Biologi Kelas 10 | Macam-Macam Protista Mirip Tumbuhan

Hani Ammariah Jul 24, 2018 • 8 min read


Biologi_10
 
Pada artikel Biologi kelas X kali ini, kamu akan mengetahui tentang macam-macam jenis protista mirip tumbuhan serta ciri-ciri yang dimilikinya.
--

Halo RG Squad! Jika pada artikel sebelumnya kamu telah mengetahui tentang jenis-jenis protista mirip hewan, maka pada artikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja jenis-jenis protista mirip tumbuhan. Squad, pernahkah kamu mendengar kata alga atau ganggang? Nah, ternyata nih, alga atau ganggang ini adalah nama lain dari protista mirip tumbuhan, lho. Hmm, kira-kira apa ya yang membuat alga atau ganggang ini dikatakan mirip tumbuhan? Lalu, apa saja sih macam-macamnya? Penasaran nggak? Penasaran dong, ya? Kalau begitu, yuk kita cari tahu pada artikel di bawah ini!

protista mirip tumbuhan

Alga atau ganggang merupakan protista fotoautotrof yang dapat membuat makanannya sendiri dengan cara melakukan fotosintesis. Meskipun kelompok ini memiliki klorofil dan mampu untuk berfotosintesis seperti tumbuhan pada umumnya, tetapi alga atau ganggang tidak memiliki bentuk tubuh yang sama seperti tumbuhan, Squad. Kenapa? Karena bentuk tubuhnya tidak bisa dibedakan antara akar, batang, maupun daunnya. Sehingga, alga atau ganggang ini hanya bisa dikatakan mirip tumbuhan saja, bukan termasuk jenis tumbuhan. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri protista mirip tumbuhan yang bisa kamu ketahui.

Ciri-Ciri Protista

Wow, banyak juga ya ciri-cirinya? Tapi, ciri-ciri ini sangat membantu kamu lho di ujian nanti. So, diingat-ingat ya! Oke, selanjutnya, protista mirip tumbuhan ini dibagi menjadi 6 filum (kelas) yang dikelompokkan berdasarkan pigmen dominan yang dimilikinya, di antaranya:

a. Chlorophyta (Alga hijau)

Kelompok yang pertama adalah chlorophyta. Chlorophyta memiliki pigmen klorofil a dan klorofil b yang lebih dominan dibanding dengan pigmen karoten dan xantofilApasih klorofil a dan klorofil b itu? Kalau klorofil a adalah pigmen yang menghasilkan warna hijau kebiruan pada tanaman, sedangkan klorofil b adalah pigmen yang menghasilkan warna hijau kekuningan. Kelompok alga hijau memiliki bentuk kloroplas yang bermacam-macam lho, di antaranya bintang, mangkuk, dan spiral. Chlorophyta sebagian besar hidup pada perairan air tawar, tapi dapat juga ditemukan di lingkungan yang lembab seperti tanah atau batang pohon yang lembab. Contoh chlorophyta antara lain Ulva sp., Spirogyra sp., dsb.

protista mirip tumbuhan
 
Ulva sp. (sumber: flickr.com) 

b. Chrysophyta (Alga emas)

Kelompok chrysophyta memiliki pigmen warna dominan yaitu karoten (cokelat kuning) dan pigmen warna lain berupa klorofil a dan klorofil c. Klorofil c ini adalah pigmen yang menghasilkan warna hijau cokelat pada tanaman. Chrysophyta tersusun atas satu sel atau banyak sel dan memiliki kloroplas berbentuk cakram, pita, atau oval. Kelompok ini dapat ditemukan di air tawar maupun air laut. Contoh chrysophyta adalah Diatom, Navicula sp., Pinnularia sp., dsb.

contoh protista mirip tumbuhanDiatom (sumber: sites.google.com)

c. Phaeophyta (Alga cokelat)

Kelompok alga yang ketiga adalah phaeophyta. Phaeophyta termasuk ke dalam kelompok alga cokelat karena memiliki pigmen fikosantrin (cokelat) yang lebih dominan serta pigmen klorofil a, klorofil c, dan karotenoid. Kelompok ini bersifat multiseluler dan sebagian besar dapat ditemukan di laut, Squad. Contoh phaeophyta antara lain Fucus sp., Turbinaria sp., Laminaria sp., Sargassum sp., dsb.

protista mirip tumbuhan
Fucus sp. (sumber: flickr.com)
 

d. Rhodophyta (Alga merah)

Selanjutnya adalah rhodophyta. Rhodophyta memiliki pigmen fikoeritrin (merah) lebih dominan dibandingkan dengan pigmen karoten, xantofil, dan klorofil. Rhodophyta pada umumnya bersifat multiseluler dan makroskopis. Kelompok ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau pembuatan kosmetik. Contoh rhodophyta antara lain Eucheuma spinosum, Gracilaria sp., Gelidium sp., Erytrophylum sp., Macrocladia sp., dsb.

protista mirip tumbuhan
Gracilaria sp. (sumber: id.wikipedia.org)
 

e. Pyrrophyta (Alga api)

Pyrrophyta dikatakan sebagai alga api karena dapat memancarkan cahaya sehingga berwarna merah menyala. Pyrrophyta memiliki pigmen klorofil a dan klorofil c. Kelompok alga ini tersusun atas satu sel dan bergerak dengan menggunakan dua flagel yang berbentuk cambuk. Pyrrophyta dapat hidup pada air tawar maupun laut. Contoh dari pyrrophyta adalah Gymnodinium, Peridinium, Ceratium, dan Gonyaulax.

protista mirip tumbuhan

Ceratium lineatum (sumber: nordicmicroalgae.org) 

f. Euglenophyta

euglenopyta

Kelompok alga yang terakhir adalah euglenophyta. Euglenophyta dikatakan mirip tumbuhan karena euglenophyta memiliki klorofil a, klorofil b, dan karoten sehingga dapat berfotosintesis. Sedangkan, dikatakan mirip hewan karena euglenophyta memiliki alat gerak berupa flagel yang keluar dari selnya. Kelompok ini dapat hidup di daerah perairan. Contoh euglenophyta antara lain Euglena viridis.

contoh protista mirip tumbuhanEuglena viridis (sumber: thoughtco.com)

Baca juga: Jenis-Jenis Protista Mirip Hewan

Hmm, artikel kali ini lumayan panjang ya, Squad? Kamu bingung nggak? Tapi tenang, materi yang kelihatannya rumit ini pasti bisa kamu kuasai kok. Caranya, kamu bisa mengingat-ingat lagi poin-poin penting yang telah dicetak tebal pada materi di atas. Jangan lupa juga untuk rajin membaca dan memperbanyak latihan soal, ya. Dijamin! kamu nggak hanya expert di bidang ini saja, tapi juga di bidang pelajaran yang lainnya, lho. Ohiya, kamu juga bisa tanyakan PR mu yang masih sulit kamu mengerti lewat ruanglesonline. Semangat belajar, semangat meraih mimpi ya, Squad!

New Call-to-action

 

Beri Komentar