Berkenalan dengan Pohon Filogeni | Biologi Kelas 10

Pohon Filogeni

Artikel Biologi kelas X kali ini akan membahas mengenai pohon filogeni.

Squad, siapa di antara kalian yang suka lihat-lihat pohon? Biasanya, pohon apa sih yang kalian lihat? Mungkin yang sering kalian lihat itu pohon-pohon yang menghasilkan buah, ya. Misalnya pohon pisang atau pohon mangga. Hayo, siapa yang suka manjat pohon cuma untuk metik buahnya? Nah, ngomong-ngomong tentang pohon, selain pohon-pohon yang ada di alam dan bisa kamu lihat secara langsung, di dalam biologi ada yang namanya pohon filogeni. Sudah pernah dengar belum? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Sudah penasaran belum dengan pohon filogeni? Sebenarnya, yang harus kampu pahami itu bagian filogeninya, Squad. Pohon dalam hal ini juga bisa dikenal sebagai diagram pohon, ya. Oke, filogeni adalah kajian mengenai hubungan di antara kelompok-kelompok organisme yang dikaitkan dengan proses evolusi. Wah, hubungan yang seperti apa nih? Hubungan persaudaraan? Hahaha. Hubungan antara kelompok organisme yang dikaji dalam filogeni ini didasarkan pada morfologi dan DNA masing-masing kelompok.

Baca Juga: Mengenal 18 Cabang Ilmu Biologi

Oh iya, kamu tau nggak sih, filogeni ini sangat diperlukan untuk mengetahui lebih dalam tentang proses evolusi dan penyusunan taksonomi. Wah jadi penting banget, dong ya? Iya, dong. Nah, sistem filogenetik ini disusun berdasarkan jauh dekatnya kekerabatan antar takson, lho. Faktor apa aja sih yang mendasari kedekatan kerabat antar takson? Faktor-faktornya antara lain persamaan bentuk luar, tingkah laku, dan hubungan evolusioner dalam 1 keturunan. Hubungan evolusioner ini juga menyangkut pewarisan sifat dari nenek moyang kepada keturunannya gitu, lho! Wah, menarik banget nggak sih?

Kira-kira, contoh pohon filogeni itu seperti apa, sih? Yuk, simak gambar di bawah ini! 

GAMBAR_-_BIOLOGI_KELAS_X_-_POHON_FILOGENI-01

Wah, agak kompleks ya. Tapi, nggak usah khawatir, Squad! Kalau kamu masih bingung, kamu bisa kok belajar lebih lanjut bersama tutor terbaik di Brain Academy! Dengan fitur Live Class yang seru dan Kakak Tutor yang sigap membantumu di Klinik PR, dijamin deh belajar bakal jadi seru!  

BA online - Brain Academy

 

Referensi:

Irnaningtyas. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Erlangga.

 

Artikel ini diperbarui pada 30 Desember 2020.

Embun Bening Diniari