vivipar. Ada juga lho Squad mamalia yang bertelur, contohnya adalah platypus.

Wah, ternyata banyak juga ya Squad teman-teman vertebrata dari si axolotl. Meskipun sama-sama vertebrata, mereka punya ciri-ciri yang berbeda dari setiap kelompoknya. Ada yang dari habitatnya, alat geraknya, cara perkembangbiakannya, dan lain-lain.

Setelah baca artikel ini, kayaknya lebih seru lagi kalau kamu nonton video tentang hewan vertebrata di ruangbelajar. Selain materi ini, di sana masih banyak video tentang materi lain juga lho Squad!Yuk download aplikasinya sekarang!

ruangbelajar

Beri Komentar